Info Harga Anthurium Sirih di Pasaran

Anthurium merupakan salah satu tanaman hias tropis yang termasuk dalam keluarga talas-talasan dan memiliki ribuan jenis.[1] Salah satu yang terbilang cukup populer di kalangan pencinta tanaman hias air adalah anthurium sirih. Meskipun harga anthurium sirih tidak murah, banyak yang ingin menanamnya di rumah.

Karakteristik Anthurium Sirih

Anthurium sirih (sumber: lazada)
Anthurium sirih (sumber: lazada)

Lebih dikenal dengan nama anthurium radicans, anthurium sirih termasuk jenis tanaman hias berdaun dengan harga premium. Secara morfologi, tanaman hias tersebut mampu tumbuh setinggi 30 cm dengan daun berjumlah tujuh hingga sepuluh. Untuk warna daunnya cenderung hijau tua dengan tulang daun berukuran besar.

Bacaan Lainnya

Namun, ada juga anthurium sirih yang mampu tumbuh lebih dari 40 cm di alam liar. Biasanya, untuk anthurium liar memiliki daun berwarna hijau lumut dengan urat daun yang terlihat jelas. Sementara itu, bentuk tulang daunnya sama dengan daun sirih, yakni melengkung. Sekilas, itu juga mirip dengan bentuk hati dengan ujung yang runcing.

Baca juga  Info Aturan Minum dan Update Harga Asifit Tablet di Apotek untuk Melancarkan ASI

Sementara itu, ciri khas anthurium sirih adalah batangnya yang berwarna merah dengan daun tunas kemerahan. Daun akan berubah warna menjadi hijau saat dewasa. Keunikannya itulah yang membuat orang rela menggelontorkan uang lebih untuk mendapatkan anthurium sirih. Selain itu, terdapat guratan yang cukup menarik pada daunnya, sehingga terlihat elok.

Dengan bentuknya, banyak yang bingung membedakan anthurium sirih dan daun sirih asli. Anda bisa memperhatikan struktur tanamannya. Anthurium memiliki struktur menyerupai pohon talas, sedangkan sirih mempunyai struktur tanaman merambat. Setiap daun anthurium sirih mempunyai batang besar yang menyatu dengan pangkal dan akar. Sementara daun sirih, hanya mempunyai batang berukuran kecil dan menempel pada batang utama dan akar.

Perbedaan yang paling mencolok dari anthurium sirih dan daun sirih adalah ukuran daunnya. Anthurium sirih mempunyai daun yang sangat lebar dan besar dengan ukuran sekitar 25 cm hingga 30 cm. Sementara daun sirih hanya mempunyai ukuran sekitar 7-10 cm, untuk ukuran paling besar.

Bagi Anda yang sudah mampu membedakan anthurium sirih dan tanaman sirih, pastikan Anda membeli anthurium sirih yang asli. Sebelumnya, Anda juga harus tahu bagaimana cara merawatnya. Meskipun termasuk tanaman talas-talasan dengan hidup tinggi, Anda tidak bisa sembarangan merawatnya, karena bisa berisiko busuk akar dan terkena hama.

Baca juga  Kandungan dan Update Harga Kol/Kubis Ungu (250 gr, 500 gr, 1 kg)

Cara Merawat Anthurium Sirih

  • Pilihlah lokasi yang bebas polutan dan terkena sinar matahari cukup. Meletakkan anthurium sirih pada ruang bisa menyebabkan busuk akar. Namun, meletakkannya di tempat yang terlalu terik atau panas bisa membuat daunnya layu dan berwarna kusam atau kekuningan.
  • Sesuaikan media pemeliharaan dengan ukuran anthurium sirih. Pot yang terlalu kecil akan membuat struktur tanaman menjadi rusak dan tidak bisa tumbuh dengan baik. Pilihlah pot berukuran besar, karena anthurium sirih bisa tumbuh hingga 30 cm.
  • Media tanam harus diisi dengan yang sudah dicampur pupuk kandang. Hindari pupuk buatan atau kimia, karena bisa merusak tanah dan membuat tanaman ketergantungan.
  • Siram tanaman secara rutin jika tanahnya lembap. Hindari menyiram secara berlebihan atau setiap hari, karena bisa menyebabkan busuk akar dan batang. Sebagai saran, siramlah tanaman menggunakan spray supaya mudah mengatur kelembapan tanah.
  • Berikan pupuk lanjutan dan tambah pada media tanam setiap dua minggu sekali. Lakukan ini sambil membersihkan hama dan gulma tanaman. Anda boleh menggunakan pestisida dengan dosis rendah jika diperlukan.
  • Potong daun anthurium yang sudah tua dan mulai berwarna kuning. Ini sangat penting untuk meningkatkan regenerasi tanaman sekaligus mencegah penyakit.
  • Supaya tampilan tanaman indah, lakukan pembersihan pada daunnya setiap hari. Gunakan lap kain yang lembut dan lap bagian atas daunnya secara perlahan. Anda juga boleh mengoleskan pengilap daun, khusus untuk tanaman hias.
Baca juga  Info Harga Ayam Ringneck Hijau (Anakan & Dewasa)
Anthurium sirih (sumber: tokopedia)
Anthurium sirih (sumber: tokopedia)

Lakukan cara di atas untuk menjaga keindahan dan kesehatan anthurium sirih. Sementara itu, berikut harga anthurium sirih di pasaran.

Harga Anthurium Sirih

Varian Anthurium Sirih Harga (Rp)
Anthurium Sirih Radicans x Dressleri 140.000 per polybag
Anthurium Sirih Bibit Radicans x Luxurians 150.000 per pot
Anthurium Sirih Bibit Daun Besar Jumbo 185.000 per pot
Anthurium Sirih Biangan 550.000 per pot
Anthurium Sirih Radicans Indukan Jumbo 9.800.000 per pohon

Harga anthurium sirih di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs online di tahun 2022. Tentunya, harga anthurium sirih tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Sulyo, Yoyo. 2008. Budidaya Anthurium. Cianjur: Balai Penelitian Tanaman Hias Segunung Sinar Tani, Ed. 14-20.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.