Info Terkini Kisaran Biaya Pasang Iklan di TV Nasional

Televisi merupakan salah satu media elektronik yang paling banyak diminati oleh Indonesia. Karena itu, TV menjadi media paling efektif untuk promosi dan memasang iklan bagi perusahaan atau produsen yang ingin memasarkan produk atau jasa mereka. Untuk memasang  iklan di TV, harga salah satunya ditentukan dari jam tayang, dengan waktu premier biasanya akan memiliki harga yang lebih mahal.

harga, pasang, iklan, di, tv, televisi, channel, nasional, indonesia, 2018, biaya, tarif, 2017, per, detik, spot, lokal, termahal, radio, youtube, media, layar, berapa, terbaru, baru, sekarang, saat ini, net, antv
Ilustrasi promosi pemasangan iklan

Dari sekian banyak perangkat elektronik, televisi menjadi salah satu peralatan yang sudah dimiliki hampir seluruh masyarakat, tidak hanya di dunia, melainkan di Indonesia. Perangkat ini sering dimanfaatkan sebagai media hiburan. Menurut sebuah survei dari AC Nielsen, sekitar 61 sampai 91 persen Indonesia suka menonton televisi,[1] dengan 8 dari 10 orang dewasa di kota-kota besar menonton televisi setiap harinya.

Bacaan Lainnya

Selain sebagai hiburan, televisi juga memiliki fungsi lain sebagai media informasi dan media promosi (periklanan). TV dinilai menjadi salah satu media promosi yang paling efektif karena memiliki jangkauan yang luas, isi acara yang bervariasi, dan pemirsa atau penonton yang bervariasi sesuai dengan hobi, usia, minat, dan lain sebagainya.

Seperti yang kita ketahui, dalam berbisnis, media promosi memegang peranan penting dalam rangka menarik atensi atau luas. Media sendiri adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat sedemikian rupa.[2] Sementara itu, promosi adalah suatu komunikasi informasi yang bertujuan untuk mengubah sikap dan tingkah laku konsumen, yang sebelumnya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga mengingat produk tersebut.[3]

Tujuan yang ingin dicapai dengan melakukan promosi antara lain menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan (category need), memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen (brand awareness), mendorong pemilihan terhadap suatu produk (brand attitude), membujuk pelanggan untuk membeli suatu produk (brand purchase intention), mengimbangi kelemahan unsur bauran pemasaran lain (purchase information), dan menanamkan citra produk dan perusahaan (positioning)

Baca juga  Update Kisaran Biaya Instalasi Listrik Rumah (Material dan Non Material)

Karena diklaim sebagai media yang paling efektif, maka tarif atau biaya memasang iklan di televisi memang tidak sedikit. Beberapa stasiun televisi tentunya memiliki sejumlah kriteria tertentu untuk menentukan tarif pemasangan iklan. Beberapa hal yang memengaruhi besaran tarif iklan di televisi, di antaranya karakteristik stasiun televisi yang bersangkutan, rating program acara, jenis penyiaran acara, jam penayangan, hingga peletakan iklan.

Semakin tinggi rating sebuah acara, maka semakin mahal pula biaya atau tarif yang dipatok untuk iklan TV. Selain itu, jenis acara yang disiarkan juga sangat memengaruhi besaran tarif iklan TV. Jika acara tersebut disiarkan secara langsung atau live, maka tarif iklan biasanya lebih mahal jika dibandingkan acara yang disiarkan secara tunda atau delay. Jam penayangan dengan trafik penonton yang tinggi juga akan tarif pemasangan iklan di TV semakin mahal. Peletakan iklan di bagian awal, pertengahan, atau akhir sebuah acara pun sangat memengaruhi harga iklan di TV. Lalu, berapa harga pasang iklan di TV saat ini?

Ilustrasi: menonton televisi (sumber: vulcanpost.com)
Ilustrasi: menonton televisi (sumber: vulcanpost.com)

Harga Pasang Iklan TV

Stasiun TV Biaya per 30 Detik
Daytime Prime Time
INDOSIAR Rp45 juta Rp100 juta
SCTV Rp45 juta Rp110 juta
RCTI Rp20 juta – Rp45 juta Rp100 juta
ANTV Rp20 juta – Rp50 juta Rp65 juta
GTV Rp20 juta – Rp40 juta Rp65 juta
METRO TV Rp16 juta – Rp32 juta Rp65 juta
MNCTV Rp25 juta – Rp55 juta Rp75 juta
NET TV Rp15 juta Rp25 juta – Rp50 juta
TRANS 7 Rp20 juta – Rp30 juta Rp50 juta
TRANS TV Rp20 juta – Rp30 juta Rp50 juta
TV ONE Rp14 juta – Rp22 juta Rp50 juta
Baca juga  Update Tarif Parkir Inap di Bandara Halim Perdanakusuma (Mobil & Motor)

