Televisi merupakan salah satu media elektronik yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Karena itu, TV menjadi media paling efektif untuk promosi dan memasang iklan bagi perusahaan atau produsen yang ingin memasarkan produk-produknya.
Televisi selain sebagai sarana hiburan juga memiliki fungsi lain sebagai sarana informasi dan media promosi (periklanan). TV dirasa menjadi salah satu media promosi yang paling efektif karena memiliki jangkauan yang luas, isi acara yang bervariasi dan pemirsanya yang bervariasi sesuai dengan hobi, usia, minat, dan lain sebagainya.
Karena adanya anggapan sebagai media yang paling efektif, maka tarif atau biaya memasang iklan di televisi memang tidak sedikit. Beberapa stasiun televisi juga tentunya memiliki beberapa kriteria tertentu untuk menentukan tarif pemasangan iklan. Beberapa hal yang memengaruhi besaran tarif iklan di televisi, di antaranya karakteristik stasiun televisi yang bersangkutan, rating program acara, jenis penyiaran acara, jam penayangan, hingga peletakan iklan.
Semakin tinggi rating sebuah acara, maka semakin mahal pula biaya atau tarif yang dipatok untuk iklan TV. Selain itu, jenis acara yang disiarkan juga sangat memengaruhi besaran tarif iklan TV. Jika acara tersebut disiarkan secara langsung atau live, maka tarif iklan biasanya lebih mahal jika dibandingkan acara yang disiarkan secara tunda atau delay.
Disamping itu, jam penayangan dengan trafik penonton yang tinggi juga akan membuat tarif pemasangan iklan di TV semakin mahal. Peletakan iklan di bagian awal, pertengahan, atau akhir sebuah acara juga sangat memengaruhi harga iklan di TV.
Sebagai contoh, televisi nasional TRANS TV menetapkan tarif iklan yang dipasang di acara-acara prime time (jam utama di atas pukul 17.00 WIB) berkisar di antara Rp30 juta hingga Rp45 juta per 30 detik. Tarif pasang iklan di televisi tahun ini tidak terpaut terlalu jauh dari tahun lalu. Berikut kisaran biaya atau harga pasang iklan di beberapa televisi nasional.
Stasiun TV | Biaya per 30 detik (Rp) | ||||
04.00-09.00 | 09.00-15.00 | 15.00-18.00 | 18.00-24.00 | 00.00-04.00 | |
ANTV | 8 juta - 30 juta | 20 juta - 40 juta | 30 juta - 50 juta | 50 juta - 65 juta | 10 juta - 30 juta |
GLOBAL TV | 20 juta | 20 juta | 20 juta - 30 juta | 30 juta - 65 juta | 20 juta - 40 juta |
INDOSIAR | 6 juta - 20 juta | 20 juta - 25 juta | 20 juta - 60 juta | 25 juta - 85 juta | 6 juta - 25 juta |
KOMPAS | 6 juta - 12 juta | 6 juta - 14 juta | 6 juta - 14 juta | 16 juta | 12 juta - 16 juta |
METRO TV | 10 juta - 24 juta | 16 juta - 24 juta | 24 juta - 32 juta | 24 juta - 65 juta | 10 juta - 24 juta |
MNCTV | 8 juta - 35 juta | 25 juta - 50 juta | 30 juta - 55 juta | 10 juta - 75 juta | 5 juta - 10 juta |
NET TV | 8 juta - 15 juta | 15 juta | 15 juta - 25 juta | 20 juta - 25 juta | 8 juta - 15 juta |
RCTI | 20 juta - 45 juta | 30 juta - 45 juta | 35 juta - 65 juta | 45 juta - 65 juta | 8 juta - 60 juta |
SCTV | 12 juta - 35 juta | 35 juta - 55 juta | 35 juta - 65 juta | 35 juta - 65 juta | 12 juta - 35 juta |
TRANS 7 | 10 juta - 25 juta | 20 juta - 25 juta | 20 juta - 25 juta | 20 juta - 40 juta | 10 juta - 20 juta |
TRANS TV | 15 juta - 30 juta | 20 juta - 30 juta | 20 juta - 30 juta | 30 juta - 45 juta | 18 juta |
TV ONE | 5 juta - 20 juta | 14 juta - 22 juta | 14 juta - 42 juta | 22 juta - 50 juta | 5 juta - 12 juta |
Di dalam sebuah acara televisi, biasanya kerap diselingi dengan jeda yang diisi iklan. Misalnya terdapat jeda 15 menit, maka dalam 15 menit dapat diisi puluhan iklan tergantung durasi pada masing-masing iklan. Jika diambil rata-rata durasi iklan yang ditayangkan adalah 3 menit. Maka akan ada 5 iklan dalam waktu jeda selama lima belas menit tersebut. Di antara ke lima iklan ini akan terdapat susunan mana yang akan tayang pada tiga menit pertama, tiga menit kedua, dan selanjutnya hingga tiga menit yang ke lima.
Posisi tiga menit pertama ini merupakan posisi yang strategis karena umumnya jika sudah memasuki jeda iklan, maka pemirsa akan memindah kanal televisi. Dari sisi jenis acara, contohnya acara sepak bola yang mana target pemirsanya adalah orang dewasa dan anak muda atau pemirsa yang memiliki hobi bola. Maka orang yang berniat memasang iklan di televisi atau produk yang akan dipromosikan di tv pada acara sepak bola tersebut biasanya tidak jauh dari beberapa produk yang ada kaitannya dengan acara tersebut dan golongan pemirsanya. Misalkan iklan produk sepatu, minuman penambah stamina, atau produk yang menjadi sponsor dalam acara sepak bola tersebut.
Selain iklan jeda yang kita tahu, juga terdapat bentuk iklan yang lain yakni:
Spinning Icon
Jenis iklan yang berbentuk logo produk yang kerap berputar di pojok atas televisi atau layar terbagi menjadi dua, kemudian muncul sebuah iklan.
Host tag
Iklan yang berbentuk logo produk sponsor yang muncul di keterangan nama host atau pembawa acara. Juga berbagai jenis dan bentuk yang lainnya.
Apabila ditinjau dari produk iklan apa saja yang paling sering muncul di layar televisi adalah kategori makanan dan minuman, perawatan dan kecantikan atau peralatan kosmetik yang terdiri dari berbagai merek. Juga perusahaan industri rokok yang kerap kali muncul pada saat malam hari saja.
Perlu diketahui bahwa harga pasang iklan di televisi bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Apabila Anda tertarik untuk mengiklankan bisnis atau usaha Anda di TV, sebaiknya hubungi langsung pihak marketing dari stasiun TV yang Anda kehendaki atau agen-agen periklanan tertentu agar Anda bisa memperoleh penawaran harga terbaik.
[Update: Dian]
REDI KUNCORO2 bulan ago
TV ONE inspirasi saya