Update Harga Oli Shell Advance Scooter Matic

No comment775 views

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan oli. Ini adalah salah satu kebutuhan pokok untuk sebuah , tidak terkecuali jenis matic (atau matik). Untuk transmisi otomatis ini, sudah banyak merek yang mengeluarkan oli, salah satunya Shell, yang ditawarkan dengan yang sebenarnya cukup terjangkau.

Secara umum, oli mesin merupakan cairan atau fluida di dalam mesin yang berfungsi untuk melindungi mesin saat bekerja, mendukung performa mesin , dan menghindari kerusakan mesin saat mesin tersebut dijalankan. Secara terperinci, kegunaan oli pada mesin adalah sebagai berikut.

Oli Shell Advance - www.liputan6.com

Oli Shell Advance - www.liputan6.com

Manfaat Oli Motor

  • Sebagai pelumas mesin (lubricating). Oli sebagai pelumas akan bekerja untuk meminimalkan gesekan-gesekan antar-logam (komponen mesin) sehingga gerakan mesin motor menjadi halus atau memiliki sedikit hambatan. Di samping itu, oli juga akan mencegah gesekan yang terlalu kasar antar-komponen mesin yang bisa merusak bagian-bagian mesin.
  • Sebagai pelindung mesin. Oli tidak hanya melindungi mesin dari gesekan antar-komponen di dalam mesin, tetapi juga melindungi mesin dari korosi atau karat. Manfaat oli di sini adalah untuk mencegah reaksi oksidasi pada komponen-komponen mesin dan menghilangkan reaksi kimiawi logam dengan panas saat pembakaran yang bisa menyebabkan korosi pada komponen.
  • Sebagai pembersih. Kotoran dapat masuk melalui sela-sela ring dan akhirnya terjadi sisa pembakaran mesin yang menghasilkan kerat. Nah, kerak atau kotoran tersebut akan dilarutkan oleh oli (pelarut kotoran) atau bercampur dengan oli yang selanjutnya dan akan dibuang bersama oli saat Anda melalukan pergantian oli mesin sepeda motor.
  • Sebagai pendingin mesin. Panas yang terjadi akibat pembakaran pada ruang bakar akan merambat ke dalam mesin. Selain itu, panas akibat gesekan antar-komponen dalam mesin juga menambah suhu di dalam mesin. Oli sebagai pendingin akan mengalir pada permukaan komponen-komponen dalam mesin untuk selanjutnya membawa panas tersebut ke penampungan oli, dan panas akan dibuang bersama udara yang mengaliri tempat penampungan oli. Sebagai pendingin, oli sangat berperan besar dalam menjaga komponen sepeda motor agar selalu memiliki performa yang baik. Ingat, panas yang terlalu tinggi (over heat) akan merusak komponen-komponen dalam mesin yang secara kimiawi dapat merusak ikatan logam dan secara fisika dapat menyebabkan pemuaian pada komponen mesin.

Pada umumnya, oli mesin dapat dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan bahan pembuatnya, yaitu oli mineral, oli semi-sintetis, dan oli sintetis. Secara kasat mata, memang sulit untuk membedakannya, namun yang pasti tiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oli mineral misalnya, lebih tahan terhadap penguapan namun memiliki kekentalan yang mudah berubah karena tidak tahan terhadap suhu yang tinggi dan kondisi ekstrem.

Oli jenis mineral ini lebih cocok untuk sepeda motor keluaran tahun lama karena celah-celah mesinnya lebih renggang. Sementara itu, oli semi-sintetis lebih cocok digunakan untuk motor-motor keluaran terbaru, dan oli full sintetis baik digunakan untuk motor high-performance, multi-silinder, memiliki kompresi tinggi, atau motor yang digunakan untuk keperluan balap.

Oli Shell Advance - news.okezone.com

Oli Shell Advance - news.okezone.com

Produk Oli Shell untuk Skuter Matic

Ada banyak merek oli untuk skuter matik yang telah beredar di pasaran Tanah Air, salah satunya Shell. Ini adalah perusahaan lawas yang telah berdiri pada tahun 1890 silam di Den Haag, Belanda. Sejarah Shell di Indonesia sendiri dimulai sejak tahun 1884, ketika seorang warga negara Belanda menemukan jejak minyak di Sumatera. Dengan lisensi yang diperoleh dari penguasa setempat, Sultan Langkat, dia menggali Telaga Tunggal 1 di Pangkalan Brandan, Sumatera Utara dan menemukan minyak.

Di pasar pelumas otomotif Indonesia, merek Shell bisa dikatakan tumbuh dengan pesat. Produknya tang terkemuka, yaitu Shell Helix, menempati posisi brand yang kuat dan dikenal sebagai pelumas berkualitas tinggi untuk kendaraan roda empat. Sementara, Shell Advance adalah pelumas yang dirancang khusus untuk kendaraan roda dua dengan kualitas yang telah terbukti di kelasnya.

Pada tahun 2016 lalu, seperti dilansir oleh Kompas, PT Shell Indonesia resmi memperkenalkan deretan oli khusus untuk skuter matik di pasaran Indonesia. Kala itu, perusahaan mengatakan bahwa rangkaian pelumas khusus skuter matik ini didesain untuk melindungi mesin dari kerja berat, karena lalu lintas perkotaan yang padat. Produk-produk ini juga sebagai wujud inovatif dari Shell, yang menjanjikan pelumas dengan kinerja maksimal.

Masih menurut sumber yang sama, pelumas terbaru khusus skuter matik ini diklaim memiliki kemampuan menjaga perubahan gigi (gear) dengan mulus, serta membuat suara mesin lebih tenang saat berkendara. Kelebihan ini karena adanya teknologi Shell PurePlus Technology dan Active Cleansing Technology (ACT).

Dilansir dari situs resminya, ada beberapa oli khusus skuter matik yang telah dirilis Shell. pertama adalah Shell Advance 4T AX7 Scooter, yang diklaim sebagai pelumas ideal untuk skuter 4-tak modern yang cenderung mengalami tekanan tinggi dalam pemakaian sehari-hari. Dirancang khusus untuk transmisi otomatis, pelumas ini diklaim meningkatkan kontrol melalui akselerasi yang mulus serta meredam suara dan getaran.

Varian lainnya adalah Shell Advance 4T AX5 Scooter 10W-30 yang dirilis Mei 2017. Produk ini diformulasikan dengan teknologi pembersihan aktif Shell yang dikatakan mampu mencegah partikel-partikel kotoran agar tidak saling melekat dan membentuk endapan, selain mengurangi kebisingan dan getaran mesin serta memperpanjang masa pakai mesin kendaraan.

Harga Oli Scooter Matic - beritagar.id

Harga Oli Scooter Matic - beritagar.id

Harga Oli Shell untuk Skuter Matic

Varian Oli ShellHarga 
Shell Advance Scooter Gear Oli 15W-40 0,12 LRp11.000 – Rp13.500
Shell Advance 4T AX5 Scooter 10W-30 0,8 LRp32.000 – Rp40.000 
Shell Advance AX7 10W-40 Scooter 0,8 LRp40.000 – Rp45.000
Shell Advance Scooter Gear Oli 15W-40 1 LRp74.000

harga oli Shell untuk skuter matik di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk bengkel sepeda motor dan situs jual beli online. harga tersebut tidak bersifat mengikat dan bisa berbeda-beda di masing-masing wilayah dan bengkel, atau di situs jual beli online. Untuk informasi lebih lengkap, bisa datang langsung ke bengkel terdekat di kota Anda.

(Panca)

Baca juga  Update Syarat dan Skema Pembayaran Kredit Motor Tanpa DP
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Oli Shell Advance Scooter Matic"