Info Ciri Fisik dan Update Harga Burung Flamboyan di Pasaran

Kontes burung berkicau sempat mengalami pasang surut. Namun, beberapa tahun belakangan, kontes semakin marak, tidak hanya tingkat lokal dan regional, tetapi juga tingkat nasional mulai rutin dilaksanakan. Burung flamboyan menjadi salah satu burung yang ditawarkan dengan relatif terjangkau di pasaran.

Burung flamboyan (sumber: trikmerawat.com)
Burung flamboyan (sumber: trikmerawat.com)

Penyelenggara kontes burung berasal dari berbagai organisasi, perkumpulan pedagang burung, dan bird club. Sedangkan, untuk burung-burung yang dikonteskan sekarang ini hampir semuanya jenis burung lokal. Apabila Anda menemukan jenis burung impor, maka keberadaannya di arena kontes sebatas burung pelengkap. Kehadiran burung berkicau unggulan lokal sepertinya belum tersaingi. Ada beberapa jenis burung unggulan dengan kelas yang berbeda.[1]

Bacaan Lainnya

Flamboyan atau wergan menjadi jenis burung pilihan yang memiliki daya tarik tersendiri. Pasalnya, suara kicaunya cukup unik dan nyaring. Burung flamboyan yang memiliki bentuk tubuh yang mungil ini juga termasuk jenis yang senang sekali gacor. Berikut beberapa ciri fisik yang dimiliki burung flamboyan.

Ciri Fisik Burung Flamboyan

  • Bentuk tubuh kecil
  • Corak tubuhnya berwarna cokelat kemerahan dan putih keabu-abuan
  • Paruhnya memiliki warna hitam pekat
  • Ukuran paruhnya tidak terlalu panjang
  • Matanya bulat dan tidak terlalu besar
  • Pupil mata berwarna hitam dengan iris mata berwarna kuning tua

Perbedaan antara burung flamboyan jantan dan betina, dapat Anda perhatikan dari bagian paruh pada bagian bawahnya. Warna paruh bagian bawah pada burung flamboyan jantan lebih gelap dari betina. Selain itu, ukuran kepala burung flamboyan jantan besar, panjang, dan cepak dengan ekor lebih panjang dari betina.

Agar burung flamboyan rajin berkicau, maka Anda pun perlu memperhatikan pakan yang diberikan. Perawatan sehari-hari menjadi kunci memperoleh burung flamboyan yang sehat. Sebagai referensi, kami sajikan langkah burung flamboyan bagi pemula.

Burung flamboyan (sumber: kibrispdr.org)

Cara Perawatan Burung Flamboyan

Perhatikan Kebersihan Kandang

Burung Flamboyan menyukai suasana lingkungan yang bersih, untuk itu Anda perlu membersihkan sangkarnya secara rutin. Jangan biarkan kandangnya berbau, karena kandang yang kotor bisa membuatnya menjadi tidak nyaman hingga stres. Tak hanya kandang, pakan dan air minum juga harus dalam kondisi bersih untuk mencegah burung terserang penyakit.

Pemberian Pakan Sehat

Untuk makanan burung flamboyan, Anda bisa memberikan biji-bijian dan juga pakan berupa jangkrik, kroto, ulat hongkong, dan voer sebagai asupan pakan tambahannya. Pemberian buah-buahan dan sayuran juga diperlukan untuk kesehatan burung flamboyan. Sebagai pelengkap nutrisinya, tak ada salahnya membeli multivitamin burung.

Rajin Memandikan dan Menjemur Burung

Jemurlah burung flamboyan kesayangan Anda selama 1-3 jam setiap hari sekitar pukul 9 pagi atau pada sore hari. Jika sedang musim hujan, ada baiknya burung flamboyan dijemur pada pagi hari saja.

Pemasteran

Untuk melatih burung flamboyan Anda cepat gacor, maka Anda harus rajin melatihnya dengan suara burung masteran. Burung masteran sangat efektif membuat flamboyan Anda cepat gacor. Anda juga dapat mengajak burung flamboyan berkomunikasi dengan cara bersiul dan mengusap-usap bulunya. Hal ini juga dapat membuat burung Anda lebih dekat dan jinak.

Perlu diketahui, Anda dapat menempatkan burung flamboyan pada satu sangkar dan tidak digabung dengan jenis burung lainnya. Tujuannya tak lain agar tidak terjadi perkelahian antara burung satu dengan yang lainnya.

Wilayah persebaran burung flamboyan terdapat di seluruh Indonesia, terutama di Jawa Barat dan Jawa Tengah, khususnya wilayah dataran tinggi, seperti pegunungan. Namun, untuk populasi dari burung flamboyan ini cukup sulit ditemukan, karena adanya penebangan liar yang menyebabkan habitat alamnya rusak. Burung flamboyan terbilang mudah ditemukan di pasaran dengan cukup terjangkau dari jenis lainnya.

Burung Flamboyan (sumber: kicaumania.net)

Burung Flamboyan

Jenis Burung Flamboyan Kisaran Harga (Rp)
Burung Flamboyan pure total bunyi 105.000 per ekor
Burung Flamboyan rawatan hampir gacor 250.000 per ekor
Burung Flamboyan muda jantan/betina 250.000 per ekor
Burung Flamboyan fullset 300.000 per ekor
Burung Masteran Flamboyan 400.000 per ekor
Burung Flamboyan jantan dan betina 500.000 per pasang

Informasi di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2022. Harga tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, burung flamboyan tahun 2022 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, burung flamboyan rawatan hampir gacor yang dibanderol Rp200 ribu tahun 2021, naik menjadi Rp250 ribu tahun 2022. Anda dapat membeli burung flamboyan di pasar burung maupun e-commerce dengan harga bersaing.

[Update: Almas]

[1] Turut, Rusli. 2012. Burung Ocehan Juara Kontes. Jakarta: Penebar Swadaya Grup. Hlm 11.

Pos terkait