Jenis dan Kisaran Harga Burung Pleci

No comment1161 views

Di antara sekian banyak burung yang beredar di Indonesia, pleci merupakan salah satu jenis yang mendapat tempat spesial di kalangan penggemar . Pasalnya, walau memiliki tubuh yang lumayan mungil, suara yang dihasilkan varian ini cukup keras dan terdengar merdu. Di pasaran sendiri, jenis yang sudah gacor rata-rata ditawarkan dengan ratusan ribu rupiah per ekor.

Penggemar burung di Indonesia agaknya berbanding lurus dengan jumlah jenisnya yang beredar di Tanah Air. Bahkan, tidak sedikit yang akhirnya mendirikan komunitas penggemar burung, yang tidak hanya melibatkan kalangan kelas atas yang memiliki kemampuan ekonomi lebih untuk membeli burung, melainkan juga masyarakat kelas menengah ke bawah.

Harga Burung Pleci - infobinatang.com

Pleci - infobinatang.com

Jika dulunya orang memelihara burung lantaran konteks historis, terutama di masyarakat Jawa, sekarang alasannya telah bergeser dan menjadi beragam. Dalam konteks kekinian, ada beberapa alasan yang melatarbelakangi seseorang memelihara burung, antara lain kepentingan pasar, kepentingan konservasi, hingga kepentingan komunitas pencinta burung itu sendiri.[1]

Karena itu, jenis burung yang dipelihara manusia saat ini pun semakin beragam. Jika dulunya perkutut menjadi idola, seperti perkutut songgo ratu yang dipercaya sebagai dapat membawa keberuntungan, entah itu dalam hal kesehatan dan kekayaan,[2] kini jenis-jenis lain semakin dilirik, semisal lovebird, murai batu, jalak, opior, hingga pleci.

Ciri Burung Pleci

Khusus nama yang terakhir, ini adalah salah satu varian burung yang termasuk dalam suku Zosteropidae. Biasa juga disebut burung kacamata atau Zosterops, ini genus burung pengicau yang memiliki mata-putih khas dalam keluarga Zosteropidae. Genus ini memiliki jumlah spesies terbesar dalam keluarga mata-putih, menyebar di Afrotropical, Indomalaya, hingga Australasia.

Baca juga  Update Harga Jual Kroto per Kilo dan Eceran

Secara postur tubuh, jenis ini memiliki panjang antara 8 hingga 15 cm, termasuk besar untuk dibandingkan burung kicau mungil lainnya. Ciri paling khas mereka adalah cincin bulu putih yang mencolok di sekitar mata, meskipun beberapa spesies tidak memilikinya. Spesies dalam kelompok ini bervariasi dalam adaptasi struktural lidah.[3] Selain ukurannya yang besar, burung ini memiliki warna yang hitam serta abu-abu di bagian perutnya. Di antara spesies pleci, juga ada sub-spesies yang perutnya berwarna garis kuning.

