Info Terbaru Harga Kertas Kalkir per Lembar di Pasaran

Jika Anda berkecimpung dalam bidang , atau desainer, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kertas kalkir. Pasalnya, kertas ini memang merupakan salah satu yang umum digunakan para desainer untuk merancang desain atau gambar. Di pasaran, kertas kalkir dengan ukuran A4 sekarang ditawarkan dengan harga sekitar Rp1.000 per lembar.

Harga, kertas, kalkir, di, pasaran, ukuran, A4, A3, A2, per, lembar, paket, roll, simbol, 297-420 mm, 210-297 mm, 420-594 mm, 594-841 mm, 841-1.180 mm, proses, pembuatan, film, perfilman, hasil, output, digital, media, cetak, percetakan, mesin, tinta, permukaan, struktur, kaca, bening, stempel, warna, desain,

Kertas kalkir untuk kebutuhan rekayasa (sumber: aliexpress.com)

Berbicara tentang desain, memang tidak lengkap jika kita tidak berbicara dengan hasil output-nya, yang bisa berupa maupun cetak. Mungkin, kalau digital tidak terlalu beragam, karena memang output-nya hanya dari monitor saja. Tetapi, lain ceritanya kalau dari cetak karena banyak sekali hasilnya.

Pada percetakan sendiri, selain atau alat dan juga tinta untuk mencetak, ada faktor lain selain faktor manusia yang membuat beragam hasil cetakannya, yaitu media cetakannya atau kertas. Banyak sekali jenis kertas yang ada di dunia, dari khusus untuk mencetak hingga khusus untuk membuat objek. Nah, salah satu kertas yang biasa digunakan dalam dunia desain adalah kertas kalkir.

Dengan adanya kertas kalkir ini, para pendesain dapat lebih mudah menyelesaikan gambar yang mereka buat, dan untuk menggunakan kertas kalkir ini pun terbilang sangat mudah dibandingkan dengan kertas lain. Pasalnya, kertas ini dirancang dengan struktur seperti sebuah bening yang dapat dilihat tembus dari permukaan ke bagian belakang kertas kalkir tersebut. Kertas kalkir adalah bagian terakhir dari penyelesaian sebuah desain, entah itu rumah ataupun untuk proses pemfilman yang sering digunakan untuk percetakan-percetakan dan juga proses pembuatan pada stempel warna.

Untuk menggunakan kertas kalkir dalam desain, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, berikut di antaranya.

  • Dari desain yang ingin kita gambar, sebaiknya jangan digambar langsung di atas kertas kalkir, melainkan digambar terlebih dahulu di sebuah kertas sketsa seperti kertas HVS atau kertas lainnya yang dapat digunakan sebagai sarana untuk menyelesaikan sketsa.
  • Dalam menggambar sketsa, sebaiknya Anda menggunakan pensil terlebih dulu sampai sketsa selesai dibuat.
  • Ketika Anda sudah rampung dalam membuat sketsa, Anda bisa menyalin atau menjiplak gambar tersebut dengan cara meletakkan kertas kalkir di atas kertas sketsa yang Anda buat tadi, kemudian mulai digambar ulang dengan menggunakan pena gambar atau yang biasa disebut dengan Rapido.

Layaknya kertas pada umumnya, kertas kalkir pun memiliki ukuran yang beragam, yang bisa dilihat dari simbolnya. Kertas kalkir dengan simbol A4 memiliki ukuran 210-297 mm, kertas kalkir A3 mempunyai ukuran 297-420 mm, kertas kalkir A2 memiliki ukuran 420-594 mm, kertas kalkir A1 berukuran 594-841 mm, dan kertas kalkir A0 memiliki ukuran 841-1.180 mm.

Harga Kertas Kalkir

Kertas Kalkir - spb.all.biz

Lembaran kertas kalkir ukuran A4 - spb.all.biz

Di pasaran, tidak susah menemukan kertas kalkir. Anda bisa membelinya dengan harga mulai Rp1.000 per lembar untuk ukuran A4. Sementara, jika ingin membeli secara paket, tersedia kertas kalkir A4 paket 20 lembar yang dijual dengan harga mulai Rp21.000, kertas kalkir A3 isi 100 lembar dengan harga sekitar Rp159.000, atau kertas kalkir A1 bentuk roll dengan panjang 150 meter dengan harga sekitar Rp750.000.

[Update: Galih]

Baca juga  Info Lengkap Harga Pertalite per Liter di SPBU Daerah
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Kertas Kalkir per Lembar di Pasaran"