Harga pasang iklan TV di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Perlu dicatat bahwa harga pasang iklan TV tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan masing-masing stasiun TV. Harga pasang iklan TV di INDOSIAR saat prime time misalnya, sebelumnya Rp85 juta, sekarang naik menjadi Rp100 juta per 30 detik.

Ilustrasi: studio televisi (sumber: howstuffworks)
Ilustrasi: studio televisi (sumber: howstuffworks)

Harga Pasang Iklan TV Lewat Agency

Stasiun TV Harga Pasang Iklan
Surabaya TV Rp180.000 per spot
CNBC Indonesia Rp250.000 per spot
Sriwijaya TV Rp300.000 per spot
Bali TV Rp400.000 per spot
CNN Indonesia Rp900.000 per spot
MNC VN Rp1.500.000 per spot
Trans TV Rp2.500.000 per spot
Kompas TV Rp3.600.000 per spot
GTV Rp5.000.000 per spot
TV One Rp8.000.000 per spot
Metro TV Rp10.000.000 per spot
Indosiar Rp10.000.000 per spot
iNews Rp10.000.000 per spot
Kompas TV Rp12.000.000 per spot
RCTI Rp12.000.000 per spot
SCTV Rp12.000.000 per spot
MNC TV Rp15.000.000 per spot

Di dalam sebuah acara televisi, biasanya kerap diselingi dengan jeda yang diisi iklan. Misalnya terdapat jeda 15 menit, maka dalam 15 menit dapat diisi puluhan iklan, tergantung durasi pada masing-masing iklan. Jika diambil rata-rata durasi iklan yang ditayangkan adalah 3 menit, maka akan ada 5 iklan dalam waktu jeda selama lima belas menit tersebut. Di antara kelima iklan ini, akan terdapat susunan mana yang akan tayang pada tiga menit pertama, tiga menit kedua, dan selanjutnya hingga tiga menit yang ke lima. Posisi tiga menit pertama ini merupakan posisi yang strategis karena umumnya jika sudah memasuki jeda iklan, maka pemirsa akan memindah kanal televisi.

Baca juga  Syarat dan Update Biaya Membuat SIUP, NIB, IUMK

Apabila dilihat dari jenis acara, iklan TV umumnya akan menyesuaikan dengan acara yang sedang ditayangkan. Contohnya acara dengan target pemirsa adalah orang dewasa dan anak muda atau pemirsa yang memiliki hobi bola. Perusahaan atau instansi yang berniat memasang iklan di televisi atau produk yang akan dipromosikan di TV biasanya tidak jauh dari beberapa produk yang ada kaitannya dengan olahraga atau golongan pemirsa, misalkan iklan produk sepatu, minuman penambah stamina, atau produk yang menjadi sponsor dalam acara sepak bola tersebut.

Selain iklan jeda yang kita tahu, juga terdapat bentuk iklan yang lain, salah satunya spinning icon. Ini adalah jenis iklan yang berbentuk logo produk yang kerap berputar di pojok atas televisi atau layar terbagi menjadi dua, kemudian muncul sebuah iklan. Kemudian, ada pula host tag, yakni iklan yang berbentuk logo produk sponsor yang muncul di keterangan nama host atau pembawa acara.

Jika ditinjau dari produk iklan apa saja yang paling sering muncul di layar televisi, umumnya adalah kategori makanan dan minuman, serta perawatan dan kecantikan atau peralatan kosmetik yang terdiri dari berbagai merek. Selain itu, perusahaan industri rokok juga kerap kali tayang di televisi, yang biasanya muncul pada saat malam hari saja.

[1] Fardiah, Dedeh. 2004. Format Tayangan Televisi sebagai Media Pendidikan Kualitas Bangsa. Mimbar: Jurnal dan Pembangunan, Vol. 20(4): 525-539.

[2] Purnamawati dan Eldarni. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta: CV Rajawali, hlm. 4.

[3] Saladin, Djaslim dan Yevis Marty Oesman. 2002. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya, hlm. 123.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar