Cara Registrasi dan Update Harga Paket Internet AXIS

Sejak bergabung dengan XL Axiata, operator seluler AXIS semakin diincar oleh banyak pengguna. Kepopuleran AXIS ini bukan tidak beralasan, karena harga kuotanya yang tergolong murah dibandingkan dengan operator lain. Tak jarang juga AXIS kerap menawarkan bonus kuota internet unlimited.

Ilustrasi: aplikasi AXIS (sumber: liputan6)
Ilustrasi: aplikasi AXIS (sumber: liputan6)

Ternyata tak semua operator di Indonesia menyediakan layanan internet unlimited. Para pemilik operator lebih memilih untuk menyediakan layanan internet dengan kuota besar ketimbang internet unlimited. Jika pun ada layanan internet dengan paket unlimited, biasanya dibatasi dengan fair usage policy (FUP). Dengan sistem FUP, setiap pelanggan hanya akan dapat menggunakan kecepatan internet full speed dengan batas kuota tertentu. Jika batas kuota telah terlampaui maka kecepatan internet akan menurun dan menjadi lambat.

Bacaan Lainnya

Memang, layanan internet unlimited rawan terjadi penyalahgunaan jika tidak diberlakukan FUP. Pada tahun 2016 lalu, Smartfren pernah mengadakan internet unlimited tanpa FUP yang artinya setiap pelanggan dapat menggunakan internet sepuasnya dalam kecepatan maksimal atau full speed. Benar saja, menurut pengakuan Smartfren, seorang pelanggan bisa menghabiskan kuota sampai 1GB/per hari bahkan lebih, dan tentu itu akan merugikan operator terlebih jika harga yang dipatok harga murah.

Varian Paket Unlimited AXIS

Untuk operator seluler AXIS, paket internet unlimited sebelumnya dibagi menjadi dua, yakni AXIS Internet Gaul dan AXIS Pro. Kedua jenis paket ini merupakan paket internet terpopuler yang menjadi andalan AXIS. Hal ini dikarenakan di beberapa daerah tertentu, paket unlimited yang ditawarkan AXIS terutama paket Inet Gaul dapat menjangkau wilayah mereka dengan kecepatan jaringan yang cukup kencang.

Baca juga  Cara Daftar & Biaya Layanan SMS Banking Bank Mandiri Terupdate

Paket internet Gaul FUP 1.5GB merupakan paket khusus yang mempunyai batasan penggunaan bandwidth atau bisa juga disebut dengan FUP (Fair Usage Policy) 1.5GB dengan kecepatan download sebesar 3.6 Mbps. Kecepatan akses akan disesuaikan menjadi 64 Kbps saat penggunaan data melebihi FUP 1.5 GB dan pengurangan FUP juga bisa terjadi saat Anda bepergian keluar dari daerah di luar daerah pendaftaran paket.

Selain FUP, wilayah juga menjadi salah satu menggunakan paket internet unlimited AXIS tanpa kuota ini. Bagi Anda yang kurang mengetahui batasan wilayah/daerah khusus yang diperuntukkan paket internet Gaul AXIS, berikut ulasannya.

Wilayah Internet Gaul AXIS

  • Wilayah Indonesia Barat. Aktif area paket mencakup Lhokseumawe, Batam, Bengkulu, Bukit Tinggi, Dumai, Jambi, Muara Enim, Palembang , Padang, Pekanbaru, Medan, Kabanjahe, Kota Bumi, Batu Raja, Metro, Pangkal Pinang, Lampung, Pematang Siantar, Sibolga, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Pinang, dan Aceh.
  • Daerah lain. Aktif area paket menjangkau wilayah indonesia tengah dan timur yang meliputi Pare-Pare, Balikpapan, Manado, Banjarmasin, Gorontalo, Kendari, Makassar, Palangkaraya, Palu, Pontianak, Rantepao, Samarinda.

Sayangnya, saat ini paket Gaul dan AXIS Pro sudah tidak ada. Begitu pula paket KZL yang merupakan paket unlimited andalan AXIS yang juga sudah ‘dibungkus’. Saat ini, AXIS hanya menawarkan paket-paket internet dengan kuota unlimited untuk game. Berikut rincian info paket AXIS dan harganya saat ini.

