Manfaat & Update Harga Buah Leci per 1 Kg

Buah leci dikenal dengan daging buahnya berwarna putih dan memiliki rasa manis. Buah tersebut memiliki nama latin Litchi Chinensis. Leci pada umumnya ditemukan di wilayah China, India, Madagaskar, Nepal, Bangladesh, Pakistan, Taiwan Selatan dan Tengah, Utara, Indonesia, Thailand, Filipina, Afrika Selatan dan Meksiko. Di pasaran Indonesia, buah leci dijual per 1 kg mulai harga mulai puluhan ribu rupiah.

Buah Leci (sumber: healthshots)
Buah Leci (sumber: healthshots)

Buah leci memiliki kandungan 66 kalori per 100 gram, sebanding dengan buah anggur. Leci tidak memiliki lemak jenuh atau kolesterol, tetapi disusun dari jumlah yang baik dan juga serat , vitamin serta antioksidan. Studi pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa oligonol, polifenol dengan berat molekul rendah ditemukan berlimpah dalam buah leci. Oligonol diperkirakan dalam tubuh bertindak sebagai virus.

Bacaan Lainnya

Buah leci harus dibiarkan matang sepenuhnya pada pohon itu sendiri karena proses pematangan berhenti setelah dipanen. Di sisi lain, buah yang terlalu matang akan berubah menjadi warna gelap cokelat, dan kehilangan kilau serta rasanya. Permukaan leci juga akan menjadi kering lebih cepat jika dibiarkan terbuka pada suhu kamar selama beberapa jam. Oleh sebab itu, buah leci harus dibasahi agar tetap segar.[1]

Ciri Fisik Buah Leci

  • Memiliki ukuran buah sebesar kelereng.
  • Kulitnya berwarna merah sedikit tebal dan keras.
  • Rasanya manis.
  • Dagingnya berwarna putih tebal.
  • Memiliki banyak kandungan air.
  • Memiliki biji yang bulat dan keras.
  • Bergerombol pada ujung tangkai.
  • Daunnya majemuk berbentuk bulat telur oval.

Habitat leci di lahan yang memiliki banyak kandungan air tapi tidak tergenang, tidak boleh terlalu panas, cocok di dataran setinggi 700 mdpl dengan curah hujan 2.000 mm per tahun. Suhu udara yang baik adalah sekitar 90-190 derajat celsius selama musim hujan dan 250-330 derajat celsius selama musim kemarau.

Salah satu daerah yang memenuhi syarat untuk ditanami leci, yaitu Kabupaten Malang. Di daerah tersebut, terdapat Taman Buah Bunton, yang ditanami buah leci. Permintaan akan buah tersebut juga tergolong meningkat, terutama bibitnya. Dalam sebulan, penjualannya mencapai 100 hingga 200 bibit.

Sebagian besar konsumen adalah penjual bibit tanaman yang berada di sekitar Kota Malang dan pembeli ritel yang berada di sekitar Pulau Jawa, Kalimantan, dan Sumatera. Sebagai referensi, berikut kami sajikan info harga terbaru buah leci di pasaran.

Buah Leci Segar (sumber: semiramisgardens.ru)
Buah Leci Segar (sumber: semiramisgardens.ru)

Harga Buah Leci per 1 Kg

Jenis Buah Leci Harga (Rp)
Buah Leci madu lokal 1 kg 77.000
Buah Leci hijau 1 kilogram 110.000
Buah Leci merah 1kg 120.000
Buah Leci merah madu impor 1 kg 250.000

Harga buah leci mengalami perubahan hampir setiap tahun. Tercatat mulai 2019, buah leci segar per kilo dijual mulai Rp25 ribu dan bibit leci seharga Rp50 ribu. Lalu, harga tersebut naik pada 2020 menjadi Rp37 ribu untuk 1 kg buah leci dan 1 kg bibit leci seharga Rp65 ribu. Memasuki 2021, harga buah leci melonjak drastis menjadi Rp80 ribuan dengan harga bibit leci seharga Rp100 ribu dengan 40-70 cm.

Kenaikan harga buah leci kembali terjadi di tahun 2022. Sebagai contoh, buah leci merah 1 kg yang dibanderol Rp100 ribu tahun 2021, naik menjadi Rp120 ribu tahun 2022. Sementara itu, jika Anda ingin membeli bibit leci di tahun 2022, harganya mulai Rp35 ribu hingga Rp45 ribu untuk ukuran 40-70 cm varian cangkok.

Selain rasanya yang manis, buah leci juga memiliki banyak manfaat. Buah tersebut mengandung kadar vitamin C dan kalium yang tinggi. Zat-zat pada leci dianggap dapat mencegah dan mengobati aneka penyakit seperti batuk, luka lambung, dan hipertensi. Tidak hanya itu, buah leci juga dianggap dapat dijadikan bahan alami untuk merawat rambut dan kulit. Biji pada leci tidak dapat dimakan, sehingga Anda hanya dapat menggunakan sendiri dalam bentuk jus.

Anda pun bisa mengaplikasikan leci pada kulit. Untuk mengatasi kulit kering, Anda dapat menggunakan leci dengan cara memisahkan sepuluh leci dari bijinya, kemudian haluskan dengan blender. Setelah itu, tambahkan dua sendok teh madu mentah, campur keduanya. Pijat kulit Anda, terutama di daerah yang Anda anggap ekstra kering. madu dan leci dapat memberikan sensasi segar yang khas. Setelah 20 menit, bilas dengan air dingin.

Selain itu, Anda dapat melakukan perawatan rambut rusak dan rontok dengan leci. Siapkan sepuluh hingga dua belas leci, kupas, dan haluskan hingga berbentuk pasta. Campurkan minyak rambut Anda pada leci yang telah dihaluskan. Lalu, oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan biarkan selama semalaman sebelum Anda mencuci rambut.

[Update: Almas]

[1] Suryana, Dayat. 2018. Manfaat Buah.Jakarta: Dayat Suryana Independent. Hlm 364.

Pos terkait