Update Tarif/Ongkir Paket Berbagai Ekspedisi dari Bandung ke Bogor

Maraknya perkembangan bisnis online mendorong kebutuhan jasa pengiriman barang juga ikut meningkat. Tak heran, jika saat ini hampir semua orang memanfaatkan berbagai layanan yang ditawarkan oleh jasa ekspedisi sesuai kebutuhannya. Untuk memudahkan pengiriman paket, Anda pun dapat menggunakan berbagai jasa ekspedisi dengan ongkos kirim (ongkir) yang bervariasi. Sebagai contoh, pengiriman paket dengan berat 1 kg dari Bandung ke Bogor dikenakan tarif mulai Rp5 ribuan.

Ilustrasi: kurir mengantar paket (sumber: kompas)
Ilustrasi: kurir mengantar paket (sumber: kompas)

­Perusahaan jasa pengiriman barang semakin banyak jumlahnya di Indonesia. Jika dulu, Anda begitu familier dengan Pos Indonesia, maka saat ini sudah banyak perusahaan jasa ekspedisi yang bermunculan. Perusahaan ekspedisi memiliki peran penting dalam transaksi online dengan memastikan produk datang tepat waktu. Perusahaan ekspedisi memanfaatkan teknologi berbasis mobile yang memudahkan konsumen ataupun bisnis kecil hingga menengah, baik untuk keperluan personal atau bisnis.

Bacaan Lainnya

Macam-macam Jasa Pengiriman Paket

  • Jasa Kirim Paket Reguler: pengiriman paket dengan estimasi waktu pengiriman standar.
  • Jasa Kirim Paket Same Day Services: layanan pengiriman barang ini ditujukan untuk jarak yang tidak terlalu jauh dan tiba pada hari yang sama.
  • Jasa Kirim Paket One Day Service: layanan pengiriman paket dengan estimasi waktu pengiriman satu hari.
  • Jasa Kirim Paket Cepat via Udara: jasa kirim paket dengan menggunakan pesawat, antar bandara ataupun diantar sampai rumah, tergantung kesepakatan dengan pengirim.
  • Jasa Kirim Paket via Kereta Api: pengiriman barang menggunakan kereta api, mirip seperti pengiriman via udara, hanya saja lebih lambat.
  • Jasa Ekspedisi Kargo: pengiriman barang dalam jumlah besar, dengan minimal berat tertentu.

Anda dapat memilih berbagai perusahaan ekspedisi dengan pertimbangan tertentu. Berikut informasi penyedia jasa pengiriman paket yang cukup populer di tengah masyarakat.

Penyedia Jasa Pengiriman Paket

Pos Indonesia

Pos Indonesia didirikan pada 26 Agustus 1746 dengan tujuan awal untuk lebih menjamin keamanan surat-surat penduduk. Namun seiring waktu, Pos Indonesia menawarkan berbagai layanan pengiriman barang yang mencapai sekitar 24 ribu titik layanan. Pos Indonesia juga mengikuti perkembangan komunikasi dan teknologi dengan memaksimalkan electronic mobile pos di beberapa kota besar.

JNE Express

JNE didirikan tahun 1990 oleh PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE). Sebagai bagian dari peningkatan layanan, JNE mengedepankan sumber daya manusia sekaligus teknologi, mulai dari mesin X-Ray, GPS, hingga alat komunikasi satelit. JNE bahkan berhasil meraih sertifikasi ISO 9001:2008 atas sistem mutu. Saat ini, titik-titik layanan JNE telah mencapai diatas 6.000 dan masih terus bertambah.

Baca juga  Update Harga Popok Mamy Poko di Indomaret & Alfamart (Ukuran S, M, L, XL, XXL)

J&T Express

J&T Express didirikan pada 20 Agustus 2015 oleh PT. Global Jet Express. J&T menawarkan berbagai layanan pengiriman EZ (reguler), J&T Eco (khusus pengiriman ke wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali), dan J&T Super. Sebagai bukti kualitasnya, J&T Express meraih dua penghargaan Top Brand Award yang dimenangkannya dua tahun berturut-turut pada 2018 dan 2019.

Wahana Express

Wahana resmi berdiri pada 11 Juni 1998 dengan kantor cabang pertamanya yang berada di Surabaya. Saat ini, Wahana memiliki 53 kantor cabang dengan lebih dari 3.500 mitra agen yang tersebar di seluruh Indonesia. Kelebihan Wahana meliputi jaringan pengiriman barang yang luas dengan tracking system memadai dan harga kompetitif.

