Update Manfaat dan Harga Garam Ikan

No comment9359 views

Ikan merupakan salah satu binatang yang banyak dipelihara oleh manusia, baik untuk dijual kembali (ternak) maupun hanya untuk sekadar pajangan di rumah (ikan hias). Layaknya lainnya, ketika memelihara ikan, Anda juga harus memerhatikan kondisi kesehatan hewan tersebut. Jika ikan Anda terkena penyakit gatal-gatal atau sejenis kutil, Anda bisa memasukkan garam ikan di akuarium, yang saat ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Benda yang berupa kristal berwarna putih ini memang telah lama dikenal oleh penggemar ikan hias, terutama mereka yang memelihara ikan di dalam akuarium (aquarium). Garam yang dimaksud adalah garam NaCl, yang sekilas mirip dengan garam dapur untuk memasak. Meski punya kesamaan rasa dan bentuk, namun garam untuk ikan hanya mengandung NaCl, sedangkan garam dapur sudah diperkaya zat-zat lain yang diperlukan manusia, seperti Iodium.

Ilustrasi: Garam Ikan (credit: exportersindia)

Ilustrasi: Garam Ikan (credit: exportersindia)

Manfaat Garam Ikan

Air masuk ke dalam tubuh ikan secara terus-menerus melalui insang. Sistem ini secara pasif terjadi melalui suatu sistem yang dinamakan sistem osmosis, yaitu berlangsung akibat kadar garam dalam tubuh ikan yang lebih tinggi dibandingkan dengan lingkungan sekitar. Sebaliknya, garam cenderung keluar dari tubuh ikan, dan dalam kondisi normal, sistem ini terjadi secara seimbang.

Nah, ketika ikan dalam kondisi sakit, luka, atau stres, maka sistem osmosis dapat terganggu sehingga air dapat lebih banyak masuk ke dalam tubuh ikan. Selain itu, garam yang keluar dari tubuh ikan juga meningkat, sehingga mengakibatkan beban kerja ginjal ikan untuk memompa air keluar dari dalam tubuh menjadi meningkat. Jika kondisi ini dibiarkan, maka ginjal ikan bisa rusak yang selanjutnya menyebabkan kematian ikan yang bersangkutan.

Dalam kondisi normal, ikan mampu mengeluarkan air kurang lebih sepertiga dari berat total tubuhnya setiap hari. Penambahan garam ikan diharapkan akan membantu menjaga keseimbangan ini sehingga ikan akan tetap bertahan hidup serta memiliki kesempatan untuk memulihkan tubuhnya dari luka atau penyakit. Pada kadar yang tinggi, garam akan berfungsi untuk mematikan penyakit yang diderita ikan, terutama yang disebabkan oleh jamur serta bakteri.

Selain itu, bila ikan anda dalam keadaan stres, maka akan mengganggu proses osmoregulasi di dalam tubuhnya. Hal ini terjadi terutama pada ikan yang baru masuk kolam. Karena itu, garam dapat digunakan untuk membantu mengurangi stres. Pemakaian garam dalam kasus ini dapat dilakukan dengan menaburkan garam dengan konsentrasi rendah yaitu 5 gram per liter air kolam. Proses ini dapat membantu meringankan stres osmotik dengan mengurangi gradien osmotik sehingga mengurangi aliran air ke dalam tubuh ikan.

Dosis Pemberian Garam Ikan

 

Baca juga  Info Lengkap Harga Boncabe Level 2, 3, 10, 15 di Pasaran
Manfaat Garam Ikan - www.tokopedia.com

Manfaat Garam Ikan - www.tokopedia.com\

  • Sebagai tonik, atau dalam bahasa umumnya biasa disebut “”, dianjurkan untuk memberikan garam ikan sebanyak satu sampai dua sendok teh per empat liter air, atau sebanyak satu sampai dua gram per liter air. Garam bisa disiapkan di suatu wadah, lalu dilarutkan dengan air. Setelah garam tersebut sudah larut, kemudian dimasukkan ke dalam akuarium.
  • Untuk pengobatan infeksi jamur atau bakteri, diperlukan larutan garam dengan konsentrasi satu persen atau 10 gram per satu liter air. Pemberian larutan ini sebaiknya dilakukan sedikit demi sedikit sehingga konsentrasi tersebut dapat tercapai setelah 24 jam sampai 48 jam. Jadi, jangan memberikan larutan garam tersebut sekaligus ke dalam akuarium.
  • Untuk mengurangi pengaruh nitrit, dosis yang dianjurkan adalah 1 gram per liter air.
  • Untuk melepaskan lintah, dapat dilakukan dengan merendam ikan yang bersangkutan secara singkat dalam larutan garam 2,5 persen. Perendaman pada dosis demikian akan menyebabkan lintah melepaskan diri dari tubuh ikan. Meskipun demikian, larutan ini tidak akan membunuh lintah itu sendiri.
  • Pengobatan terhadap infeksi Piscinoodinium dapat dilakukan dengan perendaman jangka panjang dalam larutan garam dengan konsentrasi 10 gram per 45 liter air, atau 1 sendok teh per 4 liter air.

Harga Garam Ikan

Garam IkanHarga
250 gramRp3.000 – Rp5.000
650 gramRp4.000 – Rp7.000
1 kgRp7.000 – Rp15.000
5 kgRp24.000 – Rp75.000
50 kgRp95.000 – Rp400.000

Harga garam ikan di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk jual beli online. Sebagai perbandingan, pada tahun 2019 harga garam ikan dibanderol mulai Rp2.500 per 250 gr hingga Rp200.000 per 50 kg. Kemudian, tahun 2021 ini harga garam ikan mengalami perubahan dibanding tahun lalu. 

Misalnya, garam ikan kemasan karung isi 50 kg yang tadinya cukup mahal, berkisar antara Rp260 ribu sampai Rp555 ribu tahun 2020, kini turun jadi kisaran Rp95 ribu sampai Rp400 ribu saja. Sedangkan untuk ukuran lainnya hanya mengalami kenaikan atau penurunan beberapa ribu rupiah saja. Untuk mengetahui informasi lebih detail, Anda bisa langsung datang ke toko atau pasar ikan di sekitar domisili Anda.

[Update: Dian]

Baca juga  Update Harga Color Correcting (CC) Cream Viva
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Manfaat dan Harga Garam Ikan"