Update Kisaran Biaya Pasang Iklan di TV Nasional

Televisi merupakan salah satu media elektronik yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Karena itu, TV menjadi media paling efektif untuk promosi dan memasang iklan bagi perusahaan atau produsen yang ingin memasarkan produk atau jasa mereka. Untuk memasang  iklan di TV, harga salah satunya ditentukan dari jam tayang, dengan waktu premier biasanya akan memiliki harga yang lebih mahal.

Ilustrasi promosi pemasangan iklan
Ilustrasi promosi pemasangan iklan

Dari sekian banyak perangkat elektronik, televisi menjadi salah satu peralatan yang sudah dimiliki hampir seluruh masyarakat, tidak hanya di dunia, melainkan di Indonesia. Perangkat ini sering dimanfaatkan sebagai media hiburan. Menurut sebuah survei dari AC Nielsen, sekitar 61 sampai 91 persen masyarakat Indonesia suka menonton televisi,[1] dengan 8 dari 10 orang dewasa di kota-kota besar menonton televisi setiap harinya.

Bacaan Lainnya

Selain sebagai sarana hiburan, televisi juga memiliki fungsi lain sebagai media informasi dan media promosi (periklanan). TV dinilai menjadi salah satu media promosi yang paling efektif karena memiliki jangkauan yang luas, isi acara yang bervariasi, dan pemirsa atau penonton yang bervariasi sesuai dengan hobi, usia, minat, dan lain sebagainya.

Seperti yang kita ketahui, dalam berbisnis, media promosi memegang peranan penting dalam rangka menarik atensi konsumen atau masyarakat luas. Media sendiri adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim kepada penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat sedemikian rupa.[2] Sementara itu, promosi adalah suatu komunikasi informasi yang bertujuan untuk mengubah sikap dan tingkah laku konsumen, yang sebelumnya tidak mengenal menjadi mengenal sehingga mengingat produk tersebut.[3]

Tujuan yang ingin dicapai dengan melakukan promosi antara lain menumbuhkan persepsi pelanggan terhadap suatu kebutuhan (category need), memperkenalkan dan memberikan pemahaman tentang suatu produk kepada konsumen (brand awareness), mendorong pemilihan terhadap suatu produk (brand attitude), membujuk pelanggan untuk membeli suatu produk (brand purchase intention), mengimbangi kelemahan unsur bauran pemasaran lain (purchase information), dan menanamkan citra produk dan perusahaan (positioning)

Karena diklaim sebagai media yang paling efektif, maka tarif atau biaya memasang iklan di televisi memang tidak sedikit. Beberapa stasiun televisi tentunya memiliki sejumlah kriteria tertentu untuk menentukan tarif pemasangan iklan. Beberapa hal yang memengaruhi besaran tarif iklan di televisi, di antaranya karakteristik stasiun televisi yang bersangkutan, rating program acara, penyiaran acara, jam penayangan, hingga peletakan iklan.

Semakin tinggi rating sebuah acara, maka semakin mahal pula biaya atau tarif yang dipatok untuk iklan TV. Selain itu, jenis acara yang disiarkan juga sangat memengaruhi besaran tarif iklan TV. Jika acara tersebut disiarkan secara langsung atau live, maka tarif iklan biasanya lebih mahal jika dibandingkan acara yang disiarkan secara tunda atau delay. Jam penayangan dengan trafik penonton yang tinggi juga akan tarif pemasangan iklan di TV semakin mahal. Peletakan iklan di bagian awal, pertengahan, atau akhir sebuah acara pun sangat memengaruhi harga iklan di TV. Lalu, berapa harga pasang iklan di TV saat ini?

Ilustrasi: studio televisi (sumber: howstuffworks)
Ilustrasi: studio televisi (sumber: howstuffworks)

Harga Pasang Iklan TV

Stasiun TVKisaran Biaya per 30 Detik
DaytimePrime Time
INDOSIARRp45 jutaRp100 juta
SCTVRp45 jutaRp110 juta
RCTIRp20 juta – Rp45 jutaRp100 juta
ANTVRp20 juta – Rp50 jutaRp65 juta
GTVRp20 juta – Rp40 jutaRp65 juta
METRO TVRp16 juta – Rp32 jutaRp65 juta
MNCTVRp25 juta – Rp55 jutaRp75 juta
NET TVRp15 jutaRp25 juta – Rp50 juta
TRANS 7Rp20 juta – Rp30 jutaRp50 juta
TRANS TVRp20 juta – Rp30 jutaRp50 juta
TV ONERp14 juta – Rp22 jutaRp50 juta

Harga pasang iklan TV di atas kami rangkum dari berbagai sumber. Perlu dicatat bahwa harga pasang iklan TV tersebut merupakan hitungan kasar, tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan masing-masing stasiun TV. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya saat ini relatif stabil.

