Update Harga Kaca Laminated (Semua Ukuran)

Selain tempered, jenis kaca yang dapat dikatakan sebagai safety glass adalah kaca laminated. Kaca ini biasanya memiliki dua lembaran kaca atau lebih yang disatukan agar ketika terjadi pecah, maka sisi kaca yang satu dapat menahan sisi kaca yang lainnya. Hadir dalam berbagai ukuran, kaca laminated biasanya dijual per m2 dengan rata-rata berada di angka ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Kaca laminated/laminated glass (sumber: egw.co.uk)
Kaca laminated/laminated glass (sumber: egw.co.uk)

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan material bernama kaca. Kaca dapat dikatakan sebagai material padat yang bening dan transparan atau tembus pandang, dan biasanya rapuh.[1] Sudah digunakan selama berabad-abad, terutama untuk jendela dan gelas minuman, kaca umumnya terbuat dari 75 persen silikon dioksida, Na2O, CaO, dan beberapa zat tambahan.

Bacaan Lainnya

Konon, Kaca sudah ada sejak tahun 3000 SM, ketika bangsa Syria menemukan cara pembuatan kaca dengan mencampur abu soda, lemon, dan pasir, yang akhirnya membentuk kaca pada saat masih panas.[2] Kemudian, pada tahun 1400 SM, Mesir telah membuat vas dan peralatan makan dengan menggunakan unsur kaca di dalamnya, lantas Roma mulai menggunakan kaca sebagai jendela pada tahun 1291.

Definisi dan Kelebihan Kaca Laminated

Secara umum, kaca dapat dibedakan menjadi flat glass, safety and security glass, speciality glass, dan decorative glass.[3] Masing-masing jenis kaca tersebut masih bisa dibagi lagi menjadi beberapa varian. Safety and security glass yang diproduksi untuk tujuan keamanan dan keselamatan misalnya, setidaknya memiliki wired glass (punya jalinan kawat di dalamnya), tempered glass, reflective glass, glass block, dan laminated glass.

Baca juga  Info Harga Cairan Softlens X2 (Semua Varian)

Nah, khusus untuk varian yang disebutkan terakhir, adalah kaca yang kabarnya sudah ada sejak tahun 1903 silam, ditemukan oleh ahli kimia asal Prancis bernama Edward Benedictus, yang terinspirasi dari kecelakaan laboratorium. Kaca laminated adalah jenis safety glass yang tidak hancur jika mengalami benturan. Pada proses laminated glass, material seperti kain, kayu, hingga metal, dapat diisi di antara dua lapisan kaca, yang akan menghasilkan efek visual yang unik dan ideal sebagai pembatas ruangan.[4]

Awalnya, Benedictus menggunakan botol kaca yang dilapisi dengan plastik selulosa nitrat, sehingga ketika jatuh, tidak hancur berkeping-keping. Kemudian, ia memproduksi komposit gelas plastik tersebut untuk mengurangi luka dalam kecelakaan mobil. Meski tidak langsung diadopsi pada kendaraan, kaca laminated kala itu telah banyak dipakai di lensa-lensa masker gas selama era Perang I.

Kaca laminated secara umum terdiri atas komposisi satu atau lebih lembaran polivinil yang transparan, fleksibel, dan sangat kuat, dengan satu atau lebih lembaran kaca float. Kemudian, bahan-bahan tersebut disatukan melalui proses pemanasan dan pengepresan. Kaca laminated yang terdiri atas dua lembar kaca biasanya digunakan untuk bangunan. Sementara, yang terdiri lebih dari dua lembar, biasanya untuk penggunaan khusus, seperti kaca anti-peluru, kaca akuarium yang besar, dan kaca pesawat terbang.

Baca juga  Info Terbaru Definisi atau Pengertian dari Biaya Provisi pada Jasa Perbankan

Untuk kendaraan roda empat, seperti dikutip dari situs Daihatsu, kaca laminated umumnya diaplikasikan sebagai windshield atau kaca depan. Kaca ini sulit ditembus karena sifatnya yang mampu meredam benturan dan menjaga lapisan. Sifat pecah kaca jenis ini tidak akan menghambat visibilitas. Meski demikian, Anda perlu berhati-hati saat kaca laminated ini retak. Pasalnya, sekecil apapun keretakannya, pecahan tersebut akan merembet dengan cepat.

Kaca laminated (sumber: kxglass.com)
Kaca laminated (sumber: kxglass.com)

Saat ini, tidak sulit mendapatkan kaca laminated. Pasalnya, Anda sudah bisa membeli material tersebut di berbagai toko bahan bangunan. Jika kesulitan, Anda bisa mencari di sejumlah situs jual beli online. Hadir dalam berbagai ukuran ketebalan, kaca ini bervariasi, biasanya berada di angka ratusan ribu rupiah. Berikut kisaran harga kaca laminated di pasaran dalam negeri.

Kaca Laminated

Varian/Ukuran Kaca Laminated
Kaca Laminated 4+4 mm Clear Polos Rp450.000 per m2
Kaca Laminated 5+5 mm Clear Polos Rp600.000 per m2
Kaca Laminated 6+6 mm Clear Polos Rp650.000 per m2
Kaca Laminated Tempered 6+6 mm Clear Polos Rp1.000.000
Kaca Laminated Tempered 10+10 mm Clear Polos Rp1.300.000
Kaca Laminated Tempered 12+12 mm Clear Polos Rp1.700.000
Kaca Laminated Tempered 15+15 mm Clear Polos Rp6.421.000 per m2
Baca juga  Info Harga Infus Whitening di Natasha Skin Care

Informasi kaca laminated di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs jual beli online. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya saat ini cenderung turun. Kaca laminated 6+6 mm clear polos misalnya, awalnya dijual Rp775 ribu per m2 dan sekarang turun menjadi Rp650 ribuan per m2.

Kaca laminated mobil (sumber: gridoto)
Kaca laminated mobil (sumber: gridoto)

Kaca Laminated Mobil

Varian Kaca Laminated Mobil
Kaca Laminated Depan BMW X5 F15 Rp3.760.000
Kaca Laminated Depan VW Scirocco Coupe 2008 Rp3.902.000
Kaca Laminated Depan BMW Z4 E89 Rp4.700.000
Kaca Laminated Depan Mazda MX-5 Miata Rp4.746.000
Kaca Laminated Depan Audi A6 C7 Rp5.200.000
Kaca Laminated Depan Dodge Journey 2009 Rp6.091.300

kaca laminated mobil di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa toko bahan bangunan, toko kaca, dan sejumlah platform jual beli online. Perlu Anda ketahui bahwa harga kaca laminated tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Harga kaca laminated di masing-masing tempat juga dapat berbeda-beda.

[1] Purnomo, Hendra dan Endang Setyawati Hisyam. 2014. Pemanfaatan Serbuk Kaca sebagai Substitusi Parsial Semen pada Campuran Beton Ditinjau dari Kekuatan Tekan dan Kekuatan Tarik Belah Beton. Jurnal Fropil Universitas Bangka Belitung, Vol. 2(1): 45-55.

[2] Ahmad, Rosman. 2007. Bahan Bangunan sebagai Dasar Pengetahuan (Edisi Pertama). Jakarta: BCPU.

[3] Ibid.

[4] Hartanti, Grace dan Budi Setiawan. 2014. Aplikasi Kaca pada Perancangan Desain Interior dan Arsitektur. Humaniora, Vol. 5(2): 756-765.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.