Harga Ikan Arwana Golden Pino (Semua Ukuran)

Arwana telah dikenal luas sebagai salah satu ikan berharga . Pasalnya, selain punya bentuk yang cukup besar serta warna yang cantik, ikan tersebut konon dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Nah, bagi Anda yang juga tertarik memelihara arwana tetapi punya anggaran cukup terbatas, mungkin varian golden pino bisa menjadi rekomendasi yang menarik karena punya harga yang relatif lebih bersahabat.

Ikan arwana golden pino (sumber: dictio.id)
Ikan arwana golden pino (sumber: dictio.id)

Bagi para penggemar ikan hias, pasti sudah tidak asing lagi dengan arwana. Arwana, arowana, atau arawana adalah sebutan untuk ikan Osteoglossum bicirrhosum dari genus Osteoglossum yang berasal dari Brazil.[1] Dua spesies arwana yang paling terkenal adalah silver arowana Brazil dan black arowana Brazil. Orang Indonesia menyebutnya ikan naga dan ikan naga perak hitam.

Bacaan Lainnya

Ikan ini termasuk salah satu favorit banyak orang untuk dipelihara. Pasalnya, ikan arwana, selain memiliki keindahan warna pada sisiknya, juga dipercaya oleh sebagian orang dapat mendatangkan keberuntungan.[2] Mempunyai arwana konon dapat memperlancar usaha, selain bisa awet menduduki jabatan yang empuk.[3]

Kelebihan Ikan Arwana

  • Postur tubuh dan keindahan warna arwana dikatakan memesona, dengan gerakan gemulai saat berada di air. Menikmati gemulai gerakan arwana diklaim dapat memberikan efek relaksasi dan ketenangan secara tidak langsung.
  • Keberadaan ikan arwana dan akuarium di dalam rumah biasanya akan menambah keindahan dan keasrian hunian serta memberikan kemewahan tersendiri bagi para penghuni rumah.
  • Seperti disinggung di atas, sebagian ada yang percaya bahwa arwana membawa keberuntungan.
  • Arwana adalah jenis ikan hias yang dapat membawa prestise bagi pemiliknya karena harganya tergolong mahal.
  • Harga jual ikan arwana cenderung stabil, bahkan bisa meningkat, sehingga dapat menjadi sarana investasi.

Di Indonesia, sudah ada banyak jenis arwana yang beredar, dan salah satu yang cukup populer adalah arwana red super. Seperti namanya, jenis ini punya warna dominan merah, seperti chili red dan blood red. Jenis lainnya adalah arwana red tail golden yang berasal dari Riau, terdiri dari beberapa warna dasar seperti blue base, green base, dan gold base. Ada juga arwana red Banjar, yang berasal dari Sungai Kapuas dan Barito di Kalimantan, dengan bentuk kepala membulat dan warna sirip oranye pucat serta ekor berwarna kuning atau oranye.

Ciri dan Cara Arwana Golden Pino

Varian lain yang tidak kalah populer adalah arwana golden pino atau lebih sering disebut arwana hijau. Bisa ditemukan di Thailand, Malaysia, Myanmar, Kamboja, dan juga di beberapa tempat di Indonesia, ikan ini umumnya berwarna kelabu kehijauan dengan pola garis-garis berwarna gelap pada ekor. Kepala dan mulutnya lebih besar dan lebih membulat dibandingkan dengan jenis arwana Asia lainnya. Golden pino memang tidak memiliki ring (pola di bagian pinggir sisik) , tetapi warna hijau cerah pada tubuhnya menampilkan keindahan tersendiri.

Untuk merawat arwana golden pino, secara umum seperti Anda memelihara arwana jenis lainnya. Pertama, Anda perlu menyiapkan aquarium, sebaiknya berukuran besar atau tiga kali ukuran ikan tersebut. Lengkapi akuarium tersebut dengan , aerator, lampu TL, dan heather. Perhatikan pula suhu air agar tetap berada di kisaran 26 sampai 30 derajat Celcius agar dapat menjaga arwana, serta pH antara 5 sampai 8.

Ikan arwana golden pino (sumber: bukalapak)
Ikan arwana golden pino (sumber: bukalapak)

Menurut sejumlah penggemar ikan hias, pemilik arwana juga harus rutin mengganti air di dalam aquarium. Disarankan pemilik mengganti air akuarium setidaknya seminggu sekali. Apabila mau dikuras, cukup setengahnya saja yang dibuang. Batas ketinggian air di dalam aquarium yang harus diganti dan tidak boleh dilewatkan.

Seperti lainnya, pakan menjadi faktor utama agar ikan arwana Anda dapat tumbuh dengan baik dan memiliki warna sisik yang menarik. Pemilik bisa memberikan kelabang, udang, atau kodok apabila ingin mendapatkan warna sisik arwana yang cantik. Sementara itu, pakan jangkrik disarankan untuk ikan dengan panjang tubuh kurang dari 20 cm karena dapat memengaruhi warna dan membuatnya cepat besar. Porsi makanan dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh arwana.

Nah, apabila Anda tertarik memelihara ikan arwana, khususnya jenis golden pino, tidak sulit mendapatkan varian tersebut. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di banyak toko ikan atau bahkan memesan lewat sejumlah platform jual beli online. Sebagai referensi, berikut kisaran harga ikan arwana golden pino di pasaran saat ini.

Harga Arwana Golden Pino

Ukuran Arwana Golden Pino Harga
Arwana Golden Pino 7 – 8 cm Rp349.999 per ekor
Arwana Golden Pino 9 – 10 cm Rp359.999 – Rp400.000 per ekor
Arwana Golden Pino 12 – 13 cm Rp450.000 per ekor
Arwana Golden Pino 14 – 15 cm Rp480.000 per ekor
Arwana Golden Pino 16 cm Rp630.810 per ekor
Arwana Golden Pino 25 cm Rp1.920.000 per ekor
Arwana Golden Pino 55 cm Full Set Rp3.000.000 per ekor

Daftar harga ikan arwana golden pino di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk sejumlah situs e-commerce dalam negeri. Perlu Anda catat bahwa harga arwana golden pino tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harganya bisa saja berbeda di masing-masing pedagang, ada yang lebih murah dan ada yang lebih mahal.

[1] Susanto, Heru. 2001. Arwana. Jakarta: Penebar Swadaya, hlm. 6.

[2] Yamazaki, Y. 1996. Scleropages formosus in rain forest. Tokyo: Narumi Co. Ltd.

[3] Susanto, Heru. Op cit, hlm. 10.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *