Terbaru, Harga Groupset Shimano Deore XT di Pasaran

Bagi mereka yang senang bersepeda, pasti sudah tidak asing lagi dengan Shimano. Ini adalah merek asal Jepang yang memproduksi bersepeda, memancing, hingga snowboarding. untuk peralatan bersepeda, sudah banyak groupset yang diluncurkan pabrikan asal Negeri Sakura ini, salah satunya Deore XT, yang dilepas di kisaran jutaan rupiah.

harga, frame, mtb, mountain bike, sepeda pancal, gunung, bekas, hardtail, dan, full suspension, bekas, second, seken, downhill, murah, termurah, polygon, united, jual, beli, dimana, fullsus, tapi, merek, merk

Bersepeda MTB melalui medan alam

Sekilas Tentang Shimano

Sejarah Shimano berawal dari tahun 1921 ketika Shimano Shozaburo mendirikan Shimano Iron Works di Sakai, dekat Osaka, Jepang. Dalam sepuluh tahun, Shimano telah mengekspor produknya sampai ke China. Bisnis ini resmi sebagai perusahaan terbatas dan komersial pada Januari 1940 di bawah nama Shimano Iron Works Co, Ltd., dan pada tahun 1951, perusahaan ini berganti nama menjadi Shimano Industrial Co, Ltd.

Shimano mulai membuat Derailleur yang terkenal pada tahun 1956. Produk ini juga disebut sebagai pengubah kecepatan eksternal. Derailleur adalah mekanisme yang memindahkan rantai dari pada gigi yang memiliki sampai dengan 10 kecepatan. Tahun berikutnya, perusahaan mulai memproduksi internal gearing 3 kecepatan, merupakan mekanisme yang ditutupi dalam pusat roda belakang. Pengubah kecepatan internal ini diperkenalkan ke pasar AS beberapa tahun kemudian dan segera menjadi standar untuk tiga kecepatan

Pada tahun 2005, perusahaan ini telah memperoleh penjualan bersih mencapai 1,4 miliar dolar AS, dengan komponen sepeda memperoleh keuntungan 75 persen dari total penjualan. Memancing menghasilkan 23 persen dari pendapatan penjualan perusahaan, sedangkan produk lain, termasuk peralatan dan bagian snowboarding yang diproduksi, hanya berkontribusi sekitar 2 persen dari total keuntungan penjualan. Shimano sempat memproduksi peralatan golf sampai 2005, tetapi karena keuntungan yang diperoleh tidak signifikan, maka produk Shimano untuk peralatan golf ditutup. 

Review Shimano Deore XT

Shimano, merek, perusahaan, Jepang, Deore XT, harga, groupset, sepeda, gunung, MTB, touring, trekking, model, varian, situs, toko

Shimano Deore XT (sumber: dirtmountainbikes.com)

Deore XT merupakan salah satu groupset yang disediakan Shimano di segmen sepeda MTB (mountain bike). Di segmen ini, selain Deore XT, Shimano sebenarnya juga punya beberapa groupset lainnya, seperti Shimano Tourney, Shimano Altus, Shimano Acera, Shimano Alivio, Shimano SLX, hingga Shimano XTR yang diklaim sebagai yang terbaik.

Dilansir dari situs Wikipedia, Deore XT merupakan groupset untuk sepeda gunung dan touring yang pertama kali diluncurkan Shimano pada tahun 1983 silam. Deore XT merupakan groupset sepeda gunung pertama Shimano, berdasarkan grup tur Deore yang sudah ada, dan terdiri dari crankset triple, double atau single chainring, derailleur depan dan belakang, handlebar ‘jari’ yang dipasang di stang, rem kantilever, dan hub flange besar. 

Edisi pertama dari Deore XT adalah MT700 yang diluncurkan pada tahun 1983, disusul dengan Deore XT MT730 enam percepatan yang dirilis empat tahun berselang. Dua tahun kemudian, Shimano menghadirkan Deore XT MT732 7 kecepatan, yang disusul peluncuran Deore XT MT735 pada tahun 1992. Masih di generasi 1990-an, Shimano tercatat juga mengeluarkan produk Deore XT MT737 pada tahun 1993, Deore XT MT739 pada tahun 1995, dan Deore XT MT750 pada tahun 1999.

Menurut situs resminya, saat ini Shimano menghadirkan beberapa groupset Deore XT yang bisa digunakan untuk sepeda gunung dan touring. Salah satu yang cukup terkenal adalah Deore XT M8050 Series. Ini dikatakan sebagai komponen XT yang baru, yang menetapkan standar anyar untuk keunggulan MTB. Produk ini diklaim memiliki pengalihan tenaga yang efisien dan pengereman yang sangat responsif, kombinasi 11 kecepatan rider-tuned untuk kinerja superior, dan ketangguhan dan keandalan di jalur yang paling sulit.

Model lainnya yang dipajang di situs resmi perusahaan adalah Deore XT M780, yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2011 silam. Diklaim sebagai pilihan tepat untuk gaya berkendara Anda, ini adalah opsi bagus drivetrain DYNA-SYS 10 kecepatan untuk jajaran Deore XT. DYNA-SYS tidak hanya memberikan drivetrain 10 speed ke MTB, melainkan juga transfer daya yang dinamis dan sistem terbaru dengan stabilitas optimal.

Shimano Deore XT Groupset (youtube: father and son projects)

Shimano Deore XT Groupset (youtube: father and son projects)

Varian lainnya adalah Deore XT T8000 yang pertama kali dirilis untuk global pada tahun 2016 lalu. Ini adalah gropset untuk trekking yang diklaim memiliki drivetrain paling serbaguna. Perusahaan mengatakan bahwa Deore XT T8000 cukup tahan lama untuk perjalanan sehari-hari serta cukup andal untuk melakukan perjalanan panjang, baik di jalur off-road maupun trekking jalan, dengan kinerja yang stabil dan tepat.

Tidak sulit mendapatkan groupset Shimano Deore XT di pasaran Indonesia. Anda bisa berburu perlengkapan sepeda gunung ini di berbagai toko sepeda terdekat di domisili Anda. Jika Anda ingin lebih praktis, sejumlah situs jual beli online juga menawarkan perangkat sepeda ini dengan harga bervariasi, tergantung tipe atau modelnya.

Harga Shimano Deore XT

Tipe Shimano Deore XTHarga
Shimano Deore XT M780Rp3.900.000 – Rp4.100.000
Shimano Deore XT Mini Groupset 1x12 SpeedRp4.050.000 – Rp5.845.000
Shimano Deore XT T8000Rp5.999.000
Shimano Deore XT 8000 1x11 SpeedRp7.398.000
Shimano Deore XT 8000 3x11 SpeedRp8.198.000

Harga groupset Shimano Deore XT di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan sepeda dan situs jual beli online. Banderol groupset Shimano Deore XT tersebut tidak mengikat dan dapat berbeda-beda di masing-masing tempat. Untuk lebih lengkap, Anda bisa datang langsung ke toko perkakas sepeda terdekat di kota Anda.

Baca juga  Info Terbaru Harga Groupset Shimano Deore 9 Speed, Part Mid-End untuk MTB
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Terbaru, Harga Groupset Shimano Deore XT di Pasaran"