Info Terbaru Harga Burung Nuri Dusky (Anakan dan Dewasa)

Burung nuri termasuk dalam kelompok burung kakatua, perkici, kesturi, dan betet. Jenis burung ini sekarang menjadi burung yang paling digemari untuk dipelihara. Kepopuleran nuri sebagai hewan peliharaan mungkin menempati urutan kedua setelah anjing dan kucing. Ada banyak jenis nuri, dan salah satu yang ramai diperjualbelikan adalah jenis dusky dengan harga mencapai jutaan rupiah per ekor.

Ilustrasi: Harga Burung Nuri Dusky (credit: birdsville)
Ilustrasi: Harga Burung Nuri Dusky (credit: birdsville)

Kelompok burung nuri memiliki variasi jenis yang terbilang banyak. Di Indonesia, terdapat sekitar 85 jenis nuri, termasuk di antaranya 30 jenis yang terancam punah. Selain karena warnanya, salah satu daya tarik yang menyebabkan orang gemar memelihara nuri adalah kemampuannya berbicara atau menirukan kata-kata manusia.[1] Berikut beberapa jenis burung nuri yang terkenal di pasaran.

Bacaan Lainnya

Jenis Burung Nuri

  • Nuri Kepala Hitam. Ini adalah kasturi kepala hitam yang dilindungi sejak lama karena keberadaannya yang langka. Burung ini berasal dari Ternate, Papua, dan Ambon.
  • Nuri Ternate/Kepala Merah. Burung nuri yang dilindungi dan bisa bicara. Ciri fisiknya, bagian tubuh, leher, dan kepala didominasi warna merah.
  • Nuri Pelangi. Memiliki warna tubuh yang indah dengan populasi yang lebih banyak berada di kawasan Papua.
  • Nuri Dora. Masih satu spesies dengan nuri pelangi dengan panjang mencapai 25 cm.
  • Nuri Maluku. Memiliki ciri khas didominasi warna merah cerah dengan habitat asli berada di hutan primer, mangrove, dan perkebunan kelapa.
  • Nuri Talaud. Memiliki warna merah dan biru yang mencolok dan kerap hidup secara berkelompok.
  • Nuri Tanimbar. Memiliki ukuran tubuh sekitar 31 cm dengan warna merah cerah dan garis biru.
  • Nuri Sayap Hitam. Biasa disebut nuri merah bika dengan panjang tubuh sedang sekitar 30 cm, dan bulu berwarna merah cerah, tetapi bagian sayap dan punggung berwarna hitam.
  • Nuri Kalung Ungu. Burung ini tersebar di daerah Maluku Utara hingga Papua. Tubuhnya berwarna merah dengan corak berwarna biru kehitaman.
  • Nuri Telinga Biru. Warna tubuh didominasi merah dan bagian telinga biru, serta panjang sekitar 24 cm.
  • Nuri Hitam. Burung yang gemar hidup berkelompok di hutan terbuka ini dilindungi karena populasinya terancam punah.
  • Nuri Aru. Memiliki ciri khas bulu berwarna hijau kusam dengan mahkota berwarna merah.
  • Nuri Macan. Sifat burung ini cenderung pendiam dan mudah dijinakkan, warna burung didominasi hijau.
  • Nuri Raja Ambon. Populasi burung ini di kawasan Papua Barat, Peleng, dan Maluku, ukuran tubuh sedang dan tubuh bagian atas berwarna merah.
  • Nuri Bayan. Ukuran burung ini sekitar 43 cm, antara jantan dan betina memiliki warna yang berbeda.
  • Nuri Tanau. Ukuran sedang sekitar 18 cm dan habitatnya berada di dataran rendah sampai ke perbukitan.
  • Nuri Dusky. Memiliki corak tubuh berwarna hitam gelap dengan beberapa warna campuran. Pada bagian dada dan perut berwarna oranye, serta memiliki paruh yang bengkok berwarna jingga tua. Mata berwarna merah dan berwarna abu-abu. Berukuran sekitar 24 cm, dengan rata-rata 300 gram dan dapat hidup hingga umur 32 tahun.

Salah satu jenis burung nuri yang boleh dipelihara dan mudah ditemukan di pasaran adalah yakni nuri dusky. Anda pun sudah bisa membelinya di banyak situs jual beli online. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk memelihara burung satu ini, berikut informasi terbaru harga burung nuri jenis dusky anakan dan dewasa yang beredar di pasaran.

Nuri Dusky (sumber: Twitter)
Nuri Dusky (sumber: Twitter)

Harga Nuri Dusky

Usia Nuri Dusky Harga
Nuri Dusky Anakan Rp650.000 – Rp950.000 per ekor
Nuri Dusky Dewasa Rp1.815.000 per ekor

Informasi harga burung nuri dusky di atas kami peroleh dari berbagai sumber. Perlu Anda catat bahwa harga burung tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, nuri dusky anakan ditawarkan dengan harga Rp1 jutaan per ekor, sedangkan harga nuri dusky dewasa berkisar Rp2 jutaan per ekor.

Burung Nuri Dusky di Alam Liar - (www.petguide.com)
Burung Nuri Dusky di Alam Liar – (www.petguide.com)

Jika Anda tertarik varian ini, kebersihan kandang burung nuri dusky harus diperhatikan. Anda disarankan membersihkan kotoran burung nuri dusky dengan disinfektan secara rutin. Agar burung nuri dusky tetap sehat, Anda juga harus memperhatikan asupan makanan seperti buah-buahan. Selain itu, Anda juga dapat memberikan -bijian dan sayuran sebagai makanan pendamping burung nuri dusky.

(Panca)

[1] Mangunjaya, Fachruddin. 2004. Hidup Berdampingan dengan Alam. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, hlm. 53.

Pos terkait