Info Harga Benih dan Sayur Bayam Merah di Pasaran

No comment845 views

Bayam adalah sayuran yang memiliki gizi lengkap dengan kandungan vitamin C cukup tinggi. Tak heran apabila bayam kerap dimanfaatkan sebagai obat alami untuk meredakan sejumlah keluhan. Banyak orang beranggapan bayam merah lebih banyak kandungan gizinya daripada bayam hijau. Wajar jika permintaan bayam merah di pasaran lebih tinggi. Harga jualnya pun terbilang lebih mahal dari bayam hijau.

Bayam merah (sumber: sunria.com)

Bayam merah (sumber: sunria.com)

Ada beberapa macam bayam yang Anda temukan di pasaran, ada bayam cabut, bayam potong, dan bayam merah. Bayam merah termasuk ke dalam Amaranthus tricolor L dengan tampilan daun berwarna merah. Antosianin adalah pigmen merah keunguan yang menandai warna merah pada bayam merah.[1]

Pada dasarnya, antosianin juga dapat ditemukan pada buah-buahan yang berwarna merah. Antosianin sendiri berperan sebagai antioksidan yang sangat diperlukan tubuh untuk mencegah terjadinya oksidasi radikal bebas yang menyebabkan berbagai macam penyakit. Itulah sebabnya, masyarakat percaya bahwa nutrisi bayam merah lebih banyak dibandingkan bayam hijau.

Kandungan Nutrisi Bayam Merah

  • Vitamin C 60,33%
  • Mangan 49,43%
  • Zat besi 37,25%
  • Kalsium 27,60%
  • Vitamin A 26,14%
Baca juga  Update Kisaran Harga Traktor Mini Kubota (Semua Varian)

Sebuah penelitian bahkan mengungkap protein, kalsium, dan zat besi yang dikandung pada bayam merah lebih tinggi dari bayam hijau. Semakin tua bayam merah, maka kadar zat besinya juga semakin meningkat.

Khasiat Bayam Merah

  • Meningkatkan kesehatan
  • Mengatasi anemia
  • Meningkatkan sistem imun tubuh
  • Mengatasi rambut rontok
  • Mencegah osteoporosis
  • Mengatasi disentri
  • Mencegah kanker
  • Menyehatkan ginjal
  • Menguatkan tulang
  • Mengontrol gula darah
  • Meningkatkan kesehatan mata
Bayam merah (sumber: ralali.com)

Bayam merah (sumber: ralali.com)

Kandungan protein yang tinggi pada bayam merah menjadikannya sebagai sumber protein nabati yang baik. Protein nabati cenderung rendah lemak dibanding protein dari daging hewan dan tidak mengandung kolesterol. Bayam merah juga teruji secara klinis kaya akan serat dan zat besi, sehingga dapat dijadikan menu Anda. Selain itu, bayam merah juga dapat dikonsumsi ibu hamil untuk kesehatan janin.

Dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan bayam merah, saat ini cukup banyak orang yang mulai membudidayakan sayur tersebut. Terlebih, cara budidaya bayam merah relatif mudah. Bayam merah membutuhkan waktu panen 20-25 hari sejak ditanam. Panen bayam merah ini tergolong lebih cepat dibandingkan bayam biasa yang membutuhkan waktu panen sekitar 30 hari. Saat dipanen, bayam merah sudah memiliki tinggi sekitar 20 sentimeter (cm).

Baca juga  Harga EM4 (Pertanian, Peternakan, Perikanan, Limbah)

Bayam merah dapat menghasilkan bunga dan biji saat usia tanaman menginjak 45-50 hari. Sebelum biji ditanam, ada baiknya Anda mencangkul lahan terlebih dulu sedalam 20 cm hingga 30 cm dan mengupayakan lahan mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Soal harga bibit bayam merah relatif murah di pasaran, berikut daftar merek benih yang dapat dipilih.

Harga Benih Bayam Merah Berbagai Merek

Merk Benih Bayam MerahHarga (Rp)
Benih Bayam Merah Seed Baret Merah 50 gr9.000
Benih/Bibit Bayam Merah RED (Bintang Asia)9.900
Benih/bibit bayam merah organik/hidroponik F1 per ikat1.000
Benih Bayam Merah Mira Cap Panah Merah kemasan pouch 10 gr10.000
Benih-Bibit Bayam Merah Red Ranchies (Haira Seed) 10 gram12.000
Benih BIbit Bayam Hijau Maestro Panah Merah 26000 seeds Original Pack12.500
Benih Microgreen Red Amaranth - Bibit Bayam Merah - Daily Farm kemasan 5 gr13.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Buah Anggur Merah di Pasaran

Informasi harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di pada . Harga tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membeli benih bayam merah di toko pertanian maupun memesannya secara online melalui sejumlah marketplace terpercaya.

Bibit bayam merah (sumber: greenvest.co.id)

Bibit bayam merah (sumber: greenvest.co.id)

Berbeda dengan benih, Anda dapat dengan mudah membeli bayam merah untuk dimasak di beberapa supermarket terdekat. Biasanya, Anda akan menemukan sayuran bayam merah fresh dalam kemasan pack dengan harga bersaing. Untuk lebih lengkapnya, kami sajikan data tabel sebagai referensi Anda.

Harga Sayur Bayam Merah di Pasar Modern

Tempat PembelianHarga (Rp)
Giant4.500 per 150 gram
Hypermart7.900 per ikat
Indomaret10.500 per 200 gr
Superindo16.990 per ikat

Harga bayam di minimarket maupun supermarket tentu akan mengalami perubahan seiring adanya promo atau diskon tertentu. Di situs belanja online seperti Happy Fresh, bayam merah per paket dijual seharga Rp7.700. Anda dapat memilih tempat belanja sesuai kebutuhan.

[1] Lingga, Lanny. Cerdas Memilih Sayuran; Plus Minus 54 Jenis Sayuran (Jakarta: AgroMedia, 2010), hlm. 55

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Harga Benih dan Sayur Bayam Merah di Pasaran"