Harga Cat Air Titi (12 Warna, 18 Warna, 24 Warna)

No comment673 views

Selain crayon dan pensil warna, salah satu alat yang bisa dipakai untuk melukis adalah cat air. Di sendiri, sudah tersedia banyak merek cat air dengan bervariasi, biasanya mulai belasan ribu rupiah. Nah, salah satu merek yang bisa Anda pilih untuk kebutuhan pelajaran mewarna putra-putri Anda adalah Titi, dengan komposisi 12 warna, 18 warna, atau 24 warna per set.

Varian cat air Titi (sumber: Bukalapak)

cat air Titi (sumber: Bukalapak)

Dilansir dari Wikipedia, cat air, populer juga disebut dengan aquarel, adalah medium lukisan yang menggunakan pigmen dengan pelarut air dengan sifat transparan. Meskipun medium permukaannya bisa bervariasi, biasanya yang digunakan adalah kertas. Selain itu, bisa pula papyrus, kulit, kain, kayu, atau kanvas.

Masih menurut sumber yang sama, lukisan cat air konon dimulai dari penemuan kertas di China pada sekitar tahun 100 Masehi. Pada abad ke-12, bangsa Moor lalu memperkenalkan kertas ke Spanyol dan kemudian menyebar ke Italia beberapa dekade berikutnya. Teknik cat air lantas terkenal di Benua Biru dengan sering digunakannya teknik fresko.

Lukisan cat air tertua yang pernah ditemukan dibuat oleh Raffaello Santi yang membuat kartun-kartun untuk gorden. Di Jerman, Albrecht Dürer membuat lukisan cat air pada abad ke-15. Sementara, sekolah lukisan cat air pertama dibuka oleh Hans Bol dan sangat dipengaruhi oleh karya-karya Dürer. Pelukis cat air terkenal lainnya adalah van Dyck, Thomas Gainsborough, dan John Constable, sedangkan Paul Sandby dianggap bapak lukisan cat air Inggris Raya.

Cat air digunakan dengan kuas lancip dan bentuk kuas lainnya yang berbulu lembut dan menggunakan air yang berlebih, tetapi bisa pula dicampurkan dengan lain, biasanya cat akrilik. Cat air dengan campuran air berlebih menghasilkan warna yang terang dan segar. Warna ini dihasilkan oleh cahaya yang mampu menembus lapisan cat yang transparan. Sementara, warna putih biasanya dihasilkan dari bagian-bagian yang tidak diberi lapisan cat. Sangat jarang lukisan yang sengaja memberikan lapisan putih dari cat air.

Di dalam negeri, cat air seringkali dipandang sebagai lukis anak-anak. Bahkan, anak-anak TK tidak sedikit yang sudah mengenal cat air. Pasalnya, ini termasuk yang mudah digunakan. Selain itu, harga cat air pun relatif murah, banyak dijual di toko , mudah dibersihkan, serta tidak memiliki bau yang tajam. Siapa saja yang gemar melukis, cat air adalah yang sangat direkomendasikan.

Ada banyak teknik yang bisa digunakan untuk melukis dengan cat air. Beberapa teknik yang umum digunakan untuk para pemula adalah melukis dengan cat air di wadah palet atau botol dan melukis dengan pensil cat air. Kedua teknik tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, tergantung minat masing-masing individu.

Teknik Melukis dengan Cat Air

Ilustrasi: melukis dengan cat air (sumber: Pinterest.com)

Ilustrasi: melukis dengan cat air (sumber: Pinterest.com)

  • Saat melukis dengan cat air, Anda akan membutuhkan banyak air bersih. Letakkan setidaknya 2 gelas air di samping area kerja agar Anda tidak perlu terus-menerus beranjak dan mengambil yang baru. Gunakan satu gelas air untuk mencuci kuas setelah selesai menggunakan warna tertentu, dan gelas kedua untuk mencelupkan dan membasahi kuas bersih sebelum digunakan melukis.
  • Remas dan teteskan cat air dari botol ke atas palet. Kalau Anda menggunakan cat air dalam wadah, Anda tidak perlu melakukan langkah ini, tetapi mungkin Anda masih perlu menggunakan palet untuk mencampur warna.
  • Basahi kuas dalam air bersih. Mungkin biasanya Anda langsung mencelupkan kuas ke dalam cat, tetapi cat air harus ditambahkan air terlebih dulu. Pastikan kuasnya basah dan pisahkan satu gelas air bersih hanya untuk membasahi kuas yang belum dicelupkan ke cat.
  • Celupkan kuas ke dalam cat dan buatlah genangan di atas palet. Kalau Anda menggunakan cat botolan, celupkan kuas basah ke dalam warna yang ingin digunakan. Setelah itu, pindahkan cat pada kuas ke atas palet dengan gerakan memutar. Tambahkan lebih banyak air sampai Anda membuat genangan cat yang bisa membasahi kuas.
  • Sapukan kuas dari satu sisi ke sisi lain dalam bentuk garis tebal. Miringkan kertas gambar Anda agar cat air turun dan tidak menggenang pada permukaan kertas. Warna cat air di kertas akan lebih encer daripada warna yang masih di botol, tetapi masih tetap senada. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih pekat, pulaskan lebih banyak cat pada area yang sama.
  • Diamkan lukisan hingga mengering selama setidaknya 30 menit. Jangan menggosok maupun menyentuh permukaan lukisan jika tidak ingin hasilnya tercoreng. Letakkan lukisan di tempat yang kering dan tunggulah untuk melihat hasilnya. Setelah cat air benar-benar kering, warnanya akan tampak lebih pudar dibandingkan ketika masih basah.

Review Cat Air Titi

Penggunaan cat air Titi (sumber: shaqipedia.blogspot.com)

Penggunaan cat air Titi (sumber: shaqipedia.blogspot.com)

Ada banyak merek cat air yang dapat Anda beli sesuai dengan kebutuhan dan bujet. Jika kebetulan Anda adalah seorang pemula dan tidak memiliki anggaran cukup banyak, salah satu yang direkomendasikan adalah Titi. Meski harga cat air ini sangat terjangkau, namun kualitas yang dihasilkan tidak bisa dikatakan murahan.

Secara umum, warna cat pada produk ini cukup cerah dan tidak kusam. Saking cerahnya, Anda harus menggunakan air yang cukup banyak jika ingin mendapatkan warna yang lebih adem. Warna yang dihasilkan pun cocok untuk media kertas. Jika ingin mengaplikasikan cat air Titi ini, pengguna disarankan untuk menggunakan kuas watercolor yang lembut.

Harga Cat Air Titi

Kemasan Cat Air TitiHarga
Titi 12 WarnaRp20.000 – Rp38.000
Titi 18 WarnaRp40.000 – Rp45.000
Titi 24 WarnaRp50.000 – Rp65.000

Harga cat air merek Titi di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko stationery dan situs jual beli online. Harga cat air Titi tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk informasi lebih detail, Anda bisa langsung berkunjung ke toko stationery terdekat di kota Anda.

Baca juga  Info Harga Ular Baby Ball Python
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Cat Air Titi (12 Warna, 18 Warna, 24 Warna)"