Info Terbaru Harga Coklat Van Houten Batangan & Bubuk

Anda pernah mencicipi nikmatnya cokelat Houten? Ya, merek satu ini mungkin lebih banyak dikenal lewat bubuk cokelatnya alias cokelat powder yang selama ini kerap diolah menjadi , dessert, cake, kue, dan lain sebagainya. Selain produk bubuk cokelat, Van Houten juga memiliki produk cokelat batangan yang tak kalah lezat rasanya. Cokelat batangan dan bubuk Van Houten ini dijual dengan harga relatif terjangkau.

Coklat bar (sumber: eatthis.com)

Coklat bar (sumber: eatthis.com)

Varian Cokelat Van Houten

Dilansir dari Wikipedia, Van Houten adalah salah satu brand cokelat bubuk yang aslinya berasal dari Amsterdam, Belanda, dan merupakan pertama cokelat yang dalam bentuk bubuk yang bisa dinikmati langsung hanya dengan menambahkan air panas. Idenya ditemukan pertama kali oleh Coenraad Johannes Van Houten. Namun beberapa sumber menyebutkan ayahnya, Casparus van Houten Sr. yang sebenarnya menemukan proses ini.

Merek Van Houten sendiri kabarnya telah berkali-kali berpindah kepemilikan. Tahun 1971 silam Van Houten dikuasai oleh Leonard Monheim, Aachen Germany. Lalu, pada tahun 1986 oleh Jacobs Suchard AG. Tahun 1990 dimiliki oleh KJ Jacobs AG. Sampai akhirnya pada tahun 2000 dibeli oleh Barry Callebaut dan disatukan dalam Barry Callebaut Group.

Baca juga  Info Harga Menu Cream Soup dan Puding di KFC

Penemuan cokelat bubuk pun pada akhirnya tak hanya dinikmati oleh kalangan . Paten Van Houten berakhir pada tahun 1838, sehingga memungkinkan produsen lainnya turut memproduksi cokelat bubuk dengan press Belanda. Teknik tersebut memungkinkan bubuk cokelat bisa diproduksi dengan relatif murah.

Bubuk cokelat dipergunakan untuk maksud kandungan tunggal atau sebagai komponen untuk membuat minuman instan. Sifat pembasahan bubuk cokelat amat buruk. Pada air panas pun masih menggumpal terapung. Bila dilesitinasi, akan cepat terbenam dan melarut.

Minuman cokelat instan lazim terdiri pula atas gula, bubuk cokelat, garam bergizi, flavor (zat pemberi rasa), vitamin, dan sebagainya. Kandungan lain diprablending dulu dalam mizer dan dilesitinasi (2/3 bagian). Lalu bubuk cokelat ditambahkan, dicampur baik, baru 1/3 sisa lesitin penginstan disemprotkan sebagai aerosol halus.[1]

Bentuk cokelat bubuk pun memungkinkan untuk dicampur dengan gula, susu, dan mentega cokelat, yang kemudian menghasilkan cokelat batangan seperti yