Update Kisaran Biaya Pasang Iklan di TV Nasional

1 comment70224 views

Televisi merupakan salah satu media elektronik yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Karena itu, TV menjadi media paling efektif untuk promosi dan memasang iklan bagi perusahaan atau produsen yang ingin memasarkan -produknya. Untuk pemasangan iklan di TV, harga salah satunya ditentukan dari jam tayang, dengan waktu premier akan memiliki harga yang lebih mahal.

harga, pasang, iklan, di, tv, televisi, channel, nasional, indonesia, 2018, biaya, tarif, 2017, per, detik, spot, lokal, termahal, radio, youtube, media, layar, berapa, terbaru, baru, sekarang, saat ini, net, antv

Ilustrasi promosi pemasangan iklan

Selain sebagai sarana hiburan, televisi juga memiliki fungsi lain sebagai media informasi dan media promosi (periklanan). TV dinilai menjadi salah satu media promosi yang paling efektif karena memiliki jangkauan yang luas, isi acara yang bervariasi, dan pemirsa atau penonton yang bervariasi sesuai dengan hobi, usia, minat, dan lain sebagainya.

Karena diklaim sebagai media yang paling efektif, maka tarif atau biaya memasang iklan di televisi memang tidak sedikit. Beberapa stasiun televisi tentunya memiliki beberapa kriteria tertentu untuk menentukan tarif pemasangan iklan. Beberapa hal yang memengaruhi besaran tarif iklan di televisi, di antaranya karakteristik stasiun televisi yang bersangkutan, rating program acara, penyiaran acara, jam penayangan, hingga peletakan iklan.

Semakin tinggi rating sebuah acara, maka semakin mahal pula biaya atau tarif yang dipatok untuk iklan TV. Selain itu, jenis acara yang disiarkan juga sangat memengaruhi besaran tarif iklan TV. Jika acara tersebut disiarkan secara langsung atau live, maka tarif iklan biasanya lebih mahal jika dibandingkan acara yang disiarkan secara tunda atau delay. Jam penayangan dengan trafik penonton yang tinggi juga akan membuat tarif pemasangan iklan di TV semakin mahal. Peletakan iklan di bagian awal, pertengahan, atau akhir sebuah acara pun sangat memengaruhi harga iklan di TV.

Harga Pasang Iklan TV

Stasiun TVKisaran Biaya per 30 Detik
DaytimePrime Time
INDOSIARRp45 jutaRp100 juta
SCTVRp45 jutaRp110 juta
RCTIRp20 juta – Rp45 jutaRp100 juta
ANTVRp20 juta – Rp50 jutaRp65 juta
GTVRp20 juta – Rp40 jutaRp65 juta
METRO TVRp16 juta – Rp32 jutaRp65 juta
MNCTVRp25 juta – Rp55 jutaRp75 juta
NET TVRp15 jutaRp25 juta – Rp50 juta
TRANS 7Rp20 juta – Rp30 jutaRp50 juta
TRANS TVRp20 juta – Rp30 jutaRp50 juta
TV ONERp14 juta – Rp22 jutaRp50 juta

Harga pasang iklan TV di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Perlu dicatat bahwa harga pasang iklan TV tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan masing-masing stasiun TV. Harga pasang iklan TV di INDOSIAR saat prime time misalnya, sebelumnya Rp85 juta, sekarang naik menjadi Rp100 juta per 30 detik.

Ilustrasi: tayangan televisi

Ilustrasi: tayangan televisi

Di dalam sebuah acara televisi, biasanya kerap diselingi dengan jeda yang diisi iklan. Misalnya terdapat jeda 15 menit, maka dalam 15 menit dapat diisi puluhan iklan, tergantung durasi pada masing-masing iklan. Jika diambil rata-rata durasi iklan yang ditayangkan adalah 3 menit, maka akan ada 5 iklan dalam waktu jeda selama lima belas menit tersebut. Di antara kleima iklan ini, akan terdapat susunan mana yang akan tayang pada tiga menit pertama, tiga menit kedua, dan selanjutnya hingga tiga menit yang ke lima. Posisi tiga menit pertama ini merupakan posisi yang strategis karena umumnya jika sudah memasuki jeda iklan, maka pemirsa akan memindah kanal televisi.

Apabila dilihat dari jenis acara, iklan TV umumnya akan menyesuaikan dengan acara yang sedang ditayangkan. Contohnya acara dengan target pemirsa adalah orang dewasa dan anak muda atau pemirsa yang memiliki hobi bola. Perusahaan atau instansi yang berniat memasang iklan di televisi atau produk yang akan dipromosikan di TV biasanya tidak jauh dari beberapa produk yang ada kaitannya dengan olahraga atau golongan pemirsa, misalkan iklan produk sepatu, minuman penambah stamina, atau produk yang menjadi sponsor dalam acara sepak bola tersebut.

Selain iklan jeda yang kita tahu, juga terdapat bentuk iklan yang lain, salah satunya spinning icon. Ini adalah jenis iklan yang berbentuk logo produk yang kerap berputar di pojok atas televisi atau layar terbagi menjadi dua, kemudian muncul sebuah iklan. Kemudian, ada pula host tag, yakni iklan yang berbentuk logo produk sponsor yang muncul di keterangan nama host atau pembawa acara.

Biaya Pasang Iklan di TV Nasional - ekonomi.bisnis.com

Biaya Pasang Iklan di TV Nasional - ekonomi..com

Jika ditinjau dari produk iklan apa saja yang paling sering muncul di layar televisi, umumnya adalah kategori makanan dan minuman, serta perawatan dan kecantikan atau peralatan kosmetik yang terdiri dari berbagai merek. Selain itu, perusahaan industri rokok juga kerap kali tayang di televisi, yang biasanya muncul pada saat malam hari saja.

(Panca)

Baca juga  Info Terbaru Tarif Cargo Sriwijaya Air ke Berbagai Kota
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.
  1. author

    REDI KUNCORO3 tahun ago

    TV ONE inspirasi saya

    Reply

Leave a reply "Update Kisaran Biaya Pasang Iklan di TV Nasional"