Macam-macam Lampu LED dan Harganya

No comment2515 views

Untuk penggunaan sesuai dengan kebutuhan pencahayaan serta efek yang diinginkan, Anda perlu mengenal jenis-jenis . Tiap jenis memiliki dan kekurangan masing-masing, tinggal Anda menentukan mana yang paling sesuai untuk kebutuhan tiap-tiap di rumah.

Macam-macam, lampu, led, dan, harganya, rumah, kecil, terang, motor, mobil, miniature, SMD, COB, bicolor, super flux, high, power

Macam-macam Lampu dan Harganya (whosgreenaz.com)

LED adalah singkatan dari Light Emitting Diode adalah sebuah komponen elektronika yang memiliki kemampuan dapat memancarkan cahaya monokromatik melalui tegangan maju. Komponen yang satu ini masuk dalam keluarga dioda karena menggunakan bahan semi konduktor.

Sering dijuluki sebagai sumber cahaya di abad ke-21, jenis lampu LED ini memanfaatkan teknologi semi-konduktor yang hampir sama dengan teknologi pada , telepon pintar, serta alat-alat elektronik yang kita gunakan saat ini.

Light Emitting Diodes memiliki beberapa keunggulan, yakni beberapa jenis penerangan & lampu LED mampu mengeluarkan 135 lumens/watt, bandingkan dengan bohlam yang rata-rata hanya mampu mengeluarkan 15 lumens/wat. Jenis lampu LED langsung mencapai keterangan maksimalnya tanpa perlu periode ‘pemanasan’ seperti CFL.

Selain itu, LED juga lebih bersahabat dengan lingkungan, bukan hanya keefisienannya, tapi juga karena tidak mengandung material berbahaya seperti merkuri. Dan karena teknologi yang digunakan mirip dengan yang diterapkan pada chip komputer, lampu jenis ini sangat terkontrol bahkan dan tingkat keterangan tiap lampu bisa diubah sesuai keinginan.

Namun yang menjadi kelemahannya adalah harganya lebih mahal dan cahayanya menyebar ke segala arah. Misalnya digunakan pada lampu meja, sinarnya akan menerangi seluruh ruangan.

Seiring perkembangan waktu, komponen LED memiliki banyak sekali jenis mulai dari bentuk, warna, sampai dengan fungsinya. Saat ini LED banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari mulai dari untuk lampu rumah, lampu motor atau mobil, flashlight HP, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Prinsip kerja LED sangat sederhana yakni hanya dengan mengubah energi listrik menjadi cahaya. Seperti yang kita tahu bahwa warna cahaya yang dihasilkan oleh LED berbeda-beda. Tentunya konsumsi listriknya juga beda-beda. Berikut jenis LED berdasarkan warna dan konsumsi listriknya.

  • LED warna Merah : 1,8 volt
  • LED warna Jingga : 2 volt
  • LED warna Kuning : 2,2 volt
  • LED warna Hijau : 3,5 volt
  • LED warna Biru : 3,6 volt
  • LED warna Putih : 4 volt
  • LED warna Infra Merah : 1,2 volt
Macam-macam, lampu, led, dan, harganya, rumah, kecil, terang, motor, mobil, miniature, SMD, COB, bicolor, super flux, high, power

Macam-macam Lampu LED dan Harganya (yslv.co.uk)

Sementara beberapa macam lampu LED yang ada di dan kerap dimanfaatkan oleh masyarakat antara lain miniatur LED, super flux LED, bicolor LED, SMD LED, COB LED, hingga high power LED.

Miniature LED biasanya digunakan sebagai indikator ataupun hiasan saja. Ukurannya sangat kecil dan tersedia dalam beberapa jenis warna. Miniature LED termasuk salah satu jenis lampu LED yang dijual dengan paling murah. Sesuai dengan namanya, miniatur LED ini memiliki bentuk yang mungil. Lampu LED jenis ini biasa digunakan sebagai lampu indikator pada ponsel. Selain digunakan pada ponsel, miniatur LED juga digunakan sebagai lampu indikator pada beberapa alat elektronik seperti televisi, remote, dan layar monitor komputer Anda.

