Update Harga Menu Makanan Ayam Goreng Ny Suharti Jogja

Bagi pecinta , khususnya yang berbahan dasar ayam, pasti pernah merasakan lezatnya sajian ayam kremes di rumah makan Ny. Suharti. Ayam kampung dengan bumbu rempah yang dan disajikan dengan sambal menjadi ciri rumah makan yang telah ada sejak lebih dari 30 tahun silam.

Kelezatan ayam goreng Ny. Suharti memang tak diragukan lagi. Terbukti, ayam goreng Suharti berhasil melanglang ke berbagai kota di Indonesia. Selain bumbunya yang khas, logo bergambar wajah Suharti mengenakan kebaya dan selendang juga menjadi ciri utama rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti.

Logo rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti (sumber: Traveloka)

Logo rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti (sumber: Traveloka)

Tapi pernahkah Anda menemukan logo lain untuk rumah makan ayam goreng tersebut? Jika iya, memang benar, Ayam Goreng Ny. Suharti memang memiliki dua logo yang berbeda. Logo pertama bergambar dua ayam dengan huruf S ditengahnya. Sementara logo kedua bergambar wajah asli Ny. Suharti. Di masing-masing logo tertera tulisan Ayam Goreng Ny. Suharti.

Ny. Suharti merupakan wanita asal Yogyakarta yang namanya melambung tinggi karena ayam goreng racikannya. Rasa ayam goreng yang istimewa itu berasal dari bumbu turun temurun milik Mbok Berek. Maklum, ayam goreng Mbok Berek digilai banyak penduduk Yogyakarta termasuk keluarga keraton. Kabarnya, Presiden Soekarno juga sangat mengagumi kelezatan ayam goreng kremes Mbok Berek.

Belajar dari kesuksesan pendahulunya itu, Suharti mulai menekuni ayam goreng. Dia membuat bumbu sendiri dan menjajakan ayam goreng buatannya dari rumah ke rumah bersama sang suami. Dari situ, dia mulai berani membuka usaha sendiri pada 1962 dan masih menggunakan nama Mbok Berek sebagai merek ayam gorengnya.

Mbok Berek yang lebih dulu terkenal karena ayam gorengnya, sebenarnya melarang pihak manapun menggunakan namanya sebagai merek di serupa. Hal ini mengingat sejumlah pihak beberapa kali mencoba memanfaatkan mereknya yang legendaris untuk menarik pelanggan. Meski begitu, Mbok Berek mengizinkan pihak lain menggunakan namanya, selama pihak tersebut masih memiliki ikatan keluarga dengan dia.

Tapi usaha yang semakin maju membuat Suharti ingin lebih mandiri dan memutuskan untuk melepas merek Mbok Berek dari bisnisnya. Dia memilih menggunakan namanya sendiri sebagai merek. Pada 1972, lahirlah rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti yang dibangunnya bersama sang suami. Lokasinya berada di JL. Sucipto No. 208 Yogyakarta dan menjadi pusat perdagangan ayam goreng Ny. Suharti saat itu.

Menu Ayam Goreng Ny Suharti

Menu yang ada di restoran ini sangat beragam, terdiri dari berbagai lokal kesukaan banyak orang seperti sup buntut, sate Padang, dan nasi uduk yang dimasak dengan santan dan disajikan bersama berbagai lauk pauk. Restoran yang satu ini berasal dari Yogyakarta, maka cita rasa gudegnya pun dapat dipertanggungjawabkan.

Varian menu di rumah makan Ny. Suharti (sumber: zazatourjogja.com)

Varian menu di rumah makan Ny. Suharti (sumber: zazatourjogja.com)

Daftar Harga Menu Di Restoran Ayam Goreng Ny. Suharti

Nama MenuHarga
Paket A

Nasi putih, ayam goreng ¼, gudeg, sambel goreng krecek, telur pindang, timun, dan sambal, (pembelian min 2 box)

Rp60.100 
Paket B

Nasi putih, ayam goreng ¼, pecel, peyek, sambel, dan pisang,  (pembelian min 2 box)

Rp56.300
Paket C

Nasi putih, ayam goreng ¼ , gado-gado, krupuk udang, sambal, dan pisang (pembelian min 2 box)

Rp56.300
Paket D

Nasi putih, ayam goreng ¼ , krupuk udang, timun, sambel, pisang (pembelian min 2 box)

