Update Biaya Produksi: Arti, Jenis, Contoh & Cara Mengendalikannya

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah biaya. Biaya merupakan salah satu komponen terpenting dalam akuntansi manajemen suatu perusahaan. Biaya bisa disebut sebagai kas atau nilai ekuivalen kas yang dikorbankan untuk mendapatkan barang atau jasa yang diharapkan memberikan saat ini atau di masa yang akan datang.

Ilustrasi: aktivitas produksi di pabrik

Ilustrasi: aktivitas produksi di pabrik

Biaya sendiri dapat dibagi menjadi beberapa jenis, salah satunya . adalah semua pengeluaran ekonomis yang harus dikeluarkan untuk memproduksi suatu barang. juga dapat didefinisikan sebagai pengeluaran yang dilakukan perusahaan untuk mendapatkan faktor-faktor produksi dan bahan baku yang akan digunakan guna menghasilkan suatu .

Pengertian lain biaya produksi yakni biaya-biaya yang berhubungan langsung dengan produksi dari suatu produk dan akan dipertemukan dengan penghasilan (revenue) di periode produk itu dijual. Biaya produksi juga bisa didefinisikan sebagai biaya-biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi yang siap untuk dijual. Biaya produksi dapat meliputi unsur-unsur sebagai berikut.

  • Bahan baku atau bahan dasar termasuk bahan setengah jadi.
  • Bahan-bahan pembantu atau penolong.
  • Upah tenaga dari tenaga kuli hingga direktur.
  • Penyusutan peralatan produksi.
  • , modal, sewa.
  • Biaya penunjang seperti biaya angkut, biaya administrasi, pemeliharaan, biaya listrik, biaya keamanan, dan asuransi.
  • Biaya pemasaran seperti biaya iklan.
  • Pajak.

Biaya produksi membentuk pokok produksi yang digunakan untuk menghitung pokok produk jadi dan pokok produk pada akhir periode akuntansi masih dalam proses. Biaya produksi digolongkan dalam tiga jenis yang juga merupakan elemen-elemen utama dari biaya produksi, yaitu:

  • Biaya bahan baku (direct material ); merupakan bahan secara langsung digunakan dalam produksi untuk mewujudkan suatu macam produk jadi yang siap untuk dipasarkan.
  • Biaya tenaga kerja langsung (direct labour cost); merupakan biaya-biaya bagi para tenaga kerja langsung ditempatkan dan didayagunakan dalam menangani -kegiatan proses produk jadi dan diterjunkan secara langsung dalam produksi untuk menangani segala peralatan produksi.
  • Biaya overhead pabrik (factory overhead cost); umumnya didefinisikan sebagai bahan tidak langsung, tenaga kerja tidak langsung, dan biaya pabrik lainnya, seperti biaya pemeliharaan pabrik, yang tidak secara mudah didefinisikan atau dibebankan pada suatu pekerjaan.
biaya, produksi, semua, pengeluaran, ekonomis, suatu, barang, tiga, jenis, elemen, utama, metode, alat, pengendalian, standar, bahan, baku, tenaga, kerja, overhead, eksplisit, implisit

Perhitungan biaya (entrepreneur.com)

Sementara, jika dilihat dari biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan, biaya produksi dibagi menjadi biaya eksplisit dan biaya implisit. Biaya eksplisit adalah semua pengeluaran untuk memperoleh faktor-faktor produksi dan input lain yang dibayar melalui pasaran (pembayaran berupa uang). Sementara, biaya implisit adalah biaya yang tidak terlihat secara langsung, misalnya biaya penyusutan barang modal.

Di samping itu, biaya produksi juga dapat digolongkan berdasarkan jangka waktunya, yaitu jangka waktu pendek dan jangka waktu panjang. Biaya produksi dalam jangka waktu pendek adalah jangka waktu ketika sebagian faktor produksi tidak dapat ditambah lagi jumlahnya. Sementara, biaya produksi dalam jangka waktu panjang adalah segala faktor produksi yang masih dapat diubah-ubah.

Dalam praktik di dunia usaha, untuk mendapatkan keuntungan yang optimal diperlukan pengendalian terhadap biaya produksi. Hal tersebut perlu dilakukan agar biaya produksi yang digunakan dapat menjadi efisien.

Salah satu yang dapat digunakan sebagai alat pengendalian (cara mengendalikan) biaya produksi yaitu dengan menetapkan biaya standar. Biaya standar adalah biaya yang ditentukan di muka, yang merupakan jumlah biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk membiayai kegiatan produksi yang paling efisien.

Penetapan biaya standar dapat memberikan pedoman untuk mengetahui biaya yang seharusnya terjadi dalam proses produksi. Proses produksi yang dilaksanakan menjadi faktor penting karena berpengaruh terhadap biaya produksi bagi perusahaan, baik itu perusahaan yang berskala besar maupun perusahaan berskala kecil dan menengah.

[Update: Dian]

Baca juga  Harga Mesin Jahit Juki Baru dan Second (Berbagai Tipe)
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Biaya Produksi: Arti, Jenis, Contoh & Cara Mengendalikannya"