SiCepat Express

Si Cepat Express didirikan tahun 2014 oleh Rudy Darwin Swigo. SiCepat Point kini telah mencapai lebih dari 1.655 titik di wilayah Jabodetabek-Bandung dan akan terus bertambah dan tersebar di seluruh Indonesia. Layanan SiCepat terintegrasi dengan aplikasi SiCepat, WhatsApp Bisnis SiCepat Klik, dan layanan customer service yang responsif.

Paxel

Paxel termasuk perusahaan penyedia jasa pengiriman barang yang terbilang baru karena didirikan pada 2017 oleh Bryant Christanto, Johari Zein, dan Zaldy Ilham Masita. Keunggulan layanan Paxel yakni same day delivery dalam dan luar kota, melayani wilayah pengiriman yang luas di Pulau Jawa hingga Makassar, adanya jaminan uang kembali apabila pengiriman telat dari ETA, hingga gratis asuransi pengiriman sampai Rp1.000.000.

Garuda Express (GED)

Garuda Express (GED) didirikan pada 1995 oleh PT. Trimuda Nuansa Citra. Selain jaringan pengiriman barang yang luas, GED juga menawarkan layanan tracking pengiriman yang akurat dan cepat. GED juga memaksimalkan pengiriman internasional bagi pelanggan setia.

Ilustrasi: sudut Kota Bogor (sumber: liputan6)
Ilustrasi: sudut Kota Bogor (sumber: liputan6)

Beberapa perusahaan ekspedisi di atas cukup eksis di tengah masyarakat. Anda pun dapat memanfaatkan jasa tersebut untuk pengiriman barang lokal (antar kota) seperti Bandung dan Bogor. Nah, bagi Anda yang tinggal di wilayah Bandung dan hendak mengirim paket ke Bogor, berikut info tarif ongkir dari berbagai perusahaan ekspedisi saat ini.

Tarif Paket Pos Indonesia Bandung ke Bogor Per Kg

Jenis Layanan Pos Tarif (Rp) Estimasi Pengiriman
Surat Kilat Khusus 11.000 2 hari
Jumbo Express 9.000 3 hari
Express Next Day 15.500 1 hari
Baca juga  Update Kisaran Biaya Service AC (Bongkar, Pasang, Tambah Freon dll)

Selama belum diserahkan kepada penerima, hak atas kiriman dari Pos Indonesia masih berada di tangan pengirim, untuk itu tuntutan ganti rugi atas kehilangan/kerusakan kiriman hanya dapat diajukan oleh pengirim. Jika dibandingkan tahun 2021 lalu, ongkir Pos Express Next Day tahun 2022 ini turun dari Rp17 ribu menjadi Rp15.500.

Tarif Paket JNE Express Bandung ke Bogor Per Kg

Jenis Layanan JNE Tarif (Rp) Estimasi Pengiriman
OKE 10.000 3 hari
REG 12.000 2 hari
YES 18.000 1 hari

Seluruh transaksi sehubungan dengan Layanan Pengiriman dilakukan berdasarkan syarat dan ketentuan yang diatur dalam SSP ini dan Standard Operating Procedure yang berlaku. Setiap Kiriman yang telah dilakukan oleh JNE akan dibuktikan dengan Connote. Sampai dengan 2022, besaran ongkir Bandung-Bogor menggunakan JNE belum berubah dari 2021.

Tarif Paket J&T Express Bandung ke Bogor Per Kg

Jenis Layanan J&T Tarif (Rp) Estimasi Pengiriman
EZ (Reguler) 13.000 2 hari
JND 15.000 1 hari

Perlu diketahui, J&T Express tidak menerima barang berbahaya, obat-obat terlarang, emas dan perak, uang logam, abu, cyanide, platinum dan batu atau metal berharga dan perangko dan barang curian, cek tunai, money order, atau traveller’s cek, surat, barang antik, lukisan antik, binatang atau tanaman hidup. Dibandingkan tahun 2021 lalu, besaran tarif layanan EZ dari Bandung ke Bogor turun dari Rp15 ribu jadi Rp13 ribu per kg.

