Harga Carbon Kevlar Lembaran (200 GSM, 220 GSM, 240 GSM)

Ada banyak yang dapat dilakukan untuk membuat tampilan sepeda motor menjadi lebih kece. Nah, salah satu produk yang saat ini tengah digandrungi banyak penggemar modifikasi adalah carbon kevlar. Tidak hanya kuat dan ringan, material ini juga memiliki penampakan sporty. Dengan kelebihannya tersebut, harga carbon kevlar memang dapat dikatakan cukup lumayan, rata-rata ratusan ribu rupiah. Sementara, biaya pemasangan material ini umumnya dihitung per cm.

Carbon kevlar (sumber: bukalapak)

Carbon kevlar (sumber: bukalapak)

Dulunya, kendaraan merupakan kebutuhan tersier bagi banyak orang. Namun, seiring kebutuhan, yang dibarengi dengan peningkatan standar ekonomi masyarakat, maka kendaraan akhirnya menjadi kebutuhan sekunder, bahkan primer, bagi banyak orang. Kendaraan ini dibutuhkan terutama sebagai sarana transportasi, meskipun tidak sedikit yang memanfaatkannya untuk tujuan bisnis.

Sebenarnya, kendaraan yang dihasilkan oleh pabrikan sudah dirancang sedemikian rupa, termasuk memperhatikan sisi keamanan, kenyamanan, dan style. Meski demikian, masih banyak pemilik kendaraan, terutama sepeda motor, yang belum puas dengan tampilan tunggangan mereka. Karena itu, tidak sedikit yang akhirnya merombak atau memodifikasi kendaraan milik mereka.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, modifikasi adalah kegiatan mengubah.[1] Secara luas, modifikasi adalah mengubah barang yang tadinya kurang menarik menjadi lebih menarik, tanpa menghilangkan fungsi aslinya, tetapi menampilkan bentuk yang lebih bagus dari aslinya.[2] Dalam dunia otomotif, modifikasi sering disebut dengan custom, yakni menyesuaikan bentuk kendaraan dengan keinginan , karakter, serta imajinasi pengguna atau pemilik kendaraan yang bersangkutan.[3]

Baca juga  Info Terbaru Biaya Suntik Filler dan Operasi Hidung Rhinoplasty di Klinik Kecantikan

Kelebihan Carbon Kevlar

Ada banyak hal yang dapat dimodifikasi dari suatu sepeda motor. Namun, umumnya pemilik kendaraan akan mengubah sisi eksterior agar tampilan kuda besi menjadi lebih kece. Untuk tujuan ini, ada banyak media yang bisa dipakai. Biasanya menggunakan cat khusus, tidak sedikit pula yang memanfaatkan material carbon kevlar untuk membuat penampakan motor menjadi lebih berkelas.

Lalu, apa itu carbon kevlar? Dilansir dari berbagai sumber, carbon kevlar pada dasarnya terbuat dari serat fiber sintetis berbahan dasar karbon yang tipis, yang diklaim memiliki kekuatan luar biasa, ringan, serta fleksibel. Mungkin baru hits akhir-akhir ini, carbon kevlar nyatanya sudah ditemukan pada tahun 1965 silam oleh dua ilmuwan bernama Stephani Kwolek dan Herbert Blades di perusahaan yang kebetulan bernama kevlar.

Material ini banyak dipilih karena dikatakan punya sejumlah kelebihan. Salah satu keunggulan utama carbon kevlar adalah punya kekuatan yang cukup tinggi. Bahkan, carbon kevlar sering dikatakan lebih kuat dibandingkan baja (tentu dengan bobot dan dimensi yang sama). Dengan memanfaatkan carbon kevlar, bodi sepeda motor akan menjadi lebih kuat sekaligus ringan.

Kelebihan lainnya carbon kevlar adalah punya karakteristik tahan terhadap panas. Material ini sangat cocok untuk mereka yang ingin memodifikasi bagian sepeda motor seperti silencer atau muffler knalpot. Saat ini, sudah cukup sering dijumpai pemilik yang membungkus knalpot sepeda motor mereka dengan carbon kevlar. Selain tampak estetik, material ini juga dapat melindungi kaki dari risiko terkena knalpot panas.

Baca juga  Update Harga Cat Kansai Paint (Semua Merk & Kemasan)

Untuk mereka yang ingin membuat mesin sepeda motor menjadi lebih halus, juga dapat memanfaatkan carbon kevlar. Pasalnya, material ini dikatakan dapat meredam suara. Caranya cukup simpel, yakni Anda dapat membungkus blok mesin dengan bahan ini. Bahkan, dengan sifatnya tersebut, tidak sedikit yang menggunakan carbon kevlar sebagai pelapis helm.

Hadir dalam berbagai motif, seperti hexagonal, batik, dan lainnya, ternyata proses memasang carbon kevlar tidak bisa sembarangan, bahkan butuh waktu beberapa hari. Sebelumnya, bagian yang akan dilapisi carbon kevlar harus dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu, ditutup pelapis dasar dengan resin. Kemudian, carbon kevlar bisa diletakkan dengan ukuran sesuai objek.

Carbon kevlar (sumber: carreview.id)

Carbon kevlar (sumber: carreview.id)

Kalau sudah rata dengan bidang yang dilapis carbon kevlar, dilanjutkan melapisi menggunakan kuas. Lakukan itu sampai benar-benar semua bagian tertutup atau terlapisi resin. Jika sudah kering, langkah berikutnya adalah mengamplas, yang bertujuan agar bidang yang dioles resin rata dan itu dilakukan berulang-ulang kali. Selanjutnya adalah proses detailing alias merapikan bagian sisi pinggir bodi atau bidang, dengan memotong serat karbon kevlar tersebut dan mengamplas bagian pinggir hingga rata.

Baca juga  Update Biaya Grooming (Memandikan Kucing)

Harga Carbon Kevlar

Ukuran Carbon KevlarHarga
Carbon Kevlar 200 GSMRp250.000 per lembar
Carbon Kevlar 220 GSMRp270.000 per lembar
Carbon Kevlar 240 GSMRp300.000 – Rp470.000 per lembar

Harga carbon kevlar di atas kami rangkum dari berbagai sumber, dan biasanya satu lembar memiliki dimensi panjang 50 cm dan lebar 1,5 meter. Perlu Anda catat bahwa harga carbon kevlar tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing tempat bisa saja berbeda meskipun produk yang ditawarkan sama.

[1] Hidayat, Ardyotha dan Dicky Hidayat, 2019. Perancangan Buku Ilustrasi Modifikasi Sepeda Motor Retro Klasik. e-Proceeding of Art & Design, Vol. 6(1): 46-55.

[2] Chaning, Jonathan, Aristarchus P.K., Margana. 2013. Perancangan Buku Mobil Modifikasi dengan Pendekatan Fotografi Studio.  Jurnal DKV Adiwarna Universitas Kristen Petra, Vol: 1(2).

[3] Josephino, Meilano S. S. dan Diana Amalia. 2015. Sikap Anggota Komunitas Penggemar Modifikasi Motor terhadap Undang-Undang tentang Modifikasi (Study Deskriptif Kuantitatif Sikap Anggota Penggemar Modifikasi Motor terhadap Peraturan Undang-Undang RI No. 22 tahun 2009). Jurnal Ilmu Komunikasi UPN Veteran , Vol. 7(2): 45-50.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Carbon Kevlar Lembaran (200 GSM, 220 GSM, 240 GSM)"