Jenis Paket Internet AXIS

  • Paket Warnet. Paket ini menawarkan internet murah yang memiliki masa aktif yang cukup singkat. 
  • BRONET 24 jam. Paket ini memberlakukan dual timeband, yaitu pukul 00.00-06.00. dan 00.00-23.59. Jumlah kuota internet yang ditawarkan dalam paket ini pun lebih banyak, di antaranya 1 GB, 2 GB, 3 GB, 5 GB, 8 GB, 10 GB, 12 GB, dan 16 GB.
  • AXIS OWSEM. Paket yang menawarkan layanan untuk streaming, chatting, hingga mengakses media sosial sepuasnya.
  • OBOR. Paket internet yang kuotanya bisa digunakan untuk mengakses konten internet apa saja, akan tetapi waktu penggunaannya dibatasi hanya dari pukul 23.00 sampai 06.00.
  • Kuota Aplikasi BOOSTR. Paket kuota yang menghadirkan solusi terbaik buat aktivitas meeting online, seperti menggunakan Zoom, Google Classroom, dan Microsoft Teams. 
Baca juga  Info Terkini Biaya Rekening (Tabungan) Jenius BTPN
Ilustrasi: paket internet AXIS (sumber: idnnews.id)
Ilustrasi: paket internet AXIS (sumber: idnnews.id)

Harga Paket Internet AXIS

Paket Internet AXIS Jumlah Kuota  Harga
WARNET 800 MB Rp600
1,5 GB Rp1.390
3 GB (masa aktif 3 jam) Rp2.190
3 GB (masa aktif 6 jam) Rp3.100
BRONET 24 jam 500 MB Rp4.200
1 GB Rp6.000
2 GB Rp7.900
3 GB Rp9.100
AXIS OWSEM 16 GB Rp43.900
24 GB Rp53.900
40 GB Rp65.900
64 GB Rp83.900
120 GB Rp104.900
OBOR 2 GB (Masa aktif 3 hari) Rp5.000
8 GB (Masa aktif 7 hari) Rp18.900
5 GB (Masa aktif 30 hari) Rp19.900
10 GB (Masa aktif 30 hari) Rp39.900
14 GB (Masa aktif 10 hari) Rp25.900
15 GB (Masa aktif 30 hari) Rp54.900
Kuota Aplikasi BOOSTR 2 GB (Masa aktif 3 hari) Rp5.000
8 GB (Masa aktif 7 hari) Rp18.900
5 GB (Masa aktif 30 hari) Rp19.900
10 GB (Masa aktif 30 hari) Rp39.900
14 GB (Masa aktif 10 hari) Rp25.900
15 GB (Masa aktif 30 hari) Rp54.900

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, tarif paket internet AXIS OWSEM saat ini relatif stabil. Namun, untuk harga paket AXIS BRONET 24 jam, tercatat sedikit naik, seperti paket kuota 500 MB yang semula ditawarkan seharga Rp4.000 dan sekarang menjadi Rp4.200.

Ilustrasi: penggunaan smartphone (credit: livelearn)
Ilustrasi: penggunaan smartphone (credit: livelearn)

Cara Daftar Paket Internet AXIS Melalui AXISnet

  • Pastikan Anda telah mengunduh dan memasang aplikasi AXISnet pada ponsel melalui Play Store atau App Store.
  • Bagi yang sudah memiliki akun AXISNet, Anda bisa langsung melakukan login pada aplikasi. Namun jika belum, lakukan registrasi terlebih dahulu menggunakan nomor AXIS yang masih aktif.
  • Pada tampilan awal aplikasi, pilih menu ‘Paket Suka-Suka’.
  • Pilih jenis paket kuota utama dan masa aktif sesuai kebutuhan. Anda dapat memilih jenis jaringan Internet seperti jaringan 2G hingga 4G dan durasi masa aktif mulai dari 7 hari, 15 hari, hingga 30 hari.
  • Pilih tipe dan jumlah kuota pelengkap. Anda bisa memilih minimal satu hingga tujuh kuota pelengkap. Kuota pelengkap terdiri dari kuota malam, chat, media sosial, video, games, dan conference. Sementara itu, untuk single kuota app seperti kuota WhatsApp, Facebook, Tiktok, Instagram, YouTube, Viu, Netflix, Free Fire, Mobile Legends, Zoom, Webtoon, bisa dipilih hingga maksimal tiga kuota pelengkap pada single app.
  • Selesaikan proses aktivasi paket. Jika paket internet telah dipilih sesuai kebutuhan, selesaikan proses aktivasi sesuai dengan petunjuk yang diarahkan oleh aplikasi.
Baca juga  Info Spesifikasi & Harga iPhone 5C Second (Bekas) Terkini

Cara Daftar Paket Internet AXIS Melalui Panggilan UMB

  • Buka menu panggilan pada ponsel.
  • Masukkan *123*887#, lalu tekan tombol panggilan atau ‘OK’.
  • Tunggu beberapa saat hingga menu daftar paket Internet ditampilkan.
  • Pilih paket Internet sesuai dengan kebutuhan Anda dan tunggu proses aktivasi paket selesai.

Untuk melakukan metode ini, pastikan pulsa Anda mencukupi atau setidaknya jumlahnya Rp5.000 agar bisa mendaftar paket Internet dengan masa aktif 3 hari.

[Update: Ditta]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.