Info Cara Budidaya dan Harga Pohon Sikas di Pasaran

Palem sikas termasuk hias papan atas yang nilai jualnya stabil di angka tinggi. Tingginya sikas kemungkinan disebabkan oleh pertumbuhannya yang lambat dan statusnya yang terhormat sebagai purba. Anda dapat menemukan berbagai pohon sikas dengan harga berbeda-beda, bahkan ada yang mencapai puluhan juta rupiah.

Pohon sikas palem (sumber: masiaangela.com)

Pohon sikas palem (sumber: masiaangela.com)

Bicara soal tanaman yang satu ini, pohon sikas ternyata terbagi menjadi 12 jenis yang dapat dijadikan sebagai tanaman hias. Berdasarkan sifat pertumbuhannya, ada jenis pohon sikas yang pertumbuhannya lambat, sedang, bahkan ada pula yang relatif cepat. Dengan ukuran dan sifat pertumbuhan yang berbeda ini, sikas dapat digolongkan menjadi tiga, yaitu kerdil, sedang, hingga bongsor. Lantas, apa saja jenis pohon sikas yang beredar di ?

Jenis Pohon Sikas

  • Cycas revoluta
  • Cycas rumphii
  • Cycas circinalis
  • Cycas media
  • Cycas siamensis
  • Cycas pectinata
  • Cycas micholitzii

Semua jenis tanaman sikas menyukai media yang porous (tidak mengikat air), karena sikas tidak menyukai kondisi yang lembap. Jika ditanam dalam pot, tempatkan pada pot yang agak dalam agar akar utama (taproot) bisa tumbuh maksimal, terutama untuk tanaman yang baru tumbuh. Akar ini akan membesar seperti umbi untuk dipakai sebagai cadangan makanan.

Baca juga  Harga Buah Vanili Kering dan Basah Terbaru di Pasaran

Tanaman sikas umumnya jarang diserang penyakit, terutama jika dirawat dengan baik. Serangan penyakit yang mungkin terjadi pada pohon sikas ditandai dengan adanya bercak-bercak cokelat sampai kehitaman pada . Untuk mengendalikannya, segera potong dan hancurkan bagian yang sakit. Selain itu, semprot dengan fungisida tepat dengan dosis sesuai anjuran. Sementara itu, untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut, gunakan benih yang sehat dan atur jarak tanam agar tidak terlalu rapat.

Palem sikas (sumber: landscapic.com)

Palem sikas (sumber: landscapic.com)

Cara Budidaya Pohon Sikas

Teknik perbanyakan pohon sikas biasanya dilakukan secara vegetatif yakni memisahkan anakan sikas dengan utamanya. Sebelum dilakukan pemisahan, ada baiknya Anda memperhatikan kondisi induk dan anakan yang akan dipisahkan. Induk sikas sekurang-kurangnya telah berumur empat tahun dan dalam kondisi sehat dengan tinggi minimal 30 cm.

Pada umur tiga tahun, biasanya tanaman sikas mengeluarkan tunas anakan dari batang atau pangkal akarnya. Kondisi anakan yang hendak dipisahkan sebaiknya sudah berumur satu tahun dan berdiameter 6-7 cm dengan jumlah daun minimal sebanyak 3 pelepah. Pemisahan anakan sikas dilakukan dengan cara membongkar atau menggali tanaman di sekitarnya hingga seluruh bagian anakan terbuka.

Baca juga  Info Kandungan Gizi dan Harga Kacang Almond Slice di Pasaran

Langkah berikutnya, ambil pisau tajam yang sudah disterilkan dengan alkohol dan potong pangkal anakan yang menempel pada induk. Lalu pindah dan tanam anakan ke pot persemaian yang telah diisi media tanam dengan kedalaman anak yakni 20-30 cm. Padatkan media tanam yang berdekatan dengan anakan itu agar bisa berdiri tegak dan kokoh.[1] Tanaman sikas memiliki bonggol yang biasanya ditanam, bonggol ini biasanya yang digunakan sebagai tolak ukur harga tanaman sikas selain dari tingginya.

Harga Pohon Sikas Berbagai Ukuran

Varian palem sikas (sumber: samprathifarms.com)

Varian palem sikas (sumber: samprathifarms.com)

Ukuran Pohon SikasKisaran Harga (Rp)
Tanaman sikas anakan 30 cm35.000
Tanaman Cycas rumphii 20 cm50.000 – 80.000
Tanaman sikas anakan 50 cm85.000
Tanaman sikas anakan berat 300 gr100.000
Tanaman Cycas revoluta (mawar jambe) 20 cm250.000
Paket 3 bibit tanaman sikas267.800
Tanaman Cycas siamensis300.000
Tanaman hias zamia sikas378.000
Pohon sikas rimbun tinggi 50 cm dan berat 7 kg800.000
Pohon sikas 1 meter berat 4 kg1.000.000
Pohon sikas 2 meter1.500.000
Pohon sikas bonsai2.500.000
Pohon sikas biru tinggi 10 cm3.500.000
Pohon sikas bonsai varigata putih4.000.000
Pohon sikas biru tinggi 20 cm – 30 cm13.000.000
Pohon sikas biru besar20.000.000
Baca juga  Info Terbaru Harga Anggrek Bulan (Bibit, Dewasa, Rangkaian)

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada 2020. Pohon sikas dapat mengalami perubahan harga sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membeli pohon sikas di sejumlah toko terdekat atau lebih praktis memesannya melalui marketplace terpercaya secara online. Seperti keterangan pada tabel, tanaman sikas biru memang termahal di pasaran yang harganya bisa mencapai Rp20 jutaan.

Dalam usia yang tua, daun pohon sikas akan sangat rimbun, sering sekali tanaman ini menjadi ornamen utama dalam konsep pembuatan taman modern, karena memiliki ciri khas tersendiri untuk siapapun yang melihatnya. Pohon sikas ternyata memiliki manfaat sebagai obat kanker karena daunnya memiliki cycasin yakni zat toksik yang berguna sebagai anti kanker. Selain sebagai obat kanker, daun sikas dapat mengobati pendarahan, sakit lambung, darah tinggi, hingga saraf.

[1] Redaksi Agromedia. Ensiklopedia Tanaman Hias (Jakarta: 2 AgroMedia, 2007), hlm.18

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Cara Budidaya dan Harga Pohon Sikas di Pasaran"