Info Ciri Fisik dan Update Harga Burung Nuri Tanau

Tak jauh berbeda dengan lovebird, burung nuri juga pandai mengoceh dan menirukan perkataan orang. Hal tersebut yang mendorong sebagian besar orang tertarik untuk memeliharanya. Dari banyaknya spesies nuri, nuri tanau terbilang populer dengan suara khasnya yang melengking. Burung ini menjadi salah satu hewan yang dilindungi, tak ayal harga jualnya juga terbilang fantastis di pasaran.

Ilustrasi: Burung Nuri Tanau (credit: Flickr/Ken Wong)
Ilustrasi: Burung Nuri Tanau (credit: Flickr/Ken Wong)

Burung nuri tanau memiliki nama Latin Psittinus cyanurus dengan daerah persebarannya hanya berada di wilayah Asia Tenggara. Habitat burung nuri tanau tersebar di negara-negara mulai dari Myanmar, Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Di wilayah Indonesia, keberadaannya tersebar di beberapa besar dan kecil, di antaranya seperti Sumatera, Lingga, Bangka, Mentawai, serta di Kalimantan.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, di Malaysia, nuri tanau dikenal juga sebagai bayan puling dan serindit gajah. Nuri tergolong dalam order Psittaciformes. Jenis lain yang terdapat di Indonesia termasuk rose-ringed parakeet, long tailed parakeet (burung bayan nuri), vernal hanging parrot (serindit rambail dan blue crowned hanging parrot (bayan kecil). Nuri tanau termasuk burung yang paruh bengkok dan memiliki berwarna-warni.

Nuri tanau termasuk hewan herbivor yang memakan bunga, kudup, buah-buahan, kacang, dan biji-bijian. Ketika mencari makanan, nuri akan bergayut dari satu pokok ke pokok yang lain dengan menggunakan paruh dan kakinya.[1] Nuri tanau terbiasa hidup secara berkelompok, sebanyak kira-kira 20 ekor. Tak hanya itu, burung Nuri Tanau juga suka berada di atas tajuk pohon terbuka dengan gaya terbangnya yang cepat.

Baca juga  Info Terbaru Harga Obat Cataflam (Tablet dan Drop)

Ciri Fisik Burung Nuri Tanau

  • Memiliki tubuh yang ukurannya tidak terlalu besar atau terlihat sedang dengan panjang hanya sekitar 18 cm saja.
  • Suaranya terdengar melengking dan lumayan nyaring seperti burung betet.
  • Burung nuri tanau jantan memiliki corak warna abu-abu kebiruan. Warna tersebut berada di bagian mahkota kepala, pipi, tengkuk, tenggorokan, serta di sekitaran dadanya.
  • Burung nuri tanau betina corak warnanya tampak berwarna cokelat keabu-abuan di bagian mahkota kepala, pipi, tenggorokan, dan tengkuknya.

Saat berada di alam liar, burung nuri tanau akan mendiami area dataran rendah yang lumayan jauh dari permukiman masyarakat. Sebagian burung nuri tanau juga berada di perbukitan dengan ketinggian mencapai 700 meter di atas permukaan laut. Burung ini pun kerap dijadikan karena sifatnya yang cerdik. Lalu, berapa harga burung nuri tanau saat ini?

Ilustrasi: Harga Burung Nuri Tanau (credit: singaporebirders)
Ilustrasi: Harga Burung Nuri Tanau (credit: singaporebirders)

Harga Burung Nuri Tanau

Jenis Burung Nuri Tanau Kisaran Harga (Rp)
Burung Nuri Tanau Remaja Betina 350.000
Burung Nuri Tanau Bahan 518.500
Burung Nuri Tanau Bahan Jantan 667.500
Burung Nuri Tanau Betina Dewasa 790.000
Burung Nuri Tanau Jantan Bisa Bicara 1.500.000
Baca juga  Update Harga Fuel Pump Yamaha Mio J Original dan KW

Informasi harga di atas kami rangkum dari berbagai situs online pada 2022. Harga tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Jika dibandingkan dengan tahun 2021, harga burung nuri tanau tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, burung nuri tanau jantan bisa bicara yang dibanderol Rp1 juta tahun 2021, naik menjadi Rp1,5 juta tahun 2022.

Selain burung nuri tanau, di berbagai situs online juga tersedia spesies nuri lain yang dilindungi seperti nuri ternate atau kepala merah yang ditawarkan seharga Rp1 jutaan di tahun 2021, naik menjadi Rp1,8 jutaan di tahun 2022. Sedangkan jenis burung nuri lain yang tidak dilindungi seperti nuri dusky seharga Rp1,37 jutaan di tahun 2021, naik menjadi Rp2 jutaan di tahun 2022.

Perlu diketahui, burung nuri tanau termasuk hewan yang dilindungi karena keberadaannya yang cukup serta terancam punah. Anda pun mungkin akan kesulitan menemukan tempat burung nuri tanau. Untuk itu, bagi Anda yang telah memelihara burung nuri tanau tetapi masih bingung perawatannya, berikut kami sajikan info cara budidaya nuri tanau.

Baca juga  Jenis dan Update Harga Kendang Koplo 1 Set Lengkap
 Burung Nuri Tanau (Twitter @ParrotOfTheDay)
Burung Nuri Tanau (Twitter @ParrotOfTheDay)

Cara Budidaya Burung Nuri Tanau

Pemilihan Indukan

Untuk menghasilkan anakan yang berkualitas, maka Anda harus memilih indukan yang berkualitas. Bahkan saat ini, tengah menjadi tren kawin silang burung nuri tanau dengan lovebird yang dapat Anda coba. Pastikan burung nuri tanau yang akan dijadikan indukan dalam kondisi sehat, memiliki postur tubuh proporsional, dan tidak memiliki cacat fisik.

Persiapan Kandang Ternak

Siapkan kandang ternak tipe aviary dengan ukuran yang agak luas agar indukan burung nuri tanau bisa leluasa beraktivitas di dalam kandangnya. Sebagai pelengkap, Anda perlu menyiapkan glodok untuk sarang bertelur.

Pemberian Pakan

Anda harus memberikan pakan yang sesuai dan memiliki kandungan nutrisi lengkap agar burung nuri tanau selalu sehat dan produktif. Pakan yang dapat diberikan pada indukan burung nuri tanau antara lain: biji kuaci, biji jagung, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan berbagai jenis pakan biji-bijian seperti jenis pakan yang biasa diberikan pada burung kenari dan lovebird (LB).

Burung nuri tanau termasuk jenis burung yang mudah mengalami stres, sehingga kondisinya perlu selalu diperhatikan. Beberapa cara terbaik untuk menjaga agar burung nuri tanau tidak mudah stres adalah dengan menyediakan batang kayu lunak untuk digigit dan dikunyah.

[Update: Almas]

[1] Dolir, Mohd Yatim. 2014. Sahabat Rimba. Jakarta: Ana Muslim, hlm. 44.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.