Update Harga Rangka Deltabox KLX (Fiber & Aluminium)

Bagi para penggemar sepeda motor, pasti sudah tidak asing lagi dengan komponen bernama deltabox. Ini adalah salah satu jenis rangka yang kerap digunakan pada motor sport modern dan balap, bahkan motor trail seperti model Kawasaki KLX. Diklaim bersifat lebih kaku dan mampu meningkatkan stabilitas berkendara, sasis ini juga bisa diperoleh secara terpisah dengan harga rata-rata ratusan ribu rupiah.

Rangka sepeda motor Deltabox KLX (sumber: shopee)
Rangka sepeda motor Deltabox KLX (sumber: shopee)

Secara umum, rangka atau yang biasa disebut frame atau sasis, merupakan tulang punggung suatu kendaraan, termasuk kendaraan roda dua. Rangka ini memiliki fungsi sebagai penopang mesin, menyatukan atau merangkai mesin serta sistem suspensi dan sistem kelistrikan menjadi satu kesatuan, dan menjadi penyangga atau beban.[1]

Bacaan Lainnya

Agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya, frame ini harus memenuhi beberapa persyaratan. Rangka harus kuat dan kokoh sehingga mampu menopang mesin beserta kelengkapan kendaraan lainnya, menyangga maupun beban tanpa mengalami kerusakan atau perubahan bentuk. Frame juga harus ringan sehingga tidak terlalu membebani mesin dan memiliki nilai kelenturan yang berguna untuk meredam getaran atau guncangan berlebihan akibat tenaga mesin atau kondisi jalan yang buruk.[2]

Baca juga  Info Terbaru Harga Koper Delsey Original (Hard Case & Soft Case)

Desain suatu rangka dibuat berdasarkan beberapa pertimbangan, salah satunya adalah menyesuaikan besar kapasitas mesin motor yang akan dipasangkan. Bahan yang dipakai untuk pembuatan rangka motor juga dipilih dengan pertimbangan yang sama. Misalnya, rangka dengan bahan aluminium dapat digunakan pada sepeda motor jenis sport dengan kapasitas mesin sedang dan besar.

Umumnya, beberapa jenis rangka menggunakan bahan dasar besi dan sebagian lagi menggunakan bahan campuran aluminium. Bahan pipa dan pressed steel (baja cetak) sangat mudah dibentuk melalui proses casting (pengecoran), dan forging (penempaan) dalam pembuatan rangka. Namun, bahan aluminium campur tentunya lebih ringan dibandingkan besi dalam kondisi yang sama, walau memakan ongkos produksi yang cukup mahal.

Jenis Rangka Motor

  • Pressed steel, atau biasa disebut rangka baja tekan, adalah frame yang sepenuhnya terbuat dari pres plat baja. Umumnya, jenis ini memiliki pola backbone (bentuk tulang punggung) dan kerap dipakai pada sepeda motor bebek lawas, seperti Honda C70.
  • Rangka tulang belakang atau backbone, terdiri dari pipa utama tunggal yang menjadi tempat mesin menggantung. Karena tersembunyi di dalam kuda besi, mesin motor akhirnya tampak seperti menggantung di udara.
  • Rangka perimeter, adalah jenis frame yang banyak diaplikasikan pada sport bike modern. Sebagian kalangan menyebut rangka jenis ini dengan twin spar frame atau twin tube. Rangka ini dirancang untuk memperpendek jarak antara setang setir dan lengan ayun/suspensi bagian depan.
  • Rangka teralis atau trellis, kerap dipakai otomotif asal Italia. Secara konsep, model ini tidak jauh berbeda dengan tipe perimeter, namun biasanya berbentuk rangkaian pipa tubular yang dilas satu per satu seperti tampak pada motor Ducati Multistrada.
  • Rangka monokok (monocoque), adalah frame yang dirancang sebagai rangka dengan segala fungsi. Karena, selain menjalankan fungsi utama sebagai penopang mesin, tipe ini juga bisa berguna sebagai tangki bahan bakar. keluaran Piaggio dan Kawasaki ZX-14R adalah beberapa merk motor yang mengaplikasikan rangka jenis ini.
Baca juga  Info Terkini Harga Air Radiator Motor Yamaha, Honda, Suzuki dll

Kelebihan Rangka Deltabox

Rangka Deltabox KLX (sumber: shopee)
Rangka Deltabox KLX (sumber: shopee)

Selain model-model yang telah disebutkan di atas, masih ada lagi tipe deltabox. Rangka ini sering terlihat pada motor sport keluaran Yamaha, terutama dengan mesin berkapasitas besar karena kabarnya memang sudah dipatenkan oleh merk asal Jepang tersebut. Selain itu, sasis deltabox juga kerap dipakai pada motor untuk arena balap karena dikatakan memiliki handling yang lebih stabil ketika motor melaju dengan kecepatan tinggi.

Ketika pertama kali diciptakan, deltabox konon memiliki tujuan untuk memperoleh kekakuan yang lebih sempurna, sehingga performa mesin bisa lebih ditingkatkan. Tak hanya itu, material yang digunakan juga lebih ringan, dapat memberikan stabilitas yang baik ketika motor diajak bermanuver. Bahkan, ada deltabox yang dilengkapi hydroformed construction frame, yang diklaim meningkatkan kekakuan sasis hingga 30 persen karena meminimalkan titik pengelasan.

Harga Deltabox KLX

Bahan Deltabox KLX Kisaran Harga
Deltabox Kawasaki KLX Fiber Rp165.000 – Rp250.000
Deltabox Kawasaki KLX Aluminium Rp300.000 – Rp500.000
Baca juga  Update Harga DLMS DBX Original (Semua Tipe)

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga Deltabox KLX di pasaran saat ini cenderung naik. Misalnya, deltabox KLX bahan aluminium yang semula dijual kisaran harga Rp250 ribu hingga Rp405 ribu, sekarang naik menjadi Rp300 ribu hingga Rp500 ribu. Begitu pula deltabox KLX bahan fiber yang sedikit naik dari Rp150 ribu hingga Rp250 ribu menjadi Rp165 ribu hingga Rp250 ribu.

[Update: Ditta]

[1] Nugraha, Beni Setya. 2005. Modul Chasis Sepeda Motor. Sistem Perencanaan Program dan Penganggaran (SP4) Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik UNY, hlm. 9.

[2] Ibid, hlm. 9-10.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.