Namun, apabila klien memasang iklan saat event atau acara tertentu, biasanya tarif iklan bisa naik berkali-kali lipat. Pada gelaran Piala Dunia 2022 lalu misalnya, dilansir dari Kontan, pihak Surya Citra Media Mutia Nandika selaku official partner menyebut, prospek pendapatan iklan selama Piala Dunia 2022 terlihat positif, yang terlihat dari anggapan brand maupun pengiklan.

Menonton Iklan TV - (www.qrcode-tiger.com)
Menonton Iklan TV – (www.qrcode-tiger.com)

Harga Pasang Iklan TV Lewat Agency

Stasiun TVHarga Pasang Iklan
MNC VNRp1.500.000 per spot
Kompas TVRp3.600.000 per spot
TV OneRp8.000.000 per spot
Metro TVRp10.000.000 per spot
Trans TVRp10.000.000 per spot
IndosiarRp10.000.000 per spot
iNewsRp10.000.000 per spot
Kompas TVRp12.000.000 per spot
RCTIRp12.000.000 per spot
SCTVRp12.000.000 per spot
MNC TVRp15.000.000 per spot
GTVRp20.000.000 per spot

Informasi daftar tarif pasang iklan di atas kami kutip dari salah satu agency penyedia layanan pasang iklan TV. Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harganya rata-rata tidak banyak berubah. Namun, tarif pasang iklan di MNC TV yang semula mulai Rp5 jutaan per spot, sekarang naik menjadi Rp15 jutaan per spot, sedangkan tarif pasang iklan di Trans TV naik dari Rp2,5 juta menjadi Rp10 jutaan per spot.

Di dalam sebuah acara televisi, biasanya kerap diselingi dengan jeda yang diisi iklan. Misalnya terdapat jeda 15 menit, maka dalam 15 menit dapat diisi puluhan iklan, tergantung durasi pada masing-masing iklan. Jika diambil rata-rata durasi iklan yang ditayangkan adalah 3 menit, maka akan ada 5 iklan dalam waktu jeda selama lima belas menit tersebut. Di antara kelima iklan ini, akan terdapat susunan mana yang akan tayang pada tiga menit pertama, tiga menit kedua, dan selanjutnya hingga tiga menit yang ke lima. Posisi tiga menit pertama ini merupakan posisi yang strategis karena umumnya jika sudah memasuki jeda iklan, maka pemirsa akan memindah kanal televisi.

Apabila dilihat dari jenis acara, iklan TV umumnya akan menyesuaikan dengan acara yang sedang ditayangkan. Contohnya acara sepak bola dengan target pemirsa adalah orang dewasa dan anak muda atau pemirsa yang memiliki hobi bola. Perusahaan atau instansi yang berniat memasang iklan di televisi atau produk yang akan dipromosikan di TV biasanya tidak jauh dari beberapa produk yang ada kaitannya dengan olahraga atau golongan pemirsa, misalkan iklan produk sepatu, minuman penambah stamina, atau produk yang menjadi sponsor dalam acara sepak bola tersebut.

Selain iklan jeda yang kita tahu, juga terdapat bentuk iklan yang lain, salah satunya spinning icon. Ini adalah jenis iklan yang berbentuk logo produk yang kerap berputar di pojok atas televisi atau layar terbagi menjadi dua, kemudian muncul sebuah iklan. Kemudian, ada pula host tag, yakni iklan yang berbentuk logo produk sponsor yang muncul di keterangan nama host atau pembawa acara.

Jika ditinjau dari produk iklan apa saja yang paling sering muncul di layar televisi, umumnya adalah kategori makanan dan minuman, serta perawatan dan kecantikan atau peralatan kosmetik yang terdiri dari berbagai . Selain itu, perusahaan industri rokok juga kerap kali tayang di televisi, yang biasanya muncul pada saat malam hari saja.

(Panca)

[1] Fardiah, Dedeh. 2004. Format Tayangan Televisi sebagai Media Pendidikan Kualitas Bangsa. Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan, Vol. 20(4): 525-539.

[2] Purnamawati dan Eldarni. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta: CV Rajawali, hlm. 4.

[3] Saladin, Djaslim dan Yevis Marty Oesman. 2002. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya, hlm. 123.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan ke REDI KUNCORO Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar