Update Harga Kain Flanel Motif per Meter dan per Lembar

Mungkin Anda pernah melihat kerajinan berupa tas atau boneka yang terbuat dari bahan yang agak tebal. Kainnya jika dipegang terasa agak halus dan ada beberapa serat seperti kapas yang terlihat. Nah, itu namanya flanel yang bisa dibeli per meter atau per lembar dengan bervariasi.

Kain Flanel (sumber: Tokopedia)

Kain Flanel (sumber: Tokopedia)

Flanel atau felt merupakan jenis kain yang terbuat dari serat wol tanpa ditenun. Kain flanel dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan, sehingga kain ini memiliki bermacam-macam tekstur dan jenis (tergantung bahan pembuatnya). Kain flanel biasa digunakan untuk membuat kerajinan, karena tebal dan teksturnya yang cocok digunakan untuk membuat craft. Selain itu, sering juga dipakai untuk peredam pada mobil dan alas meja biliar.

Jenis-Jenis Kain Flanel

  • Kain Flanel Akrilik, adalah kain flanel yang berbahan akrilik atau sejenis serat plastik. Kain flanel jenis ini yang banyak digunakan saat ini. Kain flanel bahan akrilik yang bagus biasanya padat dan mudah berbulu. Ketika semakin padat dan mudah berbulu kainnya, maka semakin bagus kualitas kain flanel akrilik tersebut. 
  • Kain Flanel Bamboo, terbuat dari bahan bambu dan campuran serat kayu. Sering disebut eco friendly karena dibuat dari bahan-bahan yang mudah terurai alam. 
  • Kain Flanel Blend. Jenis flanel ini merupakan campuran dari 2 bahan, wool domba & rayon. Persentase masing-masing komponennya pun berbeda-beda. Untuk jenis ini, kainnya lebih padat dan tidak mudah melar, jadi bisa digunakan untuk kreasi yang berukuran sangat kecil. 
  • Kain Flanel Wool. Kain flanel jenis ini berbahan dasar 100 persen wol, teksturnya lebih berserat dan tebal. Tidak mengherankan jika harganya paling mahal di antara jenis kain flanel lainnya. Di Indonesia, termasuk jarang ada yang menjual flanel jenis ini. 
  • Kain Flanel Polyester. Untuk flanel ini, harganya tidak jauh beda dengan jenis akrilik. Perbedaannya, yang poliester lebih licin ketika disentuh dan sedikit mengilap. Kisaran harga kain flanel jenis ini juga masih satu level dengan kain flanel akrilik.
Kain Flanel Meteran (Sumber: Tokopedia)

Kain Flanel (Sumber: Tokopedia)

Harga Kain Flanel

Jenis Kain FlanelHarga per Lembar (24 cm x 24 cm) Harga per Meter
Kain Flanel AkrilikRp7.000Rp22.000
Kain Flanel BambooRp9.250Rp87.000
Kain Flanel BlendRp8.350Rp80.000
Kain Flanel WoolRp9.000Rp200.000
Kain Flanel PolyesterRp5.000Rp21.000

Informasi di atas kami rangkum dari berbagai jenis sumber, termasuk situs online. Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan yang Anda kunjungi. Pada tahun sebelumnya, kisaran harga kain flanel per lembar, yaitu mulai Rp2 ribuan hingga Rp289 ribuan per lembar. Sementara, kain flanel per meter harganya mulai Rp21.000 hingga Rp200.000.

Kain Flanel Motif - www.tokopedia.com

Kain Flanel - www.tokopedia.com

Kreasi Kain Flanel untuk Pemula 

  • Boneka. Salah satu kreasi kain flanel untuk pemula ialah boneka. Anda mungkin sudah sangat sering menemukan kerajinan tangan berupa boneka dari kain flanel. Pada umumnya, boneka dari kain flanel ini dibentuk menjadi berbagai macam dan ukuran.
  • Tempat Pensil Berbentuk Saku. Cara membuat kreasi tempat pensil ini cukup mudah. Hal ini dikarenakan Anda hanya menerapkan teknik menjahit yang sederhana. Bahkan, anak-anak juga dapat melakukan cara ini. Tempat pensil berbentuk saku ini sangat sesuai untuk para pemula yang belum mahir menjahit. Kreasi tempat pensil flanel ini bisa Anda jadikan sebagai ide untuk mengisi sela waktu yang Anda miliki, bisa untuk orang dewasa maupun anak-anak. Hanya saja, pastikan Anda menggunakan kain flanel dengan yang Anda inginkan. Tambahkan pula hiasan favorit untuk membuat tempat pensil saku ini terlihat semakin .
  • Bunga Bros. Anda bisa membuat bros sebagus mungkin sesuai daya kreativitas Anda. Bunga bros ini biasa diminta untuk perayaan pernikahan dalam memorial. Bunga bros ini seringkali dijadikan suatu undangan pernikahan yang begitu indah. Cara membuatnya pun cukup mudah dilakukan.
  • Tempat Handphone. Apabila Anda memiliki HP, akan tetapi tidak mempunyai tempat ponsel, maka Anda bisa membuat tempat HP dengan menggunakan kain flanel ini. Cara membuat tempat HP ini cukup mudah dilakukan. Anda bisa membuatnya dengan model persegi maupun kreasi bentuk lainnya sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.
  • Sepatu Bayi. Dengan bahan yang lembut, kain flanel bisa Anda kreasikan menjadi sepatu bayi. Cara membuat sepatu bayi dari kain flanel tidak sulit. Anda hanya perlu menggunting kain flanel membentuk kantong menyerupai sepatu. Jahit bagian pinggirnya dan lengkapi dengan tali agar lebih manis. Dijamin bayi Anda akan merasa nyaman menggunakannya.
  • Dompet. Bagi Anda yang ingin memiliki dompet cantik dengan tampilan unik, Anda hanya perlu menjahit kain flanel dengan pola menyerupai amplop. Di bagian tengah amplop, bisa dilengkapi dengan sekat dan plastik untuk membuat kantong bagian dalam. Agar uang dalam dompet tidak mudah berceceran, lengkapi dengan zipper dan kancing.
  • Amplop angpao. Melihat bentuk amplop dari kertas terkadang membuat kita bosan. Agar bentuknya lebih unik dan menarik, Anda bisa memakai kain flanel sebagai pengganti kertas. Selain bisa dibentuk menjadi amplop yang sederhana, kain flanel juga bisa dibentuk menjadi amplop angpao bercorak dan bermotif tokoh kartun. Sehingga, lebih menarik bagi anak-anak, tak jarang mereka akan menyimpan dan mengoleksinya.

Selain dapat dipakai untuk membuat barang-barang di atas, kain flanel juga bisa Anda kreasikan menjadi tas cantik dan unik. Untuk membuatnya, Anda membutuhkan kain flanel berbentuk lembaran. Anda hanya perlu membuat polanya. Setelah itu, Anda jahit untuk menggabungkan kain menjadi satu tas. Pakai mesin jahit supaya lebih kuat dan rapi. Kemudian, Anda bisa tambahkan aksesoris atau hiasan di bagian luarnya untuk mempercantik tampilan.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Harga Jaket Pull and Bear Semua Varian di Pasaran
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Update Harga Kain Flanel Motif per Meter dan per Lembar"