Update Manfaat & Harga Buah Leci Per 1 Kg

No comment4778 views

leci dikenal dengan daging buahnya berwarna putih dan memiliki manis. Buah tersebut memiliki nama latin Litchi Chinensis. Leci pada umumnya ditemukan di China, India, Madagaskar, Nepal, Bangladesh, Pakistan, Taiwan Selatan dan Tengah, Vietnam Utara, Indonesia, Thailand, Filipina, Afrika Selatan dan Meksiko.

Buah leci

Buah leci

Ciri fisik yang bisa diamati dari buah leci antara lain:

  • Memiliki ukuran buah sebesar kelereng.
  • Kulitnya berwarna merah sedikit tebal dan keras.
  • Rasanya manis.
  • Dagingnya berwarna putih tebal.
  • Memiliki banyak kandungan air.
  • Memiliki biji yang bulat dan keras.
  • Bergerombol pada ujung tangkai.
  • Daunnya majemuk berbentuk bulat telur oval.

Habitat leci yaitu di lahan yang memiliki banyak kandungan air tapi tidak tergenang, tidak boleh terlalu panas, cocok di daratan setinggi 700 mdpl dengan curah hujan 2.000 mm per tahun. Suhu udara yang baik adalah sekitar 90-190 derajat celsius selama musim hujan dan 250-330 derajat celsius selama musim kemarau. 

Salah satu daerah yang memenuhi syarat untuk ditanami leci, yaitu Kabupaten Malang. Di daerah tersebut terdapat Taman Buah Bunton, yang ditanami buah leci. Permintaan akan buah tersebut juga tergolong meningkat, terutama bibitnya. Dalam sebulan, penjualannya mencapai 100 hingga 200 .

Sebagian besar adalah penjual bibit tanaman yang berada di sekitar Kota Malang dan pembeli ritel yang berada di sekitar Pulau Jawa, Kalimantan, dan Sumatera. Harga per bibit leci sekitar Rp50.000. Sedangkan, untuk harga buah leci per kg (1kg) dijual sekitar Rp25.000. Harga tersebut lebih murah apabila Anda membeli buah leci dalam kemasan kaleng.

harga, per, bibit, leci, kg, 1, dijual, sekitar, murah, lebih, dalam, kemasan, kaleng, manis, manfaat, kulit, rambut, kering, rontok, rusak, daging, buah, putih, ciri, fisik, perawatan, suhu, daratan

Buah leci (wikipedia.org)

Selain rasanya manis, buah leci juga memiliki banyak . Buah tersebut mengandung kadar C dan kalium yang tinggi. Zat-zat pada leci dianggap dapat mencegah dan mengobati aneka penyakit seperti batuk, luka lambung, dan hipertensi.

Tidak hanya itu saja, buah leci juga dianggap dapat dijadikan bahan alami untuk merawat rambut dan kulit. Biji pada leci tidak dapat dimakan, sehingga Anda hanya dapat menggunakan pula sendiri dalam bentuk jus. 

Anda pun bisa mengaplikasikan leci pada rambut, dan juga kulit. Tetapi, cara pengaplikasiannya tidak sama. Untuk mengatasi kulit kering, Anda menggunakan leci dengan cara memisahkan sepuluh leci dari bijinya, kemudian haluskan dengan blender. Setelah itu, tambahkan dua sendok teh madu mentah. Campur keduanya. Pijat kulit Anda, terutama di daerah yang Anda anggap ekstra kering. Aroma campuran madu dan leci dapat memberikan sensasi segar yang khas. Setelah 20 menit, bilas dengan air dingin. 

Selain itu, Anda dapat melakukan perawatan rambut rusak dan rontok dengan leci. Siapkan sepuluh hingga dua belas leci, kupas, dan haluskan hingga berbentuk pasta. Campurkan minyak rambut Anda pada leci yang telah dihaluskan. Lalu, oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dan biarkan selama semalaman sebelum Anda mencuci rambut.

[Update: Galih Conainthata]

Baca juga  Harga Pupuk Urea per Kg, Favorit Banyak Petani
loading...
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Manfaat & Harga Buah Leci Per 1 Kg"