Harga Ikan Red Parrot Berbagai Size

Jika menyebut tentang parrot, pasti yang terbayang adalah burung dengan paruh bengkok yang jago bersuara. Ternyata, parrot tidak cuma identik dengan unggas, karena ada juga ikan bernama sama. Yup, seperti burung, ikan parrot juga merupakan hewan hias yang punya warna tubuh yang cantik dan cocok dipelihara di dalam akuarium. Hadir dalam beragam jenis, yang biasanya dibedakan berdasarkan warna sisiknya, seperti red, yellow, dan pink, harga varian ini memang dapat dikatakan cukup lumayan.

Seperti diketahui, selain burung, budidaya ikan hias saat ini juga semakin diminati Indonesia. Banyak yang menggemari ikan hias karena keindahan warnanya sehingga cocok untuk menghiasi -ruangan maupun kolam-kolam kecil di taman atau halaman rumah.[1] Tidak sedikit pula yang menggantungkan hidupnya dari membudidayakan ikan hias. Pasalnya, dengan pemeliharaan dan pemberian makan yang hampir sama dengan ikan konsumsi, budidaya ikan hias dikatakan mampu menghasilkan pemasukan lebih besar lantaran harganya lebih mahal.[2]

Bacaan Lainnya
Harga Ikan Red Parrot (sumber: aquariadise.com)
Harga Ikan Red Parrot (sumber: aquariadise.com)

Karakteristik Ikan Red Parrot

Ada banyak jenis ikan hias yang sudah dibudidayakan masyarakat di Indonesia. Salah satu yang populer adalah ikan koki lantaran punya bentuk yang lucu dan warna yang elok. Selain itu, ada juga yang memelihara , ikan discus, ikan guppy, ikan louhan, dan ikan koi. Varian lainnya yang kini juga mulai mendapatkan hati di kalangan penggemar adalah ikan parrot.

Bagi yang belum familiar, parrot adalah ikan hibrida yang cukup unik. Memiliki nama latin Parrot Cichlid dan berasa dari spesies Cichlid, parrot konon pertama kali dikembangkan di Taiwan sekitar dekade 1980-an silam. Dinamakan demikian lantaran bentuk dan kepalanya dianggap menyerupai parung burung beo, walau ada juga yang menyebutnya lebih mirip kakatua dan nuri.

Secara umum, ikan parrot punya ukuran tubuh sedang, berkisar 24 cm. Namun, usia ikan ini kabarnya bisa mencapai 15 tahun. Pasalnya, ikan parrot adalah salah satu jenis ikan dengan daya tahan yang cukup tinggi, punya kemampuan beradaptasi yang baik, serta dapat memakan segala jenis bentuk makanan. Dengan sifatnya yang tidak agresif, parrot pun cocok diletakkan di aquarium dengan ikan hias lainnya.

Dari sekian jenis ikan parrot yang beredar, ikan parrot merah alias red parrot dapat dikatakan menjadi yang paling populer. Seperti namanya, ikan ini punya warna merah menyala yang cantik, sehingga juga kerap disebut blood parrot. Kabarnya merupakan hasil perkawinan silang antara ikan Midas Cichlid dan Redhead Cichlid, red parrot juga punya daya tahan yang baik sehingga bisa berusia lama. Versi yang lain menyebutkan bahwa ikan parrot merah adalah hasil perkawinan silang antara ikan Severum dan Red Devil.

Tidak cuma warnanya yang cantik dan punya daya tahan tubuh yang kuat, sifatnya yang tenang dan tidak agresif membuat red parrot dicintai penggemar ikan. Perawatan ikan parrot merah pun cukup mudah. Anda bisa meletakkannya di dalam aquarium bersama ikan hias lainnya, dengan ukuran yang disarankan dua kali ukuran tubuhnya dan punya pH air berkisar 7-8.

Untuk pakan, menurut salah satu pencinta ikan hias, makanan red parrot sama seperti ikan hias pada umumnya. Ikan tersebut dapat diberi pakan apa saja. Untuk pakan alami, Anda bisa memberikannya udang, cacing tanah, atau cacing beku. Sementara itu, untuk pakan buatan atau pelet, bisa diberikan produk yang mengandung protein dan agar pertumbuhan dan warna ikan tetap stabil. Pemberian pakan disarankan hanya dua kali sehari, pada pagi dan malam hari.

Ikan Kingkong Red Parrot (sumber: aquapets.ca)
Ikan Kingkong Red Parrot (sumber: aquapets.ca)

Nah, apabila Anda tertarik memelihara ikan red parrot, tidak sulit mendapatkan jenis ini. Anda bisa mencarinya di pasar ikan hias terdekat di daerah Anda. Selain itu, banyak juga pedagang yang menawarkan ikan parrot merah di sejumlah situs jual beli online. Sebagai referensi, berikut kisaran harga ikan red parrot di pasaran dalam negeri.

Harga Ikan Red Parrot

Ukuran Ikan Red Parrot Harga
Ikan Red Parrot No Tail 5 cm Rp37.500 – Rp50.000 per ekor
Ikan Red Parrot No Tail 8-9 cm Rp80.000 – Rp100.000 per ekor
Ikan Red Parrot Size 15 cm Rp300.000 – Rp500.000 per ekor
Kingkong Red Parrot Size 4 inch Rp870.000 – Rp1.270.000 per ekor

Daftar harga ikan red parrot di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko ikan hias dan sejumlah situs e-commerce. Perlu Anda catat bahwa harga ikan red parrot tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing pedagang bisa saja berbeda meski produk yang ditawarkan sama.

 

[1] Adzhar, Rizal Bustani, dkk. 2016. Prospek Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Hias di Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas dan Ilmu Kelautan Universitas Riau, Vol. 3(2).

[2] Putra, Aldi Erman, dkk. 2016. Analisis Usaha Budidaya Ikan Hias di Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas, Vol. 1.

Pos terkait