Update Harga Jagung Popcorn di Indomaret dan Alfamart

No comment12098 views

Siapa yang tidak mengenal popcorn? Ini adalah salah satu camilan renyah yang cocok dijadikan teman menonton film di bioskop, bersantai bersama teman, atau menyendiri di waktu senggang. Popcorn sendiri terbuat dari bahan utama . Nah, untuk mendapatkan camilan ini, Anda bisa membelinya di minimarket seperti Indomaret dan Alfamart dengan harga lumayan terjangkau.

Dikutip dari Detik Food, popcorn juga sering disebut sebagai berondong jagung. Ini adalah makanan ringan yang terbuat dari biji jagung kering yang dipipil dan dipanaskan. Proses pemanasan yang sederhana akan membuat biji jagung mengembang, yang ditandai dengan suara ledakan kecil. Camilan ini biasanya menjadi teman yang asyik untuk menonton film di bioskop.

Ilustrasi: mengonsumsi popcorn

Ilustrasi: mengonsumsi popcorn

Makanan ini dikatakan pertama kali ditemukan di Amerika Selatan dengan sejarah panjang produksi makanan berbasis jagung di Amerika Tengah. Perdagangan membawa biji-biji jagung tersebut menuju utara, lebih tepatnya Amerika Utara. Andrew Smith selaku penulis Popped Culture menyatakan, para penangkap ikan paus dari Amerika Utara menemukan popcorn di Chili di awal abad ke-19. 

Mereka membawanya ke wilayah Amerika Serikat dan tren secara tidak langsung ini memberikan tempat istimewa pada popcorn sebagai sebuah camilan. Popcorn dapat diakses di berbagai tempat, sebut saja di lokasi sirkus, festival, dan tempat hiburan lainnya di Amerika Serikat.

Manfaat Popcorn

Diklaim telah ditemukan sejak ribuan tahun lalu, popcorn dikatakan sebagai salah satu makanan yang tinggi , yang dapat mempertahankan rasa kenyang dan menstabilkan kadar gula darah. Selain itu, camilan ini juga dianggap rendah kalori dan rendah kolesterol, sehingga baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program atau penurunan berat badan.

Manfaat popcorn tidak berhenti di situ. Makanan ringan berwarna ini dikatakan kaya akan antioksidan. Popcorn merupakan salah satu makanan sumber antioksidan. Makanan ini juga rendah kadar air dan memiliki kadar antioksidan yang lebih pekat dari buah dan sayuran. Meskipun begitu, sayuran dan buah-buahan lainnya yang kaya akan polifenol juga mengandung vitamin dan mineral yang bagus.

Dalam pertemuan American Chemical Society tahun 2012 lalu di San Diego, Prof. Joe Vinson dari University of Scranton mengungkapkan bahwa popcorn polos kaya akan polifenol. Polifenol merupakan zat antioksidan yang dapat membantu untuk mencegah kanker dan kerusakan sel akibat radikal bebas. Meski demikian, ia memperingatkan bahwa untuk mendapatkan polifenol yang cukup, masyarakat juga tidak boleh mengesampingkan sayuran dan buah.

Sementara itu, menurut Dr. David Katz, direktur Yale University Prevention Research Center, seperti dikutip dari Kompas, jagung utuh disebut kaya akan serat, rendah kalori, dan bergizi. Hal tersebut juga bisa Anda peroleh dari popcorn. Dua mangkuk popcorn tanpa rasa dikatakannya memiliki serat 2,3 gram dan kandungan 62 kalori.

Studi lain menemukan bahwa popcorn lebih memuaskan keinginan ngemil dibandingkan dengan keripik kentang. Ini mungkin karena bentuk popcorn yang tidak teratur dan memiliki volume yang memungkinkan udara masuk ke dalamnya. Menurut salah satu peneliti dan associate profesor ilmu gizi dari University of Rhode Island, Kathleen Melanson, popcorn perlu diacungi jempol, khususnya untuk menggantikan camilan asin yang kaya dan kalori sementara miskin gizi.

