Update Harga Panel Dinding Wallplus Pengganti Batu Bata per Meter Persegi

Sebuah ruangan tentu akan tampil lebih menarik dengan elemen dekoratif, semisal dinding yang dilengkapi panel. Dinding merupakan elemen yang membentuk sebuah ruang. Sedangkan panel adalah sebuah yang akan mengubah dinding tampil menjadi lebih menarik.

Ilustrasi: panel dinding dekoratif (sumber: pinterest)

Ilustrasi: panel dinding dekoratif (sumber: pinterest)

Sebelumnya cat tembok merupakan solusi terakhir untuk ‘menghias’ tampilan dinding. Kini, dinding panel dapat menjadi salah satu solusi yang patut dipertimbangkan dalam menerapkan salah satu elemen interior, agar ruangan menjadi semakin indah dipandang dan membuat betah, dari hanya sekadar cat tembok saja. 

Dinding panel dapat pula diaplikasikan ke dalam berbagai macam sudut ruang. Misalnya, di ruang keluarga, backpanel tempat tidur, foyer, atau ruang tamu. Selain mempercantik dinding, panel-panel ini juga dapat sekaligus berfungsi sebagai partisi atau pembatas antara ruang satu dengan ruang lainnya. 

Materi yang digunakan sebagai dinding panel ini bisa bermacam-macam. Bila konsep rumah Anda mengambil tema minimalis, dapat digunakan panel berunsur kayu warna alami sebagai backpanel pada meja televisi atau pendukung home theater di ruang keluarga.

Cermin besar pun dapat Anda jadikan backpanel untuk mendapat kesan luas pada sebuah ruangan. Atau, bagi Anda yang senang dengan suasana rumah yang hangat, dapat memilih finishing dengan cutting sticker bercorak dan berwarna cerah sebagai back panel di salah satu ruang favorit keluarga, misalnya di ruang makan. 

Namun, bila Anda suka bereksperimen dan bermain-main dengan warna, tak ada salahnya juga bila setiap ruang Anda lengkapi dengan backpanel berbeda, disesuaikan dengan fungsi setiap ruangnya. Nah, kini ruang-ruang di rumah Anda makin cantik dan berwarna, yang tentu akan membuat betah siapapun yang menyambanginya.

Fungsi panel dinding tidak sekadar menambah aksen, pada beberapa kasus panel dinding sengaja digunakan untuk menutupi bagian dinding yang rusak atau kurang rapi akibat sistem pipa dan kabel listrik.

Banyak orang menghindari penggunaan panel dinding karena pemasangannya yang sulit dan menguras biaya lebih untuk membayar jasa . Padahal, panel ini dapat mengandalkan kreativitas sendiri agar dinding tidak terlihat kosong. Dilansir dari Dekoruma, Berikut beberapa inspirasi panel dinding yang bisa memberikan sentuhan berbeda untuk interior rumah Anda.

Inspirasi Panel Dinding untuk Interior Rumah

Jenis-jenis panel untuk dinding rumah

Jenis-jenis panel untuk dinding rumah

Panel kayu yang menghangatkan suasana ruang

Salah satu jenis panel dinding yang cukup populer digunakan adalah panel kayu. Serat kayu yang nampak memang dapat mendatangkan kesan hangat sekaligus alami ke dalam ruangan, apalagi saat dikombinasikan dengan furnitur kayu.

Panel dinding dengan warna kayu yang lebih muda bahkan bisa memunculkan nuansa modern atau Skandinavia. Tidak harus berupa kayu solid, papan kayu olahan juga bisa dimanfaatkan sebagai panel, tapi memerlukan material pelapis atau finishing kayu agar motif kayunya terlihat lebih menonjol.

Panel batu alam untuk ruang lebih elegan

Panel dinding dari berbagai pilihan batu alam dinding mampu menjadi focal point yang memikat seperti yang terlihat pada kedua model panel televisi ini. Keduanya memberikan kesan elegan yang berbeda.

Jika keramik dinding marmer putih lebih terlihat bergaya dan modern, panel dinding dengan guratan marmer yang lebih gelap memberikan kesan dramatis yang lebih kuat.

Untuk perpaduan warna, pastikan Anda memilih warna credenza atau rak display yang sesuai dengan guratan batu alam yang nampak pada panel dinding. Karena berbahan granit atau marmer, pastikan Anda memasang panel ini dengan benar agar tidak pecah dan merusak furnitur lainnya.

