Perbedaan Tembaga Baru dan Bekas

Tembaga bekas adalah logam coklat kemerahan yang banyak ditemukan di seluruh dan biasanya harga tembaga bekas sangat terjangkau. Biasanya tembaga bekas ini dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai bahan yang bisa digunakan di dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya jenis plat tembaga bekas yang banyak dimanfaatkan oleh sejumlah perusahaan untuk membuat produk mereka.

Anda juga bisa menemukan tembaga bekas dengan mudah karena banyaknya permintaan. Selain itu, bagi Anda yang membutuhkan tembaga baru juga banyak tersedia, baik secara offline maupun online. Nah, untuk membedakan tembaga bekas dan baru bisa dilihat dari beberapa hal yang berbeda di bawah ini.

Bacaan Lainnya
Tembaga kupas (sumber: istockphoto)
Tembaga kupas (sumber: istockphoto)

Bedanya Tembaga Baru dan Bekas

Perbedaan tembaga baru dan bekas bisa dilihat dari beberapa hal, seperti:

Warna

Secara umum, warna tembaga baru dengan bekas bisa dilihat secara jelas, apalagi jika Anda membelinya di sembarang tempat. Biasanya jenis tembaga baru memiliki warna coklat kemerahan dan warnanya belum memudar. Ada beberapa tembaga bekas yang ditemukan dengan warna yang sudah pudar karena dimakan oleh waktu.

Namun, umumnya tembaga bekas masih tetap digunakan dan dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis . Apalagi sifat tembaga yang tahan terhadap korosi, meski terkena atau . Saat ini penggunaan tembaga baru maupun bekas masih tetap banyak, khususnya untuk membuat perabotan dan peralatan lainnya.

Harga

Jika dilihat dari segi harga, tentu saja tembaga baru dan bekas memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan. Umumnya tembaga baru memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan tembaga bekas. Hal ini juga berlaku untuk jenis logam lainnya yang kerap ditemukan di dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, Anda tidak usah cemas karena bisa menemukan tembaga bekas dimana saja, bahkan bisa membelinya secara online. Biasanya harga tembaga bekas disesuaikan dengan jenisnya, mulai dari yang jenis biasa hingga super. Tembaga bekas biasanya dijual per kg dengan harga mulai dari 100 ribu hingga 2 juta rupiah per kg.

Ketahanan

Ketahanan tembaga baru dengan tembaga bekas tentu saja berbeda, meskipun jenis logam satu ini memiliki ketahanan terhadap korosi. Tembaga bekas yang sudah terpakai dalam kurun waktu beberapa tahun pastinya memiliki penurunan kualitasnya. Terkadang juga menemukan tembaga bekas dengan kecacatan.

Tembaga baru tentu akan memiliki tingkat ketahanan lebih tinggi dibandingkan dengan tembaga bekas. Tembaga baru juga memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan bekas karena belum pernah dipakai dan tidak terkontaminasi dengan bahan lainnya selama pemakaiannya. Apalagi tembaga banyak dimanfaatkan untuk membuat alat kelistrikan, sehingga perlu memperhatikan kualitasnya.

Kualitas

Kualitas tembaga baru dan bekas sangat berbeda karena tembaga bekas biasanya sebelumnya sudah dipakai dan terkadang memiliki kecacatan. Hal ini bisa dilihat dari perubahan warna dan kecacatan yang ada pada tembaga. Anda akan menemukan kualitas tembaga baru yang dijamin masih bagus dan dipastikan tahan terhadap korosi.

Meskipun tembaga bekas juga masih bisa dimanfaatkan untuk membuat alat kelistrikan, namun memiliki kualitas yang sudah menurun. Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli tembaga baru atau bekas sesuai dengan kebutuhan. Pastikan juga Anda membeli tembaga di toko terpercaya dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Jadi, itulah beberapa perbedaan dari tembaga baru dengan bekas dan bagi Anda yang ingin membeli tembaga bekas bisa cek harga tembaga bekas terbaru dengan pilihan jenis yang beragam.

Pos terkait