Prosedur dan Update Tarif Piercing/Tindik di Indonesia

Piercing atau tindik sudah menjadi salah satu hal yang umum, bahkan populer di mata masyarakat saat ini. Sudah berdiri sejumlah studio khusus untuk tindik yang menyediakan beragam aksesori piercing. Berkat kepopulerannya, tak heran banyak remaja yang ingin menindik tubuhnya, meski piercing sebenarnya tidak bisa dibilang murah.

Prosedur Body Piercing

Ilustrasi: Earring (credit: Instagram/brittanyxavier)
Ilustrasi: Earring (credit: Instagram/brittanyxavier)

Saat ini, remaja di Indonesia, khususnya kaum laki-laki, banyak yang suka memasang aksesori pada tubuhnya, seperti anting, jarum, dan cincin. Aksesori tersebut biasanya dipasang di bagian telinga, alis, hidung, hingga lidah. Untuk memasang ornamen dekoratif pada bagian tubuh yang diinginkan, seseorang harus melubangi kulitnya terlebih dahulu. Melubangi bagian tubuh untuk dipasang aksesori inilah yang dikenal dengan istilah piercing atau body piercing.

Bacaan Lainnya

Tindik atau piercing biasanya dilakukan pada bagian tubuh yang terdiri dari kulit tanpa tulang atau tulang rawan. Jarang ada piercing yang dilakukan pada bagian tubuh dengan komposisi tulang keras, seperti bagian jari tangan atau rahang. Hal ini karena bagian tubuh dengan komposisi tulang keras yang lebih banyak, dapat membuat proses penyembuhan lebih lama setelah piercing.[1]

Baca juga  Update Harga & Prosedur Pemasangan Gigi Kelinci Buatan (Veneer)

Selain memperhatikan bagian tubuh yang akan ditindik, sebagai konsumen Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal lainnya. Jika Anda baru saja ingin melakukan piercing dan berasal dari kalangan pemula, sebaiknya Anda mencari studio yang pas. Sebagai kaum millennial, pastikan Anda mengecek social media studio tindik yang ingin Anda datangi. Perhatikan komentar dan review para pelanggannya untuk mengetahui kualitas dan hasil layanan piercing. Selain itu, perhatikan juga bagaimana para karyawan melakukan piercing.

Studio tindik yang bagus biasanya memiliki tempat tersendiri dengan prosedur yang aman. Untuk melakukan prosedur piercing yang aman, petugas akan memakai masker dan sarung tangan latex serta jarum yang steril. Anda harus memastikan bahwa jarum yang digunakan adalah jarum sekali pakai. Perhatikan juga prosedur piercing yang mereka lakukan. Sebagai penindik yang baik, biasanya mereka akan cuci tangan menggunakan sabun antiseptik.

Sebelum ditindik, Anda akan dicek kesehatannya terkait jenis penyakit tertentu yang memiliki risiko. Biasanya, piercing tidak disarankan bagi orang dengan penyakit yang bisa menular lewat darah, pasien hemofilia, pasien diabetes, dan orang yang memiliki kelainan kulit atau alergi terhadap logam tertentu. Setelah dicek kesehatannya, Anda bisa memilih bagian tubuh yang ingin ditindik, mulai dari alis, sudut mata, pipi, hidung, dan lainnya.

Baca juga  Update Harga Smoothing Rambut di Salon Rudy Hadisuwarno

Jika Anda sudah memilih bagian tubuh yang akan ditindik, maka bagian tersebut akan disterilkan terlebih dahulu. Misalnya, jika Anda ingin menindik bagian sudut mata, maka kulit sudut mata Anda akan dioles dengan kapas yang sudah dicelup ke alkohol. Alkohol akan membersihkan bakteri atau kotoran yang menempel di kulit tersebut.

Ilustrasi: Prosedur Tindik di Telinga (credit: Allure)
Ilustrasi: Prosedur Tindik di Telinga (credit: Allure)

Kulit yang sudah disterilkan akan diukur ketebalannya dengan jarum dan diolesi krim anastesi atau biasanya dikompres es. Setelah kulit Anda sedikit kebas atau mati rasa, bagian kulit ujung mata akan ditarik sedikit ke atas dan ditusuk jarum dengan posisi sesuai permintaan Anda. Setelah kulit bagian luar dilubangi, petugas akan memasang aksesori tersebut pada bagian lubang yang menyambung. Proses piercing biasanya memakan waktu selama 5 menit hingga 1 jam, tergantung bagian tubuh yang Anda tindik.

Setelah proses piercing selesai, untuk mempercepat penyembuhan luka, Anda bisa mengoleskan obat topikal dari atau studio. Banyak juga studio yang menyediakan obat khusus beserta krim perawatan tindik bagi para pelanggannya. Jika luka tindik Anda sudah sembuh, pastikan Anda merawat piercing dengan baik.

Tindik harus dirawat dengan tepat, apalagi jika Anda melakukan piercing di bagian tubuh yang tidak umum. Jagalah kulit Anda yang di-piercing untuk menghindari infeksi kulit. Bersihkan bagian permukaan kulit yang berlubang menggunakan cairan antiseptik atau alkohol sebelum memakai aksesori dan setelah melepasnya.

Baca juga  Update Tarif Grab per KM Saat Ini

piercing atau tindik bervariasi, tergantung studio yang Anda kunjungi dan bagian tubuh yang Anda tindik. Secara umum, berdasarkan review orang yang pernah tindik, untuk tindik telinga bagian bawah yang tidak bertulang lunak, tarifnya mulai Rp80.000, sudah termasuk anting titanium dengan mata zircon putih. Berikut referensi terbaru kisaran tarif piercing.

Piercing/Tindik

Nama Studio Piercing
Darius Tattoo Indonesia Surabaya Clip Telinga Bawah (Tidak ada Tulang Lunak) + Anting: Rp80.000
Catheter (Body Piercing): Rp180.000
Stud Titanium: Rp75.000-Rp120.000
Tattoo Studio Beedn Tatto Malang Mulai Rp100.000 hingga Rp150.000
Oldsixtattoo Studio Malang Call 0813 3844 9418

Perlu Anda ketahui, piercing tersebut tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, jasa tindik dibanderol Rp80 ribu hingga Rp500 ribu.

[1] Rayasa, Reza. 2016. Makna Tindik Telinga di Kalangan Mahasiswa Studi Konsentrasi Sosiologi Universitas Mulawarman (Studi pada Mahasiswa Angkatan 2011, 2012, dan 2013). e-Journal Sosiatri-Sosiologi, Vol. 4(3): 1-11.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *