Kegunaan dan Harga Sour Cream

Jika Anda suka memasak, pasti familiar dengan sour cream. Sour cream merupakan salah satu bahan yang kerap digunakan sebagai penyedap pada makanan atau dicampur dengan bahan lain untuk membuat saus. Menjadi favorit banyak ibu tangga, sour cream telah hadir dalam berbagai merk dan kemasan. Anda bisa membelinya di toko bahan makanan atau situs jual beli online dengan harga yang cukup terjangkau.

Apa Itu Sour Cream?

Bisa pula disebut krim asam, sour cream adalah produk susu yang didapatkan dengan melakukan fermentasi krim dengan jenis bakteri asam laktat tertentu. Kultur bakteri yang dimasukkan secara alami atau sengaja akan membuat krim menjadi asam dan mengental. Sour cream mungkin memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dan lebih tahan selain whey, umur simpan yang lebih lama, dan biasanya punya harga lebih murah dibandingkan produk susu alami.[1]

Bacaan Lainnya
Sour Cream (sumber: budgetbytes.com)
Sour Cream (sumber: budgetbytes.com)

Sour cream mirip dengan bahan asal Prancis. creme fraiche. Keduanya merupakan produk susu berwarna putih yang dibuat dengan bakteri yang mengentalkan krim dan memberikan rasa yang tajam. Namun, creme fraiche memiliki lebih banyak lemak, sehingga cocok untuk memasak dengan suhu tinggi yang akan menyebabkan krim asam menggumpal. Sementara itu, sour cream cenderung lebih asam dan creme fraîche bisa sangat atau agak encer.

FDA (Food and Drug Administration) menyatakan, krim asam yang diproduksi secara komersial mengandung tidak kurang dari 18% lemak susu sebelum ditambahkan bahan penggembur, dan tidak kurang dari 14,4% lemak susu dalam produk jadi. Selain itu, keasaman totalnya harus tidak kurang dari 0,5%. Ini juga dapat mengandung susu dan padatan whey, buttermilk, pati dalam jumlah tidak melebihi 1%, garam, dan rennet yang berasal dari ekstrak air dari perut keempat anak sapi atau domba, dalam jumlah yang sesuai dengan praktik manufaktur yang baik.

Secara umum, sour cream dapat digunakan langsung dari wadah atau kemasannya. Jika Anda melihat ada pemisahan, tuangkan cairan atau aduk kembali ke dalam sour cream. Dapat dimakan atau digunakan sebagai bahan tanpa dimasak, itulah sebabnya krim asam populer sebagai garnish, bumbu, saus mentah, olesan, atau bahan frosting.

Karena sensitif terhadap panas dan akan menggumpal, sour cream seringkali ditambahkan menjelang akhir waktu memasak. Namun, ia dapat bertahan dengan baik pada makanan yang dipanggang. Menambahkan satu atau dua sendok makan krim asam ke dalam resep biskuit, pancake, kue, atau muffin disebutkan dapat meningkatkan rasa dan tekstur.

Tips Memasak dengan Sour Cream

Ada beberapa trik memasak dengan krim asam yang bisa Anda coba. Letakkan di suhu kamar sebelum menambahkannya ke makanan panas, terutama cairan hangat. Anda juga bisa menambahkan 1 sendok makan tepung untuk setiap 1/2 cangkir sour cream. Ini akan menebalkan bahan-bahan seperti saus dan membantu mencegah pengeritingan.

Jika Anda memiliki resep slow cooker yang memerlukan sour cream, pertimbangkan untuk menggunakan krim asam tiruan sebagai gantinya. Ini menggabungkan susu, jus lemon, dan keju cottage, dan tidak akan rusak atau menggumpal di bawah banyak panas atau selama waktu memasak yang lama. Sementara itu, saat menggunakannya sebagai bumbu, hindari menggunakan wadah penyimpanan untuk menyajikan sour cream. Sendokkan sebanyak yang Anda perlukan ke dalam piring terpisah dan dinginkan sisanya.

Harga Sour Cream (sumber: allrecipes.com)
Harga Sour Cream (sumber: allrecipes.com)

Harga Sour Cream

Merk Sour Cream Harga
Tatua Sour Cream 200 gr Rp30.000
Yummy Sour Cream 200 gr Rp32.900
Tatua Sour Cream 500 gr Rp56.000
Tatua Sour Cream 1 kg Rp99.000
Daisy Sour Cream 100 gr Rp358.200

Informasi harga sour cream di atas kami kutip dari berbagai sumber, termasuk toko bahan makanan dan sejumlah situs e-commerce. Perlu Anda ketahui bahwa harga spur cream tersebut tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing penjual bisa saja meskipun produk yang ditawarkan sama.

Meski menjadi favorit untuk topping, sour cream konon kurang sehat lantaran tinggi kalori dan lemak jenuh. Namun, Anda tidak perlu risau karena sudah ada banyak bahan yang bisa dipakai sebagai alternatif pengganti krim asam. Bahan yang paling sering direkomendasikan adalah . Anda pun bisa menggunakan buttermilk, cream cheese, mayonaise, atau susu evaporasi sebagai pengganti sour cream.

[1] Honcharov, Denys, et al. 2021. Development of Fermentation Parameters of Milk-Fat Mixtures in the Production of Sour Cream Product with Phytosterols. Technology Audit and Production Reserves, Vol. 4(3): 37-41.

Pos terkait