Update Harga Bibit Pepaya California Siap Tanam

Siapa yang tidak kenal dengan pepaya? Telah menyebar luas di banyak negara, termasuk Indonesia, pepaya adalah buah yang sangat populer, terutama dikenal memiliki manfaat untuk menyehatkan saluran pencernaan. Hadir dalam banyak varian, pepaya California konon menjadi salah satu varietas yang unggul. Walau demikian, harganya ternyata relatif terjangkau, baik yang sudah matang maupun masih dalam bentuk bibit.

Pepaya california (sumber: blibli.com)
Pepaya california (sumber: blibli.com)

Merupakan salah satu komoditas buah tropis utama yang dapat ditemui di Indonesia, pepaya merupakan buah serbaguna yang buahnya dapat dimanfaatkan sebagai ‘buah meja’ yang bermutu dan bergizi tinggi.[1] Buah ini sering dikonsumsi masyarakat karena dalam 100 gram pepaya matang, mengandung vitamin A (sekitar 1.094 hingga 18.250 SI), vitamin C (62 sampai 72 mg), dan 1,8 gram serat. Selain itu, pepaya juga cepat bereproduksi, mampu berbuah sepanjang tahun, dan tidak memerlukan lahan penanaman yang luas.[2]

Bacaan Lainnya

Keunggulan Pepaya California

Nah, dari sekian banyak varietas, salah satu yang sekarang digemari adalah pepaya California. Dikutip dari keterangan resmi Dinas Pertanian dan Pangan Pemerintah Kabupaten Badung, pepaya California adalah jenis pepaya unggulan dengan umur genjah. Karena merupakan jenis genjah, varian ini bisa dipanen dalam waktu singkat, ketika baru berumur 7 bulan. Selain itu, produktivitasnya pun tergolong tinggi, bisa dipanen hingga empat kali setiap bulan.

Mungkin, banyak yang beranggapan bahwa pepaya California adalah buah yang berasal Amerika Serikat. Padahal sebenarnya, pepaya California adalah buah hasil rekayasa atau pemuliaan Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati, seorang ilmuwan dari Pusat Kajian Buah Tropika, Institut Pertanian Bogor (). Varian ini mulanya diberi nama pepaya calina. Namun, saat dilepas ke pasaran, para pedagang lebih sering menyebutnya sebagai pepaya California.

Ada banyak keunggulan yang ditawarkan pepaya California. Buah ini disebutkan memiliki buah yang tidak terlalu besar (berukuran sekitar 0,8 hingga 2 kg per buah), berkulit tebal, halus dan mengilat, berbentuk lonjong, berwarna kuning ketika matang, rasa yang manis, serta buah yang kenyal.[3] Dengan berbagai kelebihannya tersebut, pepaya California menjanjikan dijadikan buah ekspor.

Karena cukup laris di pasaran, jika Anda kebetulan memiliki pekarangan atau lahan di rumah, tidak ada salahnya untuk membudidayakan buah tersebut. Cara menanam dan merawat pepaya California sendiri tidak sulit, yang penting Anda telaten. Namun, sebelum Anda mulai membudidayakan buah tersebut, Anda perlu membeli bibitnya terlebih dahulu. Berikut kami sajikan informasi kisaran harga bibit pepaya California di pasaran dalam negeri.

Bibit pepaya california (sumber: medium.com)
Bibit pepaya california (sumber: medium.com)

Harga Bibit Pepaya California

Kemasan Bibit Pepaya California Harga
Botani Calina Bibit Pepaya California Isi 10 Rp10.000
IPB Bibit Pepaya California Isi 30 Rp12.500
Putri Bogor Bibit Pepaya California 1 gr Rp22.000
Sun-Grad’s Bibit Pepaya California 1 gr Rp25.000
Benih Inti Bibit Pepaya California 1 gr Rp25.700
Benih Cap Rajawali Bibit Pepaya California 20 gr Rp26.500
Permata Baru Bibit Pepaya California Dallas 1 gr Rp27.999
Raja Seed Bibit Pepaya California 1 gr Rp29.900
Kanistha Seed Bibit Pepaya California 1 gr Rp35.000
Trias Agro Bibit Pepaya California 1 gr Rp43.000
Golden Phoenix Bibit Pepaya California 1 gr Rp46.000
Agro Tunas Pepaya Bibit Pepaya California Isi 250 Rp70.475
Bibit Pepaya California Cap Panah Merah Isi 60 Rp75.800
IPB Bibit Pepaya California Isi 150 Rp97.500
Agro Kates Mandiri Bibit Pepaya California 10 gr Rp130.000
Sun-Grad’s Bibit Pepaya California 10 gr Rp130.000
Botani Seed Bibit Pepaya California 100 gr Rp960.000
Bibit Pepaya California 1 kg Rp6.999.000

Harga bibit pepaya California di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk pertanian dan sejumlah situs beli online. Perlu diketahui bahwa harga bibit pepaya California tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, tahun lalu Agro Kates Mandiri Bibit Pepaya California 10 gr dijual Rp188 ribuan, sedangkan harga IPB Bibit Pepaya California Isi 30 berkisar Rp19 ribuan.