Sementara super flux LED merupakan salah satu jenis LED yang memiliki konsumsi listrik tinggi. Tak heran memang karena LED jenis ini punya dua kutub positif dan juga dua kutub negatif. Sangat berbanding terbalik dengan jenis lampu LED lainnya, super flux LED ini membutuhkan yang tinggi sehingga lebih cocok digunakan untuk keperluan komersial.

Super flux LED banyak digunakan untuk penerangan lampu di papan iklan yang ada di pinggir-pinggir jalan. Super flux LED ini juga merupakan jenis lampu LED yang sering digunakan sebagai pencahayaan untuk panggung.

Sesuai namanya, bicolor LED merupakan salah satu jenis LED yang dapat mengeluarkan cahaya lebih dari satu warna. Jenis lampu LED yang satu ini dapat mengeluarkan cahaya dalam berbagai macam warna secara bergantian. Bicolor LED banyak diaplikasikan pada mainan anak-anak.

Contoh lain dari jenis bicolor LED adalah lampu hias yang biasa dipasang di taman-taman. Jika Anda amati pada lampu-lampu tersebut maka akan terlihat bahwa satu lampu dapat memancarkan beraneka warna cahaya secara bergantian.

Kemudian COB LED yang merupakan singkatan dari chip on board adalah jenis lampu LED yang dapat menyala lebih terang dan merata karena memiliki banyak sekali chip dalam satu papan. Sebenarnya jenis lampu LED COB ini merupakan pengembangan dari lampu LED jenis SMD. Jadi kualitasnya berada setingkat di atas SMD LED.

Untuk jenis high power LED, disebut-sebut memiliki kemampuan dapat memunculkan cahaya dengan intensitas yang lebih tinggi atau terang. Akan tetapi jenis LED yang satu ini juga lebih mudah panas jika dibandingkan dengan lampu LED jenis lain. Bukan hanya untuk industri-industri besar, ternyata high power LED juga banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai lampu akuarium, lampu senter, dan bahkan digunakan pula untuk penerangan ruangan.

Macam-macam, lampu, led, dan, harganya, rumah, kecil, terang, motor, mobil, miniature, SMD, COB, bicolor, super flux, high, power

Macam-macam Lampu LED dan Harganya (ledvance.com)

Jenis selanjutnya adalah SMD atau surface mount device yang merupakan salah satu jenis lampu LED yang memiliki sangat kecil. Jenis LED yang satu ini banyak digunakan untuk berbagai macam peralatan rumah tangga mulai dari senter, lampu ruangan, lampu hias, sampai dengan lampu emergency.

Berbeda dengan high power LED, surface mount device LED tidak mudah panas. Selain itu, yang menjadi pembeda antara surface mount device LED dengan high power LED adalah jumlah daya yang dikonsumsi. Surface mount device LED mengonsumsi daya dengan jumlah yang jauh lebih sedikit daripada high power LED.

Terlepas dari beberapa perbedaan tersebut, keduanya sama-sama menghasilkan intensitas cahaya yang tinggi. Akan tetapi surface mount device LED mempunyai kekurangan yakni pancaran cahaya yang dihasilkannya kurang merata. Mayoritas lampu penerangan untuk rumah tangga biasanya menggunakan lampu LED jenis ini.

Agar Anda tidak kebingungan saat hendak mencari atau membeli LED di pasaran, berikut kami berikan informasi mengenai macam-macam lampu LED yang ada di pasaran lengkap dengan harga terbarunya.

Jenis Lampu LEDHarga
Miniature LED Rp150 per biji
Super Flux LEDRp850 per biji
Bicolor LEDRp4.000 per biji
SMD LEDRp3.000 per biji
COB LEDRp20.000 per biji
High Power LEDRp2.000 per biji

Anda bisa memilih jenis dan watt lampu LED sesuai dengan kebutuhan, karena pastinya setiap ruangan rumah seperti ruang tamu, kamar, ruang santai, kamar mandi, teras rumah, dapur dan garasi memerlukan tingkat pencahayaan yang berbeda.

Baca juga  Spesifikasi dan Harga Keyboard KORG Pa700 (Baru dan Bekas)
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Macam-macam Lampu LED dan Harganya"