Harga Dot Huki Gepeng (Orthodontic) Semua Kemasan

Bayi baru lahir hingga usia enam bulan membutuhkan perlakuan eksklusif dan salah satu faktor yang memengaruhi keberhasilannya, yakni menggunakan dot ketika bayi sudah berusia satu bulan ke atas.[1] Salah dot yang terbilang cukup populer di kalangan adalah HUKI varian gepeng atau orthodontic karena harganya relatif terjangkau.

Dot Huki gepeng /Orthodontic (sumber: lazada)

Dot Huki gepeng /Orthodontic (sumber: lazada)

Fungsi Dot HUKI Gepeng

Dilansir dari website resminya, dot orthodontic HUKI atau biasa dikenal dengan dot HUKI gepeng hadir dalam tiga ukuran, yaitu S, M, dan L. Ukuran S disarankan untuk bayi yang baru lahir hingga usia tiga bulan, ukuran M untuk anak usia tiga hingga enam bulan, dan ukuran L untuk si kecil yang sudah berusia di atas enam bulan. Meskipun begitu, sebaiknya Anda mulai mengajari buah hati untuk minum susu dari gelas saat ASI masa eksklusifnya sudah berhenti. Sehingga, mereka terhindar dari kecanduan ngempeng atau ngedot.

Seperti namanya, dot orthodontic HUKI memiliki bentuk menyerupai puting ibu, hanya saja lebih gepeng untuk menghindari bingung puting. Produk ini dibuat dengan lubang udara yang kecil dan memiliki aliran yang tidak terlalu deras layaknya dot konvensional. Sehingga, bayi tidak mudah tersedak saat minum susu.

Baca juga  Info Terbaru Harga Minyak Apel Jin (Daun 5, Daun 7, Daun 9, Daun 13)

Dot orthodontic HUKI yang gepeng ini dibuat untuk alasan kesehatan. Berbeda dengan dot biasa yang hanya berfungsi sebagai pengganti puting ibu, dot ini diklaim juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan rahang, gusi, dan gigi bayi supaya sempurna. Dot pun ini biasa dipakai untuk menghindari gangguan pertumbuhan bentuk gigi, seperti gigi tonggos dan jarak pertumbuhan gigi yang renggang.

Lubang dot HUKI tidak berada di bagian ujung, tetapi di bagian samping atas. Sehingga, air akan keluar secara langsung menyentuh langit-langit mulut bayi dan bercampur dengan ludah yang mengandung zat anti-bakteri sebelum ditelan. Selain itu, posisi lubang dot diketahui mampu mencegah kebiasaan bayi yang menelan susu sambil mendorong ludah ke depan untuk membuat bentuk bagian depan mulut menjadi agak tonggos.

Dot Huki gepeng /Orthodontic (sumber: lazada)

Dot Huki gepeng /Orthodontic (sumber: lazada)

Keunggulan Dot HUKI

Selain memiliki banyak fungsi atau manfaat, untuk lebih meyakinkan para konsumennya, HUKI menawarkan beberapa keunggulan untuk produk dot gepengnya. Dikemas dalam wadah dus karton dan plastik, diketahui dot ini tidak mudah rusak akibat kondisi ruang yang lembap atau panas. Di bagian bawah kemasan juga terdapat label halal MUI yang artinya aman dipakai untuk bayi Muslim.

Baca juga  Harga Pensil Mekanik Faber Castell (Semua Varian dan Ukuran)

Sementara, di bagian belakang kemasan, terdapat tulisan BPA free yang artinya produk ini tidak mengandung Bisphenol-A yang diketahui berbahaya untuk buah hati. Diketahui, BPA sering dipakai dalam proses pembuatan berbagai peralatan atau benda yang berbahan plastik, terutama botol susu jenis polycarbonate. BPA dikatakan berbahaya karena tidak tahan dengan suhu panas dan bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada bayi jika tertelan.

Sebagai gantinya, dot HUKI gepeng terbuat dari silikon khusus yang premium dan aman untuk bayi. Silikon yang digunakan tidak hanya diklaim bebas dari BPA, tetapi juga bahan-bahan berbahaya lainnya, seperti pewarna, penjernih, dan pemutih plastik. Supaya gusi bayi tidak sakit saat memakai dot, bagian atasnya terbuat dari silikon yang lebih tipis dibandingkan dengan pangkalnya.

Jenis silikon yang dipakai juga tahan panas dan tidak mudah meleleh, sehingga aman saat dicuci dengan air panas. Memang, sangat penting untuk mencuci segala peralatan makan dan minum bayi menggunakan air bersuhu di atas 50 derajat Celcius, yang bertujuan untuk mensterilkan piranti dari bakteri dan kuman yang mampu menyebabkan dan muntah pada bayi.

Baca juga  Manfaat dan Harga Witch Hazel (Semua Merk)

Tidak sulit menemukan dot HUKI gepeng di pasaran, karena Anda bisa membelinya di toko peralatan bayi, apotek, hingga situs jual beli online. Harga dot HUKI gepeng juga tidak terlalu mahal, dan berikut referensinya.

Dot Huki gepeng /Orthodontic (sumber: shopee)

Dot Huki gepeng /Orthodontic (sumber: shopee)

Harga Dot HUKI Gepeng

Keamasan Dot HUKI GepengHarga
Dot HUKI Gepeng S isi 1Rp12.000
Dot HUKI Gepeng M isi 1Rp12.000
Dot HUKI Gepeng L isi 1Rp12.000
Dot HUKI Gepeng S isi 2Rp20.200
Dot HUKI Gepeng M isi 2Rp20.200
Dot HUKI Gepeng L isi 2Rp20.200
Dot HUKI Gepeng S isi 3Rp26.800
Dot HUKI Gepeng M isi 3Rp26.800
Dot HUKI Gepeng L isi 3Rp26.800

Harga dot HUKI gepeng di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs jual beli online. Harga dot orthodontic ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Rufaidah, Ani. 2016. Hubungan Pemberian ASI Menggunakan Dot dengan Keberhasilan ASI Eksklusif pada Ibu Menyusui di Posyandu Puskesmas Danurejan 1 Yogyakarta (Naskah Publikasi). Program Studi Bidan Pendidikan Jenjang D4 Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta.

author

Leave a reply "Harga Dot Huki Gepeng (Orthodontic) Semua Kemasan"