Tarif Paket Wahana Express Bandung ke Bogor Per Kg

Jenis Layanan Wahana Tarif (Rp) Estimasi Pengiriman
Express 5.000 3 hari
Next Day 11.000 1 hari
Kargo (min 10 kg) 38.000

PT Wahana Prestasi Logistik tidak dapat menerima komplain dalam bentuk apapun baik oleh pengirim dan/atau pemilik barang asal bilamana komplain dimaksud diajukan setelah melebihi waktu 30 (tiga puluh) hari sejak barang diterima oleh agen (dibuktikan dengan tanda terima lembar resi). Tarif layanan Express dari Wahana untuk pengiriman Bandung-Bogor tahun 2022 ini turun dari sebelumnya yang dipatok Rp7 ribu per kg.

Ilustrasi: bisnis online (pexels: Erik McLean)
Ilustrasi: bisnis online (pexels: Erik McLean)

Tarif Paket SiCepat Express Bandung ke Bogor Per Kg

Jenis Layanan SiCepat Tarif (Rp) Estimasi Pengiriman
SIUNT 12.000 2 hari
Reguler 14.000 2 hari
Best 20.000 1 hari
GOKIL (cargo min. 10 kg) 30.000 2-3 hari
Baca juga  Syarat dan Biaya Administrasi BNI Tapenas Terbaru

Pengirim wajib mengemas barang kirimannya dengan baik untuk melindungi isi barang kirimannya selama pengiriman. Batas waktu pengaduan/klaim untuk kehilangan barang yakni maksimal 14 hari, sedangkan kerusakan barang hanya 2 hari. Sampai tahun 2022, besaran tarif kirim SiCepat Bandung-Bogor belum berubah dari tahun 2021 lalu.

Tarif Paxel Bandung ke Bogor

Jenis Layanan Paxel Tarif (Rp) Estimasi Pengiriman
Small Package 16.000 2 hari
Medium Package 28.000 2 hari
Large Package 30.000 2 hari
PaxelBig 35.000 2 hari

Biaya pengiriman di atas sampai ukuran paket 5 kg. Apabila pengiriman Anda dijemput setelah jam 12.00 siang, maka paket akan terkirim keesokan harinya.Sampai tahun 2022, besaran ongkos kirimPaxel Bandung-Bogor belum berubah dari tahun 2021 lalu.

Tarif Paket Garuda Express Bandung ke Bogor Per Kg

Jenis Layanan Garuda Express Tarif (Rp) Estimasi Pengiriman
Reguler Doc 17.000 7 hari
Reguler SPS 17.000 7 hari

Sampai tahun 2022, besaran ongkos kirim GED Bandung-Bogor belum berubah dari tahun 2021 lalu.Biaya yang dikenakan oleh pihak ekspedisi akan dilihat dengan membandingkan antara perhitungan berat sesungguhnya dengan perhitungan berat volume. Jika perhitungan berat sesungguhnya lebih besar daripada berat volume, maka nilai ukuran yang diambil untuk dasar tarif pengiriman adalah berat sesungguhnya tersebut. Hal ini berlaku sebaliknya untuk berat volume apabila nilai perhitungannya lebih besar dari pada berat sesungguhnya.

Nah, apabila Anda kebingungan memilih jasa pengiriman yang dapat dipercaya, berikut kami sajikan beberapa poin yang perlu dipertimbangkan.

Tips Memilih Jasa Ekspedisi Terpercaya

  • Lakukan survey beberapa jasa pengiriman barang yang ada di dekat tempat bisnis Anda. Anda dapat survey lewat internet melalui website resmi jasa pengiriman tertentu dengan testimoni para pelanggannya.
  • Cari tahu harga dan tarif pengiriman sebagai perbandingan jasa satu sama lain. Anda dapat meminta ke customer service atau download lewat websitenya.
  • Ketepatan waktu pengiriman juga harus diperhitungkan untuk kenyamanan Anda.
  • Pilih jasa pengiriman barang yang memiliki atau website, sehingga memudahkan untuk tracking (pelacakan) posisi atau status barang yang sudah dikirim.[1]

Saat ini, hampir semua perusahaan ekspedisi memiliki website resmi sebagai informasi bagi pelanggan. Anda pun dapat mengakses berbagai informasi penting di dalamnya.

[Update: Dian]

[1]Gentari, dkk. 2016. Bisnis dan Transaksi Internasional. Jakarta: Penerbit Qiara Media, hlm 266.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.