Jenis Pleci

  • Pleci Dada Kuning Mata Putih (Dakun Maput). Sering dikatakan sebagai jenis yang cukup istimewa karena memiliki suara kristal dan bening. Ciri fisiknya ialah memiliki lingkaran mata berwarna putih, dada berwarna kuning, dan bagian punggung berwarna hijau kekuningan.
  • Pleci Dada Kuning Mata Cokelat (Dakun Macok). Menjadi favorit di kalangan pencinta burung kacamata karena suaranya yang jernih dan keras. Jenis ini juga banyak dipelihara karena harganya yang tidak terlalu mahal. pleci jenis ini adalah di Pulau Jawa.
  • Pleci Dada Kuning Mata Merah (Dakun Marmer). Salah satu jenis yang mempunyai mental yang kuat dan volume suara yang keras. Rata-rata memiliki iris mata berwarna merah. Warna merah menandakan kalau sifat burung ini kejam dan tangguh.
  • Pleci Dada Kuning Bali. Memiliki postur tubuh yang lebih besar dibandingkan pleci Jawa. Perbedaan yang paling menonjol yaitu pada bagian lingkar putih di sekitar mata lebih lebar serta suaranya mirip dengan ayam alas ketika berkicau.
  • Pleci Dada Kuning Garut. Biasanya sangat mendominasi di ajang perlombaan karena memiliki jenis suara yang lantang dan bervariasi. Ciri dari pleci Garut yaitu memiliki paruh panjang dan lebar, serta warna bulu bagian dada berwarna kuning bening.
  • Pleci Dada Kuning Jawa Timur. Memiliki nama latin Zosterops Flavus, jenis ini punya warna punggung dan dada yang lebih cerah dan tidak memiliki garis mata hitam pada mata.
  • Pleci Lombok. Hidup di dua pulau yang berdekatan, yaitu Nusa Penida (Bali) dan Pulau Lombok (Nusa Tenggara Barat). Ciri fisiknya mirip dengan pleci dakun maput serta suara seperti anak ayam.
  • Pleci Buxtoni. Rata-rata mempunyai tubuh kecil. Walaupun tubuhnya kecil, burung satu ini mempunyai jenis suara yang mengkristal.
  • Pleci Auriventer. Ciri fisiknya mirip pleci buxtoni, dengan kacamata yang tebal dan iris mata berwarna cokelat. Kicauan pleci jenis ini juga memiliki ciri khusus, yakni suara yang ngebass dan mendayu.
  • Pleci Montanus. Mempunyai postur tubuh sekitar 11 cm, atau lebih besar dari buxtoni dan auri. Ciri yang nampak dari pleci ini adalah bulu perutnya berwarna putih keabu-abuan, serta pada bagian sisi tubuh berwarna kecokelatan.
  • Pleci Salvadori Enggano. Mempunyai ukuran badan yang cukup besar. Ciri yang nampak adalah punggungnya berwarna kekuningan serta dada berwarna abu-abu gelap, dan juga warna kepala yang agak kehitaman.
  • Pleci Papua. Memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 11 cm. Warnanya biasanya putih cerah di bagian dada dan terdapat warna kuning pada tenggorokan. Pleci Papua juga memiliki dahi berwarna hitam dan terdapat mahkota dan penutup telinga yang berwarna hijau kekuningan.

    Jenis Burung Pleci - hewanesia.com

    Jenis Burung Pleci - hewanesia.com

Harga Pleci

Jenis PleciKisaran Harga
Pleci PapuaAnakan  Rp50.000 per ekor
Gacor : Rp350.000 – Rp1.000.000 per ekor
Pleci MontanusRp70.000 per ekor
Pleci Dakun Kintamani (Bali)Rp100.000 per ekor
Pleci Salvadori EngganoRp100.000 per ekor
Pleci Dakun MarmerRp100.000 – Rp250.000 per ekor
Pleci LombokRp100.000 – Rp500.000 per ekor
Pleci Auriventer Bahan : Rp125.000 – Rp150.000 per ekor
: Rp200.000 per ekor
Pleci Dakun GarutRp179.000 – Rp200.000 per ekor
Pleci Dakun Priangan GacorRp608.000 per ekor
Pleci Dakun Jawa TimurRp650.000 per ekor
Pleci Dakun Mata Putih KontesRp3.000.000 – Rp5.000.000 per ekor

Harga burung pleci di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa situs jual beli dan forum online. Perlu dicatat bahwa harga burung pleci tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, Anda bisa langsung mengunjungi pasar hewan atau pasar burung terdekat di daerah Anda.

[1] Supriyadi, Anton, Endriatmo Soetarto, Arya Hadi Dharmawan. 2008. Analisis Sosio-Ekologi dan Sosio-Budaya Burung Berkicau di Dua Kota di Indonesia: Teladan dari Surabaya dan Yogyakarta. Sodality: Jurnal Transdisiplin Sosiologi, Komunikasi, dan Ekologi Manusia, Vol. 2(1): 99-120.

[2] Sanjaya, Abda Lucky, Agus Purwantoro dan Novita Wahyuningsih. 2017. Katurangganing Perkutut. Jurnal Ekspresi Seni, Vol. 19(2): 174-192.

[3] Moreau, R. E, M. Perins, J. T. Hughes. 1969. Tongues of The Zosteropidae (white-eyes). Ardea (57): 29-47.

Baca juga  Update Harga Kostum Bola 1 Lusin di Pasaran
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Jenis dan Kisaran Harga Burung Pleci"