Cara Daftar & Biaya Layanan SMS Banking Bank Mandiri Terupdate

Seiring dengan perkembangan zaman, transaksi perbankan di Indonesia pun semakin meningkat. Apalagi dengan tingginya arus bisnis e-commerce yang tengah menjamur di kalangan masyarakat saat ini. Demi memberikan kemudahan bagi para nasabah, sejumlah bank pun menawarkan berbagai fitur seperti hingga mobile banking agar nasabah tidak perlu pergi ke ATM untuk melakukan transaksi keuangan. Sama halnya dengan Bank Mandiri yang menawarkan layanan SMS Banking dengan biaya terjangkau dan cara daftar mudah.

Ilustrasi: sms banking Bank Mandiri
Ilustrasi: sms banking Bank Mandiri

Melalui layanan SMS Banking, Bank Mandiri memungkinkan nasabahnya untuk melakukan sejumlah transaksi, seperti transfer uang, cek saldo, hingga melakukan pembayaran berbagai tagihan bulanan seperti PLN, PBB, PAM, dan masih banyak lagi. Cara untuk memperoleh fasilitas SMS Banking Bank Mandiri terbilang mudah. Anda hanya perlu memiliki rekening tabungan, rekening giro rupiah dan/atau deposito rupiah Mandiri serta telah menjadi pengguna sim card GSM Telkomsel, Exelcom, Satelindo, atau Indosat Ooredoo Hutchison (prabayar atau pascabayar).

Bacaan Lainnya
Baca juga  Syarat Membuka dan Update Biaya Rekening Giro BCA

Selanjutnya, Anda bisa langsung datang ke cabang Bank Mandiri terdekat yang ada di kota Anda dan mengisi formulir aplikasi SMS Banking yang diperoleh di cabang atau dari situs Bank Mandiri di www.bankmandiri.co.id. Selanjutnya, Anda akan diminta menunjukkan bukti identitas diri seperti KTP, SIM, Paspor, atau KIMS. Selain itu, ada juga bukti kepemilikan rekening seperti buku tabungan dan kartu ATM Mandiri.

Keunggulan memiliki SMS Banking Mandiri tentu saja adalah dari segi kemudahan dan kepraktisannya. Anda bisa melakukan transaksi apapun semudah berkirim SMS biasa lewat hp Anda sendiri. Bahkan, fitur SMS Banking Mandiri ini bisa digunakan untuk segala jenis ponsel yang memiliki fasilitas SMS. Biaya SMS Banking pun cukup murah, karena Anda akan ditarik biaya sesuai tarif SMS operator GSM Anda.

Sebagai informasi, untuk setiap SMS yang diterima akan dikenai biaya Rp500 ( ketik SMS). Sedangkan transaksi Mandiri SMS dengan cara Pilih Menu, maka biayanya Rp500 untuk terima pada Kartu Halo, Rp550 untuk kartu As, dan Simpati Rp550. Sementara itu XL dan Indosat Ooredoo Hutchison tarifnya Rp500 (transaksi informasi), sedangkan transaksi transfer/pembelian/pembayaran dikenai biaya Rp1.000.

Baca juga  Update Biaya Transfer Antar-Bank dan BI Fast Online

Selain biaya SMS, Anda juga akan dikenai biaya lainnya jika melakukan transaksi khusus. Berikut rincian tarif layanan menggunakan SMS dan Mobile Banking Mandiri.

Daftar Tarif Layanan SMS dan Mobile Banking Mandiri

Aplikasi Bank Mandiri (www.infobrand.id)
Aplikasi Bank Mandiri (www.infobrand.id)
Jenis Layanan Tarif (Rp)
Pembayaran tagihan PLN 3.500
Transfer antar rekening Bank Mandiri dengan berita Gratis
Transfer 6.500
Transfer antar bank via kliring 2.500
Transfer antar bank via RTGS 25.000
Pembayaran kartu kredit bank lain 7.500
Pembayaran PBB ( Bumi & Bangunan) 2.500
Pembayaran tagihan PAM Kota Bandung 2.000
Transfer online (High Value Transaction) 15.500

Dari tahun 2019, 2020, 2021, hingga 2022 ini, ketentuan tarif SMS Banking terpantau sama nominalnya. Apabila Anda berminat untuk menggunakan layanan banking dari Bank Mandiri, baik SMS ataupun mobile, berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat diikuti.

Cara Menggunakan SMS Banking Mandiri

Ilustrasi: sms banking (sumber: infoperbankan.com)
Ilustrasi: sms banking (sumber: infoperbankan.com)
  • Pilih menu pengiriman pesan (SMS) pada ponsel Anda.
  • Tulis perintah transaksi SMS Banking Bank Mandiri sesuai format perintah transaksi. Contoh: Sal 1 123456 untuk mengetahui saldo rekening Anda.
  • Kirim perintah transaksi tersebut ke nomor tujuan SMS Banking Mandiri: 3355.
  • Sebelum mulai melakukan transaksi untuk pertama kali, Anda harus melakukan perubahan pin terlebih dahulu.
  • Layanan notifikasi SMS Banking Mandiri akan secara otomatis dikirimkan ke nomor ponsel Anda.
  • Anda juga dapat mengubah akses layanan, misalnya menambah/mengurangi daftar rekening sendiri dan tujuan transfer. Caranya adalah dengan mendatangi cabang tempat mendaftar SMS Banking Mandiri, kemudian mengisi formulir aplikasi SMS Banking Mandiri.
  • Jika ingin melakukan penghentian akses layanan, reaktivasi layanan, permintaan PIN baru atau mengubah setting notifikasi SMS, Anda dapat menghubungi Bank Mandiri di nomor (021) 5299-7777.
Baca juga  Update Setoran Awal dan Biaya Administrasi Rekening Giro BNI

Untuk mendapatkan layanan SMS Banking Mandiri, bagi Anda yang belum menjadi nasabah Bank Mandiri, maka diharuskan menjadi nasabah terlebih dahulu. Layanan banking tersebut dipercaya dapat memudahkan urusan nasabah. Hal ini dikarenakan, transaksi dapat dilakukan di manapun, dan kapan pun, tanpa harus mendatangi kantor cabang atau ATM.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.