Meski demikian, untuk popcorn yang dipanaskan dengan microwave, para ahli justru menilainya sebagai camilan yang kurang menyehatkan. Pasalnya, ketika sekantong popcorn dipanaskan di microwave, jagung itu mengeluarkan partikel yang sangat halus, yang mungkin berisiko untuk kesehatan. Terpapar kimiawi kadar tinggi dari popcorn microwave ini diduga ada hubungannya dengan penyakit pada pekerja di pabrik popcorn, meski belum ditemukan kaitan definitif mengenainya.

Popcorn (sumber: foodnetwork.com)

Popcorn (sumber: foodnetwork.com)

Popcorn sendiri selama ini telah identik dengan camilan menonton film di bioskop. Dilansir dari Filmmakeriq.com, industri film beserta bioskop awalnya ingin memberikan kesan yang berkelas kepada para konsumen. Mereka lalu mengikuti konsep teater tradisional dengan lobi besar, perabotan elegan lampu gantung, dan tentu saja karpet . Pihak manajemen tidak menginginkan kotoran dan aroma yang ditimbulkan oleh popcorn yang merupakan makanan rakyat di bangunan mereka.

Namun, semuanya berubah pada tahun 1927. Menonton film menjadi aktivitas yang dapat dinikmati seluruh kalangan yang berjalan sejajar dengan krisis ekonomi yang dinamakan dengan Great Depression. Warga Negeri Paman Sam menginginkan hiburan murah yang dapat menjauhkan diri mereka dari kenyataan, dan bioskop memberikan kenyamanan tersebut melalui usaha mereka.

Popcorn lalu hadir menjadi makanan segala kalangan yang seringkali diselundupkan penonton. Mereka membeli camilan ini di pinggir jalan atau dekat bioskop dan membawanya ke dalam. Popcorn berhasil menyelundupkan dirinya menuju tempat mewah, lalu mengajaknya turun sejajar dengan seluruh masyarakat dalam penikmatan hiburan. Pada akhirnya, camilan tersebut melekat dan kemudian pihak layar lebar dan bioskop mulai menjual popcorn untuk menambahkan keuntungan mereka.

Selain di gerai bioskop, popcorn dapat Anda beli di berbagai tempat lainnya, misalnya mall, pasar, bahkan minimarket. Ada beragam merek popcorn yang telah beredar di pasaran, yang masing-masing menawarkan kelezatan dan kekhasan tersendiri. Nah, bagi Anda yang ingin berburu popcorn di Indomaret atau Alfamart, berikut kisaran harga camilan ini di kedua minimarket populer tersebut.

Harga Popcorn di Indomaret

Merk PopcornHarga
Indomaret Popcorn 75 grRp9.500
Oishi Snack Popcorn Caramel 100 grRp14.800
Oishi Snack Popcorn CaramCokelat 100 grRp14.800

Harga popcorn di atas telah kami rangkum dari situs resmi Indomaret. Harga popcorn ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, Indomaret Popcorn dijual dengan harga mulai Rp6.100 dan kini naik menjadi Rp9.500.

Harga Jagung Popcorn

Harga Jagung Popcorn

Harga Popcorn di Alfamart

Merk PopcornHarga
Alfamart Popcorn Karamel 75 grRp9.900
Alfamart Popcorn Bumbu Asin Mentega 158 grRp9.900
CEM-CEM Popcorn Caramel 75 grRp9.900
Yeye Popcorn Cokelat grRp13.900
Yeye Popcorn Pandan 150 grRp13.900
Yeye Popcorn Pedas 150 grRp13.900
Yeye Popcorn Roombuter 150 grRp13.900
Yeye Popcorn Strawberry 150 grRp13.900
Alfamart Popcorn Bumbu Karamel 145 grRp13.900
Oishi Popcorn Cokelat 100 grRp15.500
Oishi Popcorn Caramel 100 grRp15.500

Harga popcorn di Alfamart di atas telah kami rangkum dari situs resminya. Harga popcorn ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, harga popcorn ini juga cenderung mengalami sedikit kenaikan. Sebagai contoh, Yeye Popcorn 150 gr yang semula dijual dengan harga Rp10.500, sekarang menjadi Rp13.900.

[Almas]

Baca juga  Update Harga Berbagai Jenis Camilan Ringan (Snack) di Pasaran
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Jagung Popcorn di Indomaret dan Alfamart"