Info Manfaat dan Harga Terbaru Buah Cherry Segar & Kalengan

Cherry, atau yang dalam Bahasa Indonesia-nya disebut dengan ceri, adalah kelompok tumbuhan maupun buahnya anggota marga Prunus. Jenis cherry ada bermacam-macam, misalnya saja P. cerasus, P. avium, dan P. emarginata. Ceri adalah pohon yang sangat disukai di Jepang dan bunganya disebut sakura. Sementara itu, di Australia, ceri biasanya matang sekitar waktu Natal, sedangkan di Amerika dan Eropa bagian selatan matangnya sekitar bulan Juni.

harga, buah, cherry, ceri, untuk, hiasan, kue, tangkai, tanpa, kaleng, kalengan, toples, tempat, beli, merah, hijau, manisan, di, superindo, giant, hypermart, segar, fresh, beku, frozen, impor, import, hitam, berapa, jual, beli, dimana, toko

Ilustrasi: memanfaatkan kandungan buah cherry

Bunga dan buah ceri biasanya dijadikan hiasan hidangan makanan atau minuman. Buah ceri mengandung antosianin, yaitu pigmen warna merah yang baik untuk kesehatan karena mengandung zat antioksidan. Di samping itu, rutin mengonsumsi buah ceri setiap hari dipercaya bisa menurunkan kadar asam urat dalam , bahkan menyembuhkan pirai.

Ceri diketahui memiliki musim tanam yang sangat singkat dan dapat tumbuh di daerah yang beriklim sedang. Musim puncak untuk panen ceri biasanya saat musim panas. Seperti pohon beriklim sedang pada umumnya, biji ceri membutuhkan udara dingin agar bisa tumbuh. Mekanisme pohon berevolusi untuk mencegah perkecambahan selama musim gugur, yang kemudian akan menghasilkan yang mati pada saat suhu memasuki musim dingin.

Lubang-lubang yang ditanam di musim gugur (setelah pertama menjadi dingin) dan bibit muncul pada musim semi. Sebuah pohon ceri akan membutuhkan waktu 3-4 tahun untuk menghasilkan panen buah pertama, dan 7 tahun agar bisa mencapai tingkat kematangan yang seutuhnya. Namun sayangnya, karena dari keluarga Prunus membutuhkan cuaca dingin agar bisa tumbuh dengan sempurna, maka kabarnya tak ada satupun dari keluarga Prunus yang bisa tumbuh dengan subur di tempat yang beriklim tropis layaknya Indonesia. Itu pula yang tampaknya menjadi alasan mengapa rata-rata buah cherry yang beredar di Indonesia biasanya diimpor atau dibeli dari negara-negara lain penghasil ceri. Kemudian, ketika sudah sampai di Indonesia, harganya pun dijual relatif lebih .

Cherry yang banyak dipasarkan di Indonesia dan yang mungkin lebih banyak Anda temui biasanya adalah ceri yang buahnya berwarna merah segar. Buah ceri satu ini pada dasarnya nikmat dimakan begitu saja ketika masih dalam kondisi segar, karena rasanya cenderung manis dan enak. Namun, pada perkembangannya, cherry lebih banyak diolah menjadi manisan atau dikemas ulang menjadi buah kalengan, baik tanpa atau dengan tangkainya.

Buah cherry dengan tangkai atau tanpa tangkai kerap dimanfaatkan sebagai garnish (hiasan) atau topping dari beberapa jenis kue seperti cake, puding, muffin, roti, atau semacamnya. Penambahan topping atau hiasan dari buah cherry diyakini dapat semakin menarik perhatian dan tentunya meningkatkan selera orang yang hendak menyantapnya.

Manfaat Buah Cherry

Buah cherry

Buah cherry

  • Menambah energi. Makan segenggam buah cherry diyakini dapat mengembalikan mood atau semangat yang memudar. Ceri disebut-sebut mengandung gula alami yang bisa menambah energi dalam tubuh dan meningkatkan hormon kebahagiaan agar Anda lebih ceria.
  • Tidur lebih nyenyak. Mengonsumsi buah cherry setelah makan malam disebut-sebut dapat membuat seseorang lebih cepat mengantuk. Buah cherry memiliki kandungan melatonin yang dapat memudahkan seseorang tertidur. Oleh sebab itu, buah ini dinilai cocok dikonsumsi oleh Anda yang menderita insomnia atau kesulitan tidur.
  • Menyehatkan mata. Ceri adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin A dan beta karoten. Kandungan tersebut berperan dalam meningkatkan daya penglihatan dan kesehatan mata. Bahkan, kabarnya cherry memiliki kandungan vitamin A 20 kali lebih banyak dibandingkan buah stroberi dan blueberry.
  • Meningkatkan fungsi otak. Ceri dikenal sebagai salah satu ‘makanan otak’ yang dapat dikonsumsi oleh anak-anak yang berada dalam masa pertumbuhan dan Anda yang merasa pelupa.
  • Baik untuk jantung. Mengonsumsi buah ceri setiap hari disebut-sebut dapat mengurangi risiko terserang jantung.
  • Mempercepat penyembuhan. Ceri adalah salah satu buah yang kaya akan kandungan anthocyanin yang bisa membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat penyakit kronis. Di samping itu, ceri juga cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang berada dalam masa penyembuhan.
  • Membantu pencernaan. Manfaat lain yang tak kalah luar biasa adalah kandungan serat tinggi pada ceri yang berperan dalam meningkatkan sistem pencernaan serta membantu mengurangi kolesterol.

Daftar Buah Cherry

Buah cherry kalengan

Buah cherry kalengan

Jenis ProdukHarga
Buah cherry manis tanpa tangkai untuk hiasan kue 100 gramRp19.000
Buah cherry merah tangkai untuk hiasan kue siap pakai 100 grRp29.000
Maraschino cherry hijau tangkai 250 gr (green cherry)Rp62.000
Buah cherry merah Rp200.000
Royal Willamette Maraschino Cherries dengan tangkai isi 284 gramRp215.000
Cherry beku frozen 1 kgRp286.000
Buah cherry black USA 1 kgRp300.000
Diana Maraschino Cherries with stem (tangkai) merah 4,5 kgRp374.000
Buah cherry import garing Tasmanian Cherries 5 kgRp1.300.000

Informasi daftar harga buah cherry dalam wujud cherry segar, beku, hingga kalengan di atas didapatkan dari berbagai sumber yang ada di internet. Perlu diingat bahwa harga buah cherry bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga buah cherry yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung penawaran dari pihak penjual.

Buah cherry dalam kemasan kalengan atau toples yang biasa digunakan sebagai topping atau hiasan kue saat ini bisa dengan mudah Anda temukan di berbagai toko kue atau di supermarket besar layaknya Giant, Hypermart, Superindo, dan sebagainya. Sementara, untuk buah cherry segar yang masih dalam kondisi utuh dengan tangkainya, bisa Anda temukan di toko buah-buahan. 

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Cara Merawat dan Harga Terbaru Burung Mozambik
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Manfaat dan Harga Terbaru Buah Cherry Segar & Kalengan"