Panel polikarbonat, pelindung paparan sinar matahari

Jika panel dinding batu alam dirasa terlalu mahal dan lebih sulit pemasangannya, panel dari material termoplastik bisa menjadi pilihan untuk melindungi dinding rumah.

Bahan polikarbonat lebih ringan dan praktis dengan terjangkau sehingga dapat diaplikasikan pada bagian dinding yang lebih luas. Selain membuat ruangan terlihat lebih stylish, tampilan transparannya ini cukup untuk meredam paparan sinar matahari.

Panel dinding Wallplus

Panel dinding precast beton (sumber: croomconcrete.co.uk)

Panel dinding precast (sumber: croomconcrete.co.uk)

Wallplus merupakan panel dinding precast beton ringan sebagai pengganti produk konvensional. Wallplus merupakan sebuah inovasi produk material bangunan yang kokoh dan bahan yang ramah lingkungan serta hemat energi. Hal ini didasari oleh berbagai kendala yang ditemui pada penggunaan batu bata. 

Sulitnya untuk mendapatkan batu bata merah, yaitu tanah liat, di samping telah meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap risiko kerusakan lingkungan yang timbul akibat pengambilan tanah serta adanya inefisiensi waktu dan tenaga kerja yang diperlukan dalam proses bangunan. Maka terciptalah inovasi panel beton ringan atau precast ringan dengan label Wallplus, yang merupakan adopsi teknologi dari Jerman.

Perpaduan bahan fibercement di lapisan luar, EPS, dan beton agregat membuat berat Wallplus lebih ringan 65% dibandingkan bata konvensional. Selain itu, dinding ringan ini sudah 90\5 finishing sehingga mempercepat proses instalasinya dibandingkan dengan bata konvensional. 

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika Anda menggunakan produk beton ringan atau precast dinding ringan Wallplus baik secara finansial dan waktu. Selain itu, ada keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan.

Keuntungan Memakai Wallplus

  • Pemasangan yang cepat dibandingkan dengan sistem konvensional (pasang bata), merupakan keuntungan bagi para investor apalagi untuk bangunan yang mengejar waktu. 
  • Beban yang ringan, menggunakan panel ringan Wallplus dibandingkan dengan sistem tradisional dinding akan mengurangi beban yang diterima oleh struktur bangunan, di mana akan memberikan dampak pengurangan biaya di struktur utama. 
  • Produk beton atau precast yang 90% finishing produk hasil pabrikasi ini memiliki bentuk yang presisi dan lapisan yang rata, sehingga hal ini dapat menghemat biaya bahan baku tambahan lainnya. 
  • Hemat tempat, dengan ketebalan panel yang ringan Wallplus yang lebih tipis dibandingkan dengan produk konvensional. Panel ringan Wallplus dapat meningkatkan luas area efektif sekitar 4-6%.

    Rumah berdinding bahan wallplus (twitter: @wprecast)

    Rumah berdinding bahan wallplus (twitter: @wprecast)

Harga Panel Dinding Wallplus

Tipe & Ukuran Panel Dinding WallplusHarga per Meter Persegi
Wallpanel 50 (2440 x 610 x 50 mm)Rp355.281
Wallpanel 60 (2440 x 610 x 60 mm)Rp394.575
Wallpanel 75 (2440 x 610 x 75 mm)Rp426.501
Wallpanel 90 (2440 x 610 x 90 mm)Rp519.005
Wallpanel 100 (2440 x 610 x 100 mm)Rp559.936
Wallpanel 120 (2440 x 610 x 120 mm)Rp736.758

Informasi harga panel dinding Wallplus tahun 2020 di atas diperoleh dari pihak marketing Wallplus. Namun perlu Anda ingat bahwa harga panel dinding Wallplus dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Sebagai bahan perbandingan, panel dinding Wallplus precast ringan alternatif pengganti batu bata dengan panjang 244 cm, lebar 61 cm, dan tebal 7,5 cm tahun 2019 lalu dijual dengan harga Rp300.000 per meter persegi untuk ukuran 50-100 m2. Sementara Wall Plus untuk ukuran 101-300 m2 dijual seharga Rp250.000 per meter persegi, dan ukuran 301-500 m2 dijual Rp180.000 per meter persegi.

[Update: Dian]

Baca juga  Info Harga Gelatin Bubuk dalam Berbagai Merek di Pasaran
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Harga Panel Dinding Wallplus Pengganti Batu Bata per Meter Persegi"