Berapa Biaya Appraisal Bank Mandiri?

No comment 3403 views

Selain menyediakan tabungan, sebagai salah satu bank besar di , Bank Mandiri kini juga mengembangkan bisnis dengan menyediakan pemilikan (KPR) untuk pembelian bekas atau KPR secondary. Menurut Bank Mandiri, bisnis segmen KPR secondary ini memiliki potensi yang cukup baik karena masih tingginya kebutuhan masyarakat atas tempat tinggal yang terjangkau dan siap huni.

Bank Mandiri - bisnis.liputan6.com

Bank Mandiri - bisnis.liputan6.com

KPR secondary sendiri melayani pembiayaan pembelian rumah bekas, yaitu rumah yang dibeli melalui pihak ketiga, bukan dari pengembang (developer). Selain itu, ini juga melakukan take over KPR dari bank lain yang sudah berjalan minimal 12 bulan dan pinjaman untuk keperluan konsumtif dengan mengagunkan yang saat ini sudah dimiliki.

Terkait dengan layanan tersebut, maka jaminan properti yang dapat diterima oleh Bank Mandiri adalah rumah, ruko atau rukan, dan apartemen dengan legalitas kepemilikan berupa sertifikat hak milik (SHM), sertifikat hak guna bangunan (SHGB), dan stratatitle (untuk apartemen). Sementara, kondisi agunan harus memiliki IMB, memiliki bukti setoran PBB, bukan daerah banjir, bukan tusuk sate, bukan jalur hijau, tidak dalam sengketa, lebar jalan di muka minimal 3 meter, dan minimal 20 meter dari tegangan tinggi.

Baca juga  Info Terbaru Fasilitas dan Biaya TabunganKu BCA

Layaknya pengajuan fasilitas KPR lainnya, pengajuan KPR secondary Bank Mandiri juga membutuhkan . -biaya tersebut antara lain provisi kredit (1 persen), sebesar Rp500 ribu, biaya premi asuransi, biaya premi asuransi kerugian, biaya notaris, dan biaya appraisal. Berbeda dengan biaya lainnya, biaya appraisal harus dibayarkan di awal pengajuan.

Appraisal sendiri merupakan penilaian yang dilakukan oleh bank untuk mengecek kebenaran data antara dokumen pengajuan kredit dengan kebenaran di lapangan, sekaligus melakukan bangunan untuk menilai harga rumah tersebut. Appraisal bank juga bisa berarti proses penilaian aset rumah oleh bank untuk mengetahui nilai KPR rumah tersebut.

Lalu, berapa biaya appraisal yang harus dibayarkan debitur untuk mendapatkan KPR secondary dari Bank Mandiri? Berikut biaya appraisal Bank Mandiri untuk wilayah Jabodetabek (di luar Jabodetabek berbeda-beda, tergantung wilayahnya masing-masing).

Plafon Pengajuan KPR Biaya Appraisal
Rp50.000.000 - Rp500.000.000 Rp350.000
Rp500.000.000 - Rp1.500.000.000 Rp500.000
Rp1.500.000.000 - Rp5.000.000.000 Rp750.000
> Rp5.000.000.000 Rp1.000.000
Baca juga  Info Terbaru Biaya (Tarif) Layanan Internet Banking Bank Mandiri 2017
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Berapa Biaya Appraisal Bank Mandiri?"