Info Terbaru Kisaran Biaya Pasang Rem ABS pada Mobil

Rem merupakan salah satu yang sangat penting yang harus ada (dan bekerja) di setiap bermotor, tidak terkecuali . Nah, untuk lebih meningkatkan keamanan selama perjalanan, saat ini sudah banyak pemilik yang memasang rem dengan ABS pada kendaraan mereka, meski harus mengeluarkan biaya yang terbilang cukup mahal.

Sistem rem anti-terkunci atau ABS (anti-lock braking system) merupakan sistem pengereman pada mobil (dan juga sepeda ) untuk menghentikan penguncian roda ketika terjadi pengereman secara mendadak atau keras. Sistem pengereman ABS ini sendiri diadopsi dari teknologi serupa yang banyak digunakan pada moda transportasi pesawat terbang.

Biaya, pemasangan, rem, ABS, sistem, pada, mobil, fitur, harga, informasi, jenis, merek, Blue Thunder, komponen, utama, anti-terkunci, kendaraan, roda, gaya, risiko, kecelakaan, anti-lock braking system, pengereman, bermotor, teknologi, transportasi, pesawat, sentrifugal, sensor, kecepatan, putaran,

pengereman sistem ABS untuk meminimalisir kecelakaan (sumber: caradvice.com)

Sistem pengereman ABS akan bekerja jika pada mobil atau sepeda motor terjadi pengereman secara keras sehingga sebagian atau semua roda berhenti, sedangkan kendaraan masih melaju. Seperti diketahui, ketika rem diinjak namun mobil masih melaju, bisa membuat kendaraan tidak terkendali sama sekali, seperti meliuk ke kanan atau ke kiri dan kendaraan masih tetap melaju walau roda sudah berhenti berputar. Hal ini tentu saja meningkatkan risiko kecelakaan, terutama ketika melewati jalanan yang licin dan kelokan.

Penyebab masih meluncurnya kendaraan meski rem telah diinjak bukan karena roda yang masih berputar, melainkan bisa diakibatkan gaya sentrifugal. Sekadar , semakin kencang pergerakan mobil, maka semakin besar pula potensi gaya sentrifugal yang diterima ketika dilakukan penghentian mendadak. Pada mobil tanpa fitur ABS pada rem, gaya sentrifugal yang besar bahkan mampu menyeret ban yang terkunci oleh rem.

Nah, untuk mengurangi gaya sentrifugal itu, maka diciptakan rem dengan sistem ABS. Namun, jauh sebelum sistem ini ditemukan, para pembalap sepeda motor sudah menerapkan prinsip kerja rem ABS secara manual. Para pembalap ini biasanya melakukan pengereman dari kecepatan tinggi dengan cara menekan pedal rem secara bertahap, dalam reflek tinggi dan bobot tekanan yang berbeda-beda.

Sistem rem ABS sendiri memiliki empat komponen utama yang saling terkait satu sama lain. Keempat komponen tersebut adalah sensor kecepatan yang berfungsi membaca kecepatan putaran roda, terdapat di setiap roda atau di diferensial (tergantung dari pabrik), katup pengereman yang dikendalikan oleh controller ABS, pompa untuk mengembalikan tekanan pada jalur pengereman yang dilepaskan katup ke rem, dan controller yang mengendalikan katup dan mengolah data dari sensor kecepatan.

Sistem pengereman ABS (dan juga EBD atau electronic brake force distribution) bisa dikatakan sebagai teknologi canggih yang menambah kenyamanan dan keamanan ketika berkendara, dan saat ini jamak berada di kendaraan produksi terbaru. Sistem rem canggih ini membantu agar kendaraan tidak melintir ketika pengemudi melakukan rem mendadak di situasi darurat.

Biaya, pemasangan, rem, ABS, sistem, pada, mobil, fitur, harga, informasi, jenis, merek, Blue Thunder, komponen, utama, anti-terkunci, kendaraan, roda, gaya, risiko, kecelakaan, anti-lock braking system, pengereman, bermotor, teknologi, transportasi, pesawat, sentrifugal, sensor, kecepatan, putaran,

Pemasangan komponen rem sistem ABS (sumber: autobuzzer.com)Pemasangan komponen rem sistem ABS (sumber: autobuzzer.com)

Harga Pasang Rem ABS Mobil

Untuk pemasangan sistem ABS pada rem mobil, memang diperlukan biaya yang tidak sedikit. Harga komponen ABS-nya saja untuk Blue Thunder, yang diklaim cocok untuk semua merk dan jenis kendaraan, baik sedan, Jeep, minibus, hingga motor ber-cc besar yang memakai sistem rem hydraulic, saat ini ditawarkan dengan harga Rp1.500.000 per set di kawasan Jakarta. Harga tersebut belum termasuk dengan biaya pemasangan.

Sekadar informasi, rem ABS biasanya mengalami permasalahan pada bagian sensor. Biaya penggantian sensor bisa mencapai Rp2,6 jutaan per sensor, tergantung mobil. Untuk mobil All New Honda Jazz RS harga sensor ABS bekas saja bisa dijual dengan harga sekitar Rp3,5 jutaan. Jadi, jika Anda ingin memasang rem ABS, memang harus menyiapkan anggaran yang lumayan besar. 

Yang perlu dicatat, perangkat ABS ternyata tidak disarankan untuk diaplikasikan sendiri atau di luar pemasangan resmi dari pabrikan. Pasalnya, pemasangan ABS memerlukan suatu program khusus karena terintegrasi juga dengan ECU pada kendaraan, sehingga tidak mungkin untuk diaplikasikan sendiri. Tidak hanya itu, ABS juga memiliki banyak komponen dan teknologi lain, sehingga memang tidak memungkinkan untuk dipasang sendiri.

(Panca)

Baca juga  Update Harga Power Monoblock untuk Audio Mobil (All Merek)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Kisaran Biaya Pasang Rem ABS pada Mobil"