Update Tarif Video Call Telkomsel

No comment22673 views

Jika dahulu Anda hanya dapat berkomunikasi melalui tulisan () atau suara (telepon), dengan adanya kemajuan teknologi, Anda dapat menikmati cara berkomunikasi melalui call. call memungkinkan 2 orang untuk dapat berbicara satu sama lain, seakan-akan berbicara langsung, karena saling bertatap muka, melalui layar . Untuk membantu kebutuhan berkomunikasi tersebut, kini operator seluler menyediakan untuk call.

Nah, salah satu operator yang pernah menyediakan layanan video call bagi penggunanya adalah Telkomsel. Namun, sejak tahun 2018 kemarin, tampaknya Telkomsel tak lagi menyediakan atau layanan khusus video call dan sudah menggantikannya dengan berbagai internet dengan harga yang relatif terjangkau. Hal ini terlihat dari tidak adanya untuk video call baik di situs resmi dan aplikasi My Telkomsel.

tarif, harga, biaya, paket, mania, video call, panggilan, telkomsel, tsel, as, simpati, halo, loop, kartu, 2018, 2017, cara, di, android, setting, ios, apple, iphone, sms, skema, nelpon, berapa, terbaru, informasi, daftar

Aktivitas dengan video call (sumber: bacancytechnology.com)

Namun, bagi Anda yang penasaran dengan tarif video call yang sempat disediakan Telkomsel, berikut kami sajikan informasi berdasarkan data tahun 2017 lalu. Tarif video call ini meliputi kartu simPATI, KartuHALO, dan Kartu As. 

Tarif Video Call Telkomsel 

Wilayah Video CallTarif SiangTarif Malam
SumateraRp2.500 per 100 menitRp3.000 per 50 menit
JabodetabekRp2.500 per 100 menitRp3.000 per 100 menit
Jawa, Bali, NTBRp2.500 per 100 menitRp2.500 per 50 menit
Kalimantan & SulawesiRp2.500 per 100 menitRp3.000 per 50 menit
NTTRp3.000 per 150 menitRp3.000 per 50 menit
  • Waktu pendaftaran video call siang hari mulai pukul 01.00 sampai 16.30, sedangkan pendaftaran video call malam hari mulai pukul 17.00 sampai 23.00.
  • Cara daftar paket video call cukup ketik VC ON1 kirim ke 8999 atau ketik VC ON2 dan kirim ke 8999. Selain itu, bisa juga dengan call *806# dan pilih menu nomor pertama.
  • Berlaku untuk pelanggan kartuHALO, simPATI, kartu As, dan kartu Facebook.
  • Hanya berlaku untuk panggilan ON NET (sesama pelanggan Telkomsel).
  • Paket tidak diperpanjang otomatis.
  • Semua paket memiliki jangka waktu harian di mana paket yang dibeli hanya bisa digunakan pada hari yang sama dengan hari pembelian dan tidak bisa digunakan pada hari yang berbeda.

Paket Video Call Mania dari Telkomsel memungkinkan pelanggannya untuk memanfaatkan layanan video call untuk berkomunikasi dengan harga lebih murah dibandingkan dengan video call tanpa menggunakan paket. Untuk mengetahui paket internet, nelpon, atau SMS dari Telkomsel, Anda bisa mengakses *363# atau melalui aplikasi My Telkomsel.

tarif, harga, biaya, paket, mania, video call, panggilan, telkomsel, tsel, as, simpati, halo, loop, kartu, 2018, 2017, cara, di, android, setting, ios, apple, iphone, sms, skema, nelpon, berapa, terbaru, informasi, daftar

Layanan pelanggan Telkomsel (sumber: telko.id)

Secara umum, untuk bisa melakukan video call Telkomsel ini Anda membutuhkan tiga , yakni smartphone support 3G, mempunyai fitur video call 3G, dan terakhir adalah terdaftar dalam paket video call Telkomsel. Untuk pertama, dianggap sangat mudah karena saat ini hampir semua smartphone sudah dibekali dan mendukung jaringan 3G.