Rp53.850
Paket E

Nasi putih, ayam goreng ¼, sambel goreng krecek/gado-gado/karedok/pecel, timun, dan sambel (pembelian min 3 box)

Rp42.350
Paket A Special

Nasi putih, ayam goreng ½ , ati + ampela, sambel goreng krecek, gudeg, telor, kerupuk udang, pisang, timun, dan sambel

Rp101.050
Paket B Special

Nasi putih, ayam goreng ¼, ati + ampela, sambel goreng krecek, gudeg, telor, kerupuk udang, pisang, timun, sambel (pembelian min 2 box)

Rp68.400
Paket C Special

Nasi putih, ayam goreng ⅙, ati + ampela, sambel goreng krecek, gudeg, telor, kerupuk udang, pisang, timun, dan sambal (pembelian min 3 box)

Rp62.350
Ayam goreng besarRp167.000
Ayam goreng ½Rp84.700
Ati ampela 1 pasangRp11.500
Ati ampela 1 porsiRp115.000
Botok mlandingRp20.600
BuntilRp13.400
EmpingRp21.800
Gado-gadoRp32.000
Garang asem ati/ampelaRp32.000
Garang asem ayamRp32.000
Gudeg kendilRp86.000
Gudeg telurRp37.000
KaredokRp26.000
Lalap + sambel terasiRp25.500
Nasi gudeg specialRp75.100

Spesial menu paket tidak mengalami perubahan harga dibandingkan dengan penjualan tahun lalu. Sementara untuk rupa-rupa seperti nasi gudeg special, lalap sambal terasi, dan emping mengalami kenaikan harga. Kenaikannya tidak terlalu signifikan mulai Rp100 – Rp500 per porsi. Seperti, lalap sambal terasi yang awalnya dijual seharga Rp25 ribu menjadi Rp25.500.

Selain citarasanya yang menggugah selera, tahukah Anda, jika rumah makan asal Yogyakarta ini memiliki cerita unik di belakangnya, khususnya pada logo rumah makan. Ya, jika Anda mencari di mesin pencari seperti Google, maka akan terpampang dua logo rumah makan yang menggunakan nama 'Suharti'.

Menu Ayam Goreng Kremes Ny Suharti Jogja - www.tripadvisor.com

Menu Ayam Goreng Kremes Ny Suharti Jogja - www.tripadvisor.com

Rumah makan yang bergambar dua ekor ayam, betina dan jantan yang mengapit huruf S di dalam lingkaran dan bertuliskan 'Ayam Goreng Ny. Suharti'. Satu lagi rumah makan menggunakan foto seorang wanita yang mengenakan pakaian adat Jawa yang berada dalam lingkaran dan bertuliskan 'Ayam Goreng Suharti'.

Seperti dikutip dari majalah Tempo, kedua rumah makan tersebut dikelola oleh dua orang Suharti dan suaminya Sachlan. Keduanya sepakat menggunakan nama 'Ayam Goreng Ny. Suharti' sebagai nama rumah makan mereka.

Rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti berdiri pada 1972 dan berlokasi di JL. Sucipto No.208, Yogyakarta. Pada 1984, keduanya sepakat untuk mengembangkan rumah makan di beberapa tempat di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Bali, dan Medan.

Terdapatnya dua logo rumah makan yang menggunakan nama Suharti bermula saat Suharti bercerai dengan suaminya. Pilihan Suharti untuk berpisah dengan sang suami menjadi bumerang bagi dirinya. Rumah makan 'Ayam Goreng Ny. Suharti' kemudian menjadi milik suaminya yang terdaftar sebagai pemilik resmi rumah makan tersebut. Akibatnya, semua aset kemudian dikuasai sang suami.

Setelah pecah kongsi dengan suami, pada Oktober 1991, Suharti memberanikan diri membangun rumah makan ayam goreng yang juga menggunakan nama 'Suharti'. Yang membedakan, dirinya tidak memakai kata 'Ny' di rumah makannya.

Selain itu, sebagai pembeda, Suharti kemudian memasang wajahnya sebagai logo rumah makan barunya, 'Ayam Goreng Suharti'. Kini orang lebih mengenal rumah makan ayam goreng Suharti miliknya, yang memajang foto dirinya.

[Ditta]

Baca juga  Info Harga Kornet Pronas Daging Sapi & Ayam di Pasaran (Semua Varian)
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Harga Menu Makanan Ayam Goreng Ny Suharti Jogja"