Info Spesifikasi, Kelebihan, dan Harga Aquarium Nisso 90cm

Dalam memelihara ikan , baik ikan air laut maupun ikan air tawar, adalah faktor yang cukup penting. Terkadang bagi penghobi yang masih pemula masih kebingungan dalam memilih aquarium yang tepat untuk ikan-ikan hias koleksi mereka. Sebenarnya ada beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan saat hendak memilih aquarium.

Faktor pertama tentu saja adalah model aquarium yang hendak Anda beli, apakah yang biasa, yang bentuknya unik, atau aquarium kekinian dengan kaca lengkung alias bending di bagian depan. Urusan model aquarium sebaiknya disesuaikan dengan budget, selera, dan juga kebutuhan Anda.

Akuarium dalam rumah (sumber: johanpaul.com)

Akuarium dalam rumah (sumber: johanpaul.com)

Faktor kedua yang juga tak boleh dianggap sepele adalah ketebalan aquarium. Sebaiknya pilih ketebalan aquarium sesuai volume air di dalamnya. Misalnya saja untuk volume air 0-50 liter sebaiknya tebal kaca minimal 3 mm, 50-100 liter tebalnya 6 mm, 100-250 liter tebal yang dianjurkan 8 mm, 200-500 liter tebalnya 10 mm, dan volume 500 liter ke atas sebaiknya memakai aquarium setebal 12 mm.

Hal lain yang juga patut Anda pertimbangkan adalah jenis ikan yang hendak dipelihara, biasanya semakin besar ikan yang ingin dipelihara, maka semakin besar pula aquarium yang harus Anda siapkan. Yang terakhir adalah urusan filter dan dekorasi aquarium. Urusan dekorasi untuk aquarium bersifat sangat personal, bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda. Jika suka yang desainnya simpel, maka tak perlu memaksakan diri memenuhi aquarium dengan pernak-pernik yang justru akan membatasi gerak ikan-ikan Anda, demikian pula sebaliknya.

Baca juga  Info Spesifikasi dan Harga Keyboard KORG PA600 Professional Arranger

Bagi kalangan pecinta ikan hias atau penggemar pasti sudah tak asing lagi dengan brand Nisso. Aquarium Nisso termasuk akuarium yang laris manis di pasaran. Selain karena harganya cukup bersaing, kualitas aquarium Nisso pun dikenal bagus. Kaca aquarium Nisso kualitasnya disebut-sebut tahan lama dan tidak mudah kusam, sehingga cocok untuk memajang berbagai koleksi ikan hias Anda yang indah dan memiliki warna-warna mencolok.

Aquarium Nisso diproduksi oleh PT Nisso Bahari asal Surabaya, Jawa Timur sejak tahun 1989 silam. Nisso telah memproduksi beragam produk aquarium tank, glass bending aquarium, aksesoris akuarium, hingga full glass aquarium dalam berbagai seri, antara lain Cave Series, NBG Series, G Series, SML Series, Fancy Series, hingga Glassmate Series.

Nisso G Series adalah akuarium kaca dengan 4 pilar, bingkai atas dan bawah dari plastik. Pada bingkai bagian bawah akuarium dilapisi dengan foam sheet dan kaca yang berfungsi untuk kestabilan dan perlindungan ekstra dari kebocoran. Kemudian Nisso SML Series adalah akuarium kaca dengan 4 pilar yang memiliki 3 pilihan , yakni Small, Medium, dan Large dengan bingkai plastik atas dan bawah. Seri satu ini merupakan pilihan aquarium dengan yang terjangkau.

Baca juga  Update Harga Satu Set Tabung CO2 Untuk Aquascape

Sementara itu untuk Nisso Fancy Series adalah akuarium kaca 4 pilar dengan bingkai plastik dan menggunakan kaca dengan tebal 2 mm saja, sehingga bobot aquarium ini lebih ringan. Aquarium Nisso Fancy Series tersedia dalam pilihan warna yang mencolok seperti Yellow (kuning) dan Orange (oranye).

Aquarium Nisso dikenal sebagai akuarium yang biasanya dijual terpisah antara satu bagian dengan yang lain. Misalnya saja aksesoris seperti tutup aquarium yang terdiri dari lampu dan filter serta lemari atau mejanya juga dijual terpisah. Anda dapat membeli aquarium Nisso secara satuan atau langsung satu set dengan tutup dan lemarinya.

Harga Aquarium Nisso 90cm

Akuarium Nisso ukuran 90 cm (sumber: Tokopedia)

Akuarium Nisso ukuran 90 cm (sumber: Tokopedia)

Aquarium Nisso seri dan ukurannya bermacam-macam. Salah satu yang populer adalah yang berukuran 90 cm. Misalnya saja akuarium Nisso Tank Bahari seri GM 904545-10 yang dijual dengan harga Rp 1.666.000. Aquarium satu ini konsepnya rimless serta memiliki ukuran dimensi 900 mm x 450 mm x 450 mm dengan ketebalan kaca 10 mm.

Selanjutnya ada juga aquarium Nisso seri E213 dengan harga sekitar Rp 900 ribuan. Dimensi aquarium Nisso E213 adalah 90 cm x 45 cm x 45 cm. Harga tersebut merupakan harga tanpa aquarium tanpa tutup. Sedangkan aquarium Nisso E213 satu set, dengan tutup kabinet, lampu TL 2 buah, dan pompa aquarium Nisso SQ-03 made in Korea harganya  lebih mahal lagi, mencapai Rp 2,7 jutaan.

Baca juga  Jenis dan Harga Ukulele Senar 3 di Pasaran

Seri aquarium Nisso E213 termasuk seri aquarium Nisso yang istimewa dan paling banyak diminati oleh para pecinta ikan hias atau aquascape. Pasalnya akuarium ini memiliki volume hingga 155 liter dengan ukuran dimensi aquarium 900 mm x 450 mm x 450 mm. Hal lain yang tak kalah menarik adalah kaca depan aquarium yang dirancang model lengkung atau bending tanpa sambungan, sehingga terkesan mewah dan elegan untuk memajang koleksi ikan hias air laut atau air tawar kesayangan Anda.

Lalu apa yang istimewa dari aquarium Nisso E213 selain kaca lengkungnya? Tentu saja kualitas kacanya yang dikenal cukup baik. Aquarium Nisso disebut-sebut memiliki kaca dengan kualitas bagus yang relatif lebih ringan dibandingkan kaca biasa. Kualitas kejernihannya pun juga bagus, apalagi dengan desain kaca bending, tetapi harganya relatif terjangkau. Tentu saja aquarium semacam ini banyak jadi pilihan penggemar ikan hias.

Namun perlu diketahui bahwa harga aquarium Nisso 90cm bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga aquarium Nisso antara satu tempat dengan yang lain bisa berbeda-beda, tergantung dari penawaran pihak penjual. Apabila Anda sedang mencari aquarium Nisso, Anda bisa membelinya lewat toko-toko perlengkapan aquarium terdekat yang ada di tempat tinggal Anda.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Spesifikasi, Kelebihan, dan Harga Aquarium Nisso 90cm"