Sementara, untuk syarat kedua, yaitu smartphone Anda harus punya fitur video call 3G. Fitur ini bukan fitur video call seperti Skye, Facebook, Hangout, atau video call lainnya yang berbasis aplikasi. Fitur ini bisa dibilang fitur native video call, yaitu video call bawaan dari smartphone. Pada zaman awal fitur 3G ini muncul, video call 3G sangat terkenal. Banyak HP mulai menambahkan kamera depan untuk mendukung fitur ini, di antaranya Nokia N70, N73, dan N series lainnya.

Sayangnya, fitur ini sudah dihilangkan pada banyak smartphone zaman sekarang. Namun demikian, masih ada beberapa smartphone yang membenamkan fitur ini pada operasinya. Beberapa smartphone Samsung masih mempunyai fitur ini. Lenovo S920 dan A716 juga masih mempunyai fitur video call ini. Smartphone yang masih mempunyai fitur video call 3G biasanya mempunyai logo video pada detail informasi kontak, selain simbol telepon dan SMS.

Pada beberapa seri smartphone, fitur video call ini tidak kelihatan di detail kontak. Namun, fitur video call bisa diakses dengan menekan agak lama kontak yang dituju. Setelah itu. akan muncul beberapa pilihan seperti mengirimkan pesan, melakukan panggilan suara, dan muncul juga opsi untuk melakukan panggilan video. Silakan cek smartphone Anda apakah masih mempunyai fitur ini atau tidak.

Cara Video Call via WhatsApp dan Line 

Jika HP Anda kebetulan tidak membawa fitur video call, Anda saat ini juga bisa melakukan layanan serupa melalui aplikasi seperti WhatsApp. HP berbasis iOS maupun Android sudah bisa memanfaatkan layanan tersebut. Untuk memulai panggilan video, pilih kontak yang diinginkan dari daftar kontak yang dimiliki. Setelah itu, di layar percakapan dengan kontak, akan ditampilkan menu untuk melakukan video call atau voice call di pojok kanan atas.

Di versi ponsel Android, panggilan bisa dilakukan dengan menekan tombol ikon telepon di pojok kanan atas nama kontak. Namun, jika ingin melakukan panggilan video alias video call, Anda tinggal menekan tombol ikon bergambar video, tepat di sebelah kiri ikon telepon di pojok kanan atas. Untuk versi iOS juga sama, ada dua ikon yang tersedia di pojok kanan atas nama kontak. Ikon pertama menampilkan gambar video, sedangkan ikon kedua merupakan gambar gagang telepon. Untuk melakukan panggilan video, tekan saja ikon video tersebut. Gagang telepon dipakai untuk melakukan voice call.

tarif, harga, biaya, paket, mania, video call, panggilan, telkomsel, tsel, as, simpati, halo, loop, kartu, 2018, 2017, cara, di, android, setting, ios, apple, iphone, sms, skema, nelpon, berapa, terbaru, informasi, daftar

Berkomunikasi dengan telepon genggam

Bagi Anda yang menginginkan untuk melakukan panggilan video untuk lebih dari satu orang, belum bisa memanfaatkan layanan di WhatsApp, tetapi Anda dapat mencoba panggilan video call grup di aplikasi Line. Salah satu kelebihan video call di Line, selain bisa melakukan panggilan grup, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menggunakan filter atau stiker-stiker yang tersedia. Filter dapat menjadi ajang mengekspresikan diri supaya menelepon menjadi lebih seru.

Untuk dapat mengaktifkan video call, baik perseorangan maupun grup, caranya hampir sama dengan WhatsApp, yaitu dengan membuka kontak orang yang ingin Anda hubungi terlebih dahulu. Kemudian, di ujung kanan kontak tersebut terdapat pilihan untuk melakukan panggilan video, tekan tanda tersebut. Apabila kontak yang Anda hubungi sudah mengangkat/menyetujui adanya panggilan video, maka komunikasi dua arah pun sudah dapat dilakukan.

(Panca)

Baca juga  Update Tarif Telepon Rumah Telkom Tahun 2020
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Tarif Video Call Telkomsel"