Setelah memiliki bibit pepaya California, lalu bagaimana cara membudidayakan tanaman ini? Caranya sebenarnya tidak susah, bahkan sejumlah situs Dinas Pertanian di berbagai daerah juga sudah memberikan tips dan metode penanaman yang baik. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan jika ingin membudidayakan pepaya California.

Pepaya California yang Sudah Matang - (www.demfarm.id)
Pepaya California yang Sudah Matang – (www.demfarm.id)

Cara Budidaya Pepaya California

  • Tanaman pepaya diperbanyak secara generatif menggunakan biji yang dapat diusahakan sendiri dengan mengambil biji dari buah yang masak pohon dan sehat. Caranya dengan memotong 1/3 bagian buah pangkal dan mengambil biji dari 2/3 buah di bagian ujung untuk dijadikan benih.
  • Setelah itu, siapkan lahan untuk menanam bibit. Terlebih dahulu, lahan dibersihkan dari gulma dan sisa-sisa tanaman lain. Lakukan pengolahan tanah dengan mencangkul dan meratakan tanah, kemudian dicampur dengan abu bekas bakaran kayu sawmill. Selanjutnya, buat lubang tanam dengan tanah bagian atas diletakkan di sisi kanan dan tanah bagian bawah pada sisi kiri. Pada saat penanaman, timbunan tanah bagian bawah digunakan untuk menimbun terlebih dahulu, diikuti dengan timbunan tanah bagian atas. Lubang tanam dibiarkan dan diangin-anginkan selama ± 1 – 2 minggu untuk mengurangi keasaman dan kandungan air. Lubang tanam dapat dibuat dengan ukuran 60 x 60 x 50 cm, jarak lubang disesuaikan dengan jarak tanam 2,5 x 2,5 m atau 2,5 x 2,75 m.
  • Bedengan atau galangan dibuat dengan panjang disesuaikan kondisi lahan, lebar sekitar 1 hingga 1,5 m, tinggi pada tahun pertama 30 sampai 40 cm, dan jarak antar bedeng 1 m dengan arah bedengan disesuaikan dengan arah aliran air. Di tengah bedengan, dibuat lubang tanam yang ukurannya disesuaikan dengan ukuran bibit dengan jarak antar lubang 2,5 hingga 2,75 m dalam barisan.
  • Penanaman pepaya California dilakukan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan benih yang langsung ditanam dan dengan menggunakan bibit. Jika menggunakan benih langsung ditanam, sebanyak 2 sampai 3 biji per lubang tanam. Apabila penanaman menggunakan bibit, maka dilakukan dengan memindahkan bibit dari polybag yang telah berumur antara 1 hingga 1,5 bulan ke lubang tanam yang telah disiapkan sebelumnya. Penanaman sebaiknya dilakukan pada sore hari. Untuk penanaman di beberapa lubang tanam, dianjurkan ditanami 2 bibit sekaligus untuk cadangan sulam apabila bibit mati atau untuk mengganti bibit yang menyimpang sifatnya.
  • Pupuk dasar yang digunakan adalah abu bekas bakaran kayu sawmill sebanyak 20 kg per lubang tanam. Tanah diaduk dengan abu secara merata. Pupuk dasar ini diberikan 3 atau 4 hari sebelum tanam. Pupuk susulan yang diberikan dapat berupa pupuk NPK 15-15-15 sebanyak 100 kg/ha untuk satu musim tanam. Sementara, penambahan abu setiap 3 bulan sekali masing-masing sebanyak 20 kg per tanaman.
  • Penyiangan meliputi penyiangan gulma, dilakukan sebelum pemberian pupuk susulan (pupuk organik) atau sesuai dengan kondisi gulma. Penyiangan dilakukan secara manual dengan menggunakan Pembumbunan dilakukan bersamaan dengan penyiangan, untuk mengubur batang yang telah tinggi agar tidak mudah rebah serta merangsang pertumbuhan akar baru. Sementara, penyulaman dilakukan setelah tanaman berumur 1 bulan dengan menggunakan benih dengan umur yang sama.

Tanaman pepaya California dapat dipanen pertama setelah berumur antara 8 atau 9 bulan. Pepaya dipanen pada waktu buah telah memberikan tanda-tanda kematangan, yaitu terdapat semburat warna kuning kemerahan 25% pada kulit buah bagian ujung. Untuk jarak angkut jauh, buah pepaya dipetik setelah semburat warna hijau kekuningan kurang dari 25% pada kulit buah bagian ujung.

Informasi tambahan, panen buah sebaiknya dilakukan dengan cara memotong tangkai buah menggunakan pisau tajam atau gunting pangkas, hindari buah luka dan bonyok, usahakan buah tersebut tidak sampai jatuh. Jika pohon mulai meninggi, pemetikan buah dilakukan dengan bantuan tangga.

(Panca)

[1] Direktorat Jenderal Hortikultura. 2011. Teknologi Pasca Panen. Jakarta.

[2] Usmayani, Siti N., dkk. 2015. Penggunaan Kalium Permanganat (KMnO4) pada Penyimpanan Buah Pepaya California (Carica papaya L.). Pro (Jurnal Ilmu dan Teknologi Pangan), Vol. 1(2): 48-55.

[3] Ibid.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *