Update Manfaat dan Cara Menggunakan TCASH Wallet (Sekarang LinkAja)

Sejak beberapa tahun lalu, pemerintah Indonesia terus gencar menggalakkan budaya cashless atau gerakan nasional non tunai (GNNT). Sistem cashless atau tanpa tunai ini telah diterapkan di beberapa bidang, misalnya saja untuk pembayaran jalan tol. Provider besar seperti Telkomsel pun sejak tahun 2010 lalu telah mendukung program pemerintah dengan mengembangkan uang digital bernama TCASH. Sampai akhir tahun 2016, Telkomsel mengklaim sudah ada lebih dari 1 juta pelanggan yang menggunakan TCASH.

harga, manfaat, tcash, wallet, download, adalah, aplikasi, app, apk, cara, mengaktifkan, menggunakan, kerugian, keuntungan, cashless society, non tunai, digital, nfc, stiker, mobile, handphone, hp, ponsel, smartphone, telkomsel

Gerai yang melayani pembayaran via TCash (sumber: Techinasia)

TCASH sendiri adalah layanan uang elektronik dari Telkomsel yang tahun 2014 lalu diperbarui dengan dukungan Near Field Communication (NFC). Menariknya, layanan uang elektronik TCASH ini sudah mengantongi izin penerbitan dari Indonesia (BI). Berbeda dari pulsa, TCASH bisa dimanfaatkan untuk berbagai transaksi keuangan seperti belanja, membayar tagihan, membayar merchant, isi pulsa, termasuk kirim uang.

Pada 2019, TCASH berganti nama menjadi LinkAja. Anda bisa memanfaatkan ponsel atau telepon genggam Anda layaknya dompet digital alias electronic wallet (e-wallet) sehingga lebih mudah dalam melakukan beragam transaksi hingga mendapatkan penawaran promo menarik dari merchant yang telah bekerjasama dengan Telkomsel.

Dengan dukungan teknologi NFC terdepan, TCASH/LinkAja menawarkan cara pembayaran baru yang lebih modern serta diklaim lebih aman dan nyaman. Pelanggan bisa menggunakan stiker LinkAja TAP untuk melakukan transaksi pembayaran di merchant Telkomsel.

Jenis Layanan dan LinkAja

KeteranganBasic ServiceFull Service
Saldo maksimumRp2.000.000Rp10.000.000
Maksimum TransaksiRp20.000.000 per bulanRp20.000.000 per bulan
Isi SaldoYaYa
Bayar MerchantYaYa
Beli pulsaYaYa
Belanja onlineYaYa
Bayar Beli di HPYaYa
Berbagi UangTidakYa
Tarik SaldoTidakYa

*Untuk mendapatkan layanan full service TCASH/LinkAja, seluruh pelanggan Telkomsel (simPATI, As, dan Loop) harus melakukan verifikasi data di GraPARI terdekat dengan membawa kartu identitas asli (KTP/Paspor).

Pengguna aplikasi e-wallet LinkAja (sumber: dailysocial.id)

Pengguna e-wallet LinkAja (sumber: dailysocial.id)

LinkAja awalnya dapat digunakan melalui stiker khusus yang biasanya ditempel di bagian belakang ponsel. Bahkan, di website resminya, Telkomsel juga melayani pemesanan stiker TCASH/LinkAja secara online. Sayangnya, saat ini layanan pengiriman stiker LinkAja hanya dapat dinikmati oleh pengguna Telkomsel untuk pemesanan di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Medan, dan Palembang. Sementara, untuk provider lain, bisa langsung ke GraPARI, Alfamart, Indomaret, dan toko ritel rekanan lainnya.

Demi memudahkan pengguna LinkAja dalam bertransaksi, Telkomsel pun menyediakan sebuah aplikasi  yang dinamakan TCASH/LinkAja Wallet. Cukup dengan menginstall app LinkAja Wallet di ponsel, Anda bisa merasakan kemudahan bertransaksi tanpa uang tunai, kapan saja dan di mana saja, termasuk mengisi pulsa, membayar tagihan asuransi, dan sebagainya.

Manfaat TCASH/LinkAja Wallet

  1. Cek Saldo. Dengan menggunakan aplikasi LinkAja Wallet yang bisa didownload melalui Apple App Store atau Google Play, Anda akan lebih mudah untuk melakukan pengecekan atau memonitor saldo LinkAja. Apalagi karena aplikasi LinkAja Wallet memiliki desain yang lebih ramah pengguna. Anda cukup mengklik saldo pada layar utama aplikasi untuk melihat riwayat transaksi.
  2. Bayar dan beli di HP. Anda dapat dengan mudah melakukan berbagai transaksi pembayaran dan pembelian melalui smartphone, misalnya beli pulsa dan paket data, bayar/beli token listrik, bayar BPJS, beli voucher games, dan masih banyak lagi.
  3. Berbagi uang. Anda bisa dengan mudah berbagai uang pada siapapun dan di mana pun tanpa perlu memiliki rekening bank. Anda dapat mengirim LinkAja ke sesama pelanggan LinkAja maupun rekening bank melalui LinkAja Wallet.
  4. Bayar merchant. Anda bisa menggunakan aplikasi LinkAja Wallet untuk melakukan aktivasi LinkAja TAP & SNAP QR. Temukan kemudahan untuk bertransaksi dengan berbagai metode pembayaran. Apabila smartphone Anda dilengkapi fitur NFC, maka Anda dapat mengaktifkan LinkAja TAP tanpa stiker. Namun, fitur ini hanya berlaku untuk smartphone dengan sistem operasi (OS) .
  5. Cek promo. Dengan aplikasi LinkAja Wallet di smartphone, Anda dapat mengecek secara langsung promo terbaru apa saja yang sedang berlaku tanpa perlu membuka browser.

Cara Menggunakan LinkAja

Aplikasi e-wallet LinkAja (sumber: mediaindonesia.com)

Aplikasi e-wallet LinkAja (sumber: mediaindonesia.com)

  1. Aktifkan dengan cara menghubungi *800*88*6-digit-PIN# bagi pengguna Telkomsel. Namun, bagi Anda yang bukan pengguna Telkomsel, bisa mengaktifkan layanan LinkAja lewat aplikasi LinkAja Wallet. Jaga kerahasiaan 6 digit PIN Anda.
  2. Isi saldo LinkAja Anda di GraPARI terdekat, jaringan ATM bersama, BCA, atau agen terdaftar lainnya.
  3. LinkAja Anda sudah bisa digunakan untuk bertransaksi.

Cara Mengaktifkan TCASH/ LinkAja Wallet

  1. Download aplikasi LinkAja Wallet di App Store atau Google Play.
  2. Buka aplikasi LinkAja Wallet.
  3. Masukkan nomor handphone yang akan Anda gunakan untuk bertransaksi.
  4. Izinkan aplikasi LinkAja Wallet untuk melakukan panggilan telepon dan mengirim SMS.
  5. Nantinya, nomor HP Anda akan melalui verifikasi dengan memasukkan kode OTP LinkAja yang dikirimkan melalui SMS. Pada beberapa smartphone, biasanya kode tersebut akan terisi secara otomatis, segera setelah menerima SMS.
  6. Masukkan email yang masih aktif.
  7. Atur PIN Anda yang terdiri dari 6 digit. Konfirmasi ulang PIN Anda.
  8. Atur fitur LinkAja TAP Anda, pilih salah satu, apakah menggunakan fitur Phone NFC (bagi smartphone yang sudah memiliki NFC) atau menggunakan Stiker LinkAja TAP.
  9. Layanan LinkAja Wallet Anda pun sudah aktif.

Apabila Anda mengalami kesulitan untuk mengaktifkan atau menggunakan LinkAja atau ingin mengetahui seputar LinkAja, bisa datang langsung ke outlet GraPARI terdekat di kota Anda.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Harga Timbangan Gantung Besi (Semua Ukuran)
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Manfaat dan Cara Menggunakan TCASH Wallet (Sekarang LinkAja)"