Info Terkini Harga Ganti Kulit Jok Motor (Sintetis dan Asli)

Kerusakan pada kulit jok motor adalah hal yang tidak bisa disepelekan, apalagi jika kerusakannya terbilang parah. Mau tidak mau, Anda harus mengganti kulit jok motor kesayangan Anda. Untuk mengganti komponen ini, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah atau pergi ke bengkel terdekat dengan harga jasa mulai puluhan ribu rupiah.

Jok sepeda motor (sumber: dalas-auto.com)
Jok sepeda motor (sumber: dalas-auto.com)

Kulit jok motor sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu sintetis dan kulit asli. Untuk jenis sintetis, biasanya bengkel menyediakan dengan bahan karet, polyester, dan polyvinyl chloride. Tekstur kulit sintetis untuk jok bermacam-macam, mulai dari tekstur yang halus dan licin hingga tekstur yang kasar dan sedikit timbul.

Bacaan Lainnya

Sementara, untuk jenis kulit asli, biasanya Anda harus memesan terlebih dahulu kepada pihak bengkel. Hal ini karena tidak semua bengkel menyediakan kulit asli yang bisa langsung dipasang. Kulit asli yang digunakan untuk kulit jok motor, terbuat dari kulit sapi dan kerbau. Sangat jarang ada kulit jok motor yang terbuat dari kulit domba, karena ukurannya yang tipis dan kurang lebar.[1]

Perbedaan Kulit Jok Motor Sintetis dan Asli

Dari segi penampilan, mungkin kulit jok motor asli dan sintetis terlihat mirip. Meskipun begitu, Anda perlu memahami bahwa keduanya memiliki beberapa perbedaan. Selain beda bahan baku, kulit sintetis dan kulit jok motor memiliki sifat yang berbeda. Kulit sintetis memiliki tingkat kelenturan yang kurang baik dibandingkan kulit asli.

Baca juga  Info Terbaru Harga Helm Shoei Full Face Berbagai Seri

Tingkat kelenturan tersebut bisa Anda rasakan saat Anda menekuk bahan kulit. Kulit sintetis biasanya akan meninggalkan sedikit bekas, meskipun memang tidak permanen. Sementara itu, pada jok dengan kulit asli, meskipun ditekuk dengan berbagai macam pola, tidak akan meninggalkan bekas dan lebih mudah untuk digulung.

Dilihat dari teksturnya, Anda bisa merasakan bahwa kulit sintetis tidak memiliki cacat dan teksturnya cenderung sempurna. Kebanyakan kulit sintetis bahkan didesain dengan tekstur yang halus dan tidak berkerut. Sementara, pada kulit asli, memiliki tekstur yang tidak sempurna. Kadang ada bagian dari kulit yang agak timbul atau memiliki corak yang sedikit berbeda.

Selain itu, Anda juga bisa melihat adanya pori-pori yang tidak tertutup warna dengan baik pada kulit asli. Biasanya, pori-pori tersebut akan terlihat saat diterawang menggunakan sinar atau saat terkena cahaya matahari. Pada kulit sintetis, Anda tidak akan menemukan rongga atau pori-pori. Hal ini karena kulit sintetis terbuat dari bahan yang cenderung padat.

Baca juga  Info Terkini Harga Yamaha WR125X

Untuk mendapatkan jok motor yang terbuat dari kulit hewan asli, kulit harus melalui beberapa proses. Selain disortir untuk mendapatkan kulit yang berkualitas, kulit juga melalui proses penyamakan, bleaching, dan pewarnaan. Meskipun melewati proses tersebut, aroma kulit hewan tidak berubah. Sehingga, kulit asli memiliki aroma yang unik dan khas, berbeda dengan kulit sintetis yang tidak memiliki aroma.

Apabila Anda masih bingung membedakan jenis kulit asli dan sintetis untuk jok motor, Anda bisa melakukan pengujian sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan korek api dan membakar ujung kulit jok motor yang belum dipasang. Kulit sintetis akan mengeluarkan asap hitam dengan aroma seperti atau plastik yang dibakar. Sementara, kulit asli akan mengeluarkan aroma seperti ketika Anda membakar sate atau kerupuk.

Selain itu, Anda juga bisa melihat label dan harganya. Kulit sintetis harganya biasanya lebih murah dibanding kulit asli, dan pada label biasanya ada keterangan khusus apakah kulit jok sepeda motor pilihan Anda terbuat dari kulit sintetis atau kulit asli. Dengan mengetahui perbedaan tersebut, Anda tidak akan mudah tertipu oleh pegawai bengkel yang suka meraup keuntungan.

Harga Ganti Kulit Jok Motor

Bagi Anda yang berminat mengganti kulit jok motor, Anda perlu membayar biaya jasa penggantian yang sebenarnya relatif terjangkau. Di Arie Jok Motor Sport, ganti jok motor dengan bahan kulit sintetis dikenai biaya Rp60 ribuan dan mulai Rp100 ribuan untuk kulit asli dan tahan lama. Sementara itu, di beberapa situs online, ada yang menawarkan kulit jok motor variasi dengan harga berkisar Rp140 ribuan.

Baca juga  Harga Rem Cakram Sepeda Motor 1 Set

Harga tidak jauh berbeda ditawarkan Black Sweet Seat Modification yang berada di kawasan Kampung Makassar, Jakarta Timur. Harga ganti kulit jok motor di tempat ini dipatok mulai Rp45 ribu hingga Rp180 ribuan untuk model yang polos. Sementara itu, jika konsumen menginginkan model motif, dikenai tarif Rp150 ribu hingga Rp450 ribuan.

Dibandingkan tahun sebelumnya, biaya ganti jok motor ini sebenarnya tidak terlalu banyak berubah. Pada tahun lalu, untuk bahan kulit sintetis, harganya berkisar antara Rp24 ribuan hingga Rp50 ribuan, tergantung ukuran dan bahan. Sementara itu, untuk jenis kulit asli, konsumen perlu merogoh kocek mulai Rp95 ribuan hingga Rp300 ribuan.

[1] Wiyodiningrat, Suliestiyah, dkk. 2012. Pembuatan Kulit Jok (Upholstery) Ramah Lingkungan untuk Otomotif. Majalah Kulit, Karet dan Plastik, Vol. 28(1): 9-17.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *