Update Daftar Harga Pintu Kamar Mandi dari Bahan Aluminium

Setiap orang tentunya mendambakan sebuah hunian yang membuatnya betah untuk beristirahat setelah seharian penuh beraktivitas. Pada sebuah , bukan hanya dekorasi bagian eksterior saja yang penting, tetapi bagian interior seperti kamar, dapur, ruang , hingga kamar mandi pun perlu Anda perhatikan. Meski semua itu kembali ke urusan selera, pemilihan material dekorasi tetap saja harus masuk dalam catatan Anda.

Pintu alumunium (sumber: @kusen_alumunium)

alumunium (sumber: @kusen_alumunium)

Misalnya saja material untuk pintu kamar mandi. Bagian satu ini memang harus dipilih secara cermat, pasalnya pintu kamar mandi termasuk bagian dari sebuah hunian yang kerap dibuka-tutup setiap harinya. Apalagi pintu kamar mandi juga kerap terkena air, sehingga pemilihannya pun tak bisa dilakukan sembarangan. Sebelum menentukan apa yang terbaik dan paling awet untuk kamar mandi Anda, simak dulu beberapa pilihan yang kerap dipakai sebagai pintu kamar mandi berikut ini.

Kayu

Kayu termasuk salah satu bahan yang paling umum dijadikan pintu kamar mandi. Namun pintu kayu lebih rentan terhadap cipratan air dan sangat mudah lembap jika terkena air. Pintu kayu yang kerap terkena air lama kelamaan akan lapuk dan hancur. Kerusakan pintu kayu biasanya berawal dari bagian bawah yang paling sering terkena air. Meski demikian, material kayu pada dasarnya tetap bisa dipakai sebagai pintu kamar mandi, namun lebih cocok untuk kamar mandi besar yang posisi pintunya jauh dari cipratan air. Material kayu juga bisa dilapisi dengan bahan tahan air seperti akrilik, fiber, atau aluminium di bagian dalam yang menghadap kamar mandi agar lebih awet.

Aluminium

Aluminium adalah material yang dikenal tahan air dan tahan korosi. Bahan satu ini kerap dijadikan pilihan pintu kamar mandi. Sayangnya aluminium bukan bahan terbaik untuk pintu kamar mandi. Pasalnya seiring berjalannya waktu pintu aluminium akan menimbulkan suara derit yang bising. Tingkat akurasi pintu aluminium juga mudah berubah karena engsel atau rivet yang terlepas atau kendur. Di samping itu, pintu aluminium juga mudah tergores dan lebih ringkih dibandingkan kayu. Meski demikian, pintu aluminium memberikan kesan yang minimalis dan modern jika dipakai pada kamar mandi. Selain itu bobotnya juga relatif ringan dan memudahkan pengangkutan.

Vinyl ()

Vinyl merupakan bahan yang mirip plastik atau PVC. Bahan ini memiliki sifat tahan air dan anti-korosi seperti aluminium. Pintu kamar mandi vinyl memiliki daun pintu yang menyatu dengan kusennya. Kelebihannya, pintu kamar mandi berbahan vinyl tidak menimbulkan suara berisik seperti aluminium. Permukaan pintu PVC juga dapat dilapisi dengan material lain sebagai hiasan. Dari segi harga, pintu berbahan vinyl juga relatif murah dan mudah perawatannya.

uPVC

Unplasticized Poly Vynil Chloride (uPVC) adalah material turunan plastik yang sifat plastiknya diminimalisir, sehingga memiliki bentuk yang lebih keras, kuat, dan kokoh. Jika pintu PVC mudah patah, maka pintu dari uPVC relatif lebih kuat, tahan cuaca, tidak mengalami pemuaian, tidak menghantarkan panas, serta dapat mengurangi suara hingga 40 dB.

Kusen alumunium dan pintu kaca (youtube: Nurin Jaslinah)

Kusen alumunium dan pintu kaca (youtube: Nurin Jaslinah)

Meski setiap material memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tetap saja pilihan jatuh ke tangan Anda selaku konsumen. Anda sendiri yang bisa menentukan material mana yang kira-kira paling cocok dengan anggaran dan kebutuhan. Apabila Anda menjatuhkan pilihan pada pintu aluminium, Anda perlu menyiapkan budget mulai dari ratusan ribu rupiah.

Pintu kamar mandi aluminium bisa dikombinasikan dengan material lainnya seperti kaca buram agar menambah sisi estetika dari hunian Anda. Selain model bukaan dorong, Anda juga bisa memakai pintu kamar mandi aluminium model geser agar tidak terkesan monoton. Sebagai gambaran, berikut ini daftar harga pintu kamar mandi aluminium dalam berbagai ukuran di pasaran.

Daftar Harga Pintu Aluminium

Tipe Pintu Kamar Mandi AluminiumHarga
Pintu Aluminium YKK (Kusen)
Pintu alumunium YKK kusen 4 inciRp 200.000 per m1
Pintu alumunium YKK kusen 3 inciRp 150.000 per m1
Pintu Spandrell YKKRp 3.500.000 per unit
Pintu Aluminium YKKRp 3.000.000 per unit
Pintu Aluminium + Kaca Terpasang
Pintu aluminium + kaca tebal 5 mm polosRp 115.000 per m2
Pintu aluminium + kaca tebal 6 mm ribenRp 125.000 per m2
Pintu aluminium + kaca tebal 8 mm tempered glassRp 800.000 per m2
Pintu aluminium + kaca tebal 10 mm tempered glassRp 900.000 per m2
Pintu aluminium + kaca tebal 12 mm tempered glassRp 1.050.000 per m2
Pintu aluminium + kaca cermin tebal 5 mmRp 400.000 per m2
Pintu aluminium + kaca 12 mm polosRp 850.000 per m2
Pintu Aluminium Alexindo (Kusen)
Pintu aluminium Alexindo kusen 3 inciRp 95.000 per m1
Pintu aluminium Alexindo kusen 4 inciRp 155.000 per m1
Pintu Aluminium Geser (Kusen)
Pintu aluminium geser kusen 0,8 mmRp 350.000 per m2
Pintu aluminium geser kusen 1 mmRp 400.000 per m2
Pintu Aluminium Lipat (Kusen)
Pintu aluminium lipat kusen 0,5 mmRp 400.000 per m2
Pintu aluminium lipat kusen 0,8 mmRp 550.000 per m2

Daftar harga pintu kamar mandi aluminium di atas didapatkan dari berbagai sumber yang ada di internet. Untuk diketahui, harga pintu kamar mandi berbahan aluminium di setiap tempat kemungkinan bisa berbeda-beda. Apabila Anda tertarik mengganti pintu kamar mandi Anda dengan pintu dari bahan aluminium, Anda bisa membelinya di berbagai toko yang ada di sekitar Anda. Jika kesulitan memasangnya sendiri, Anda pun bisa memakai tukang yang memang lebih berpengalaman dalam pemasangan pintu kamar mandi aluminium.

Baca juga  Harga Sekrup Gypsum (Semua Merek dan Ukuran)
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Daftar Harga Pintu Kamar Mandi dari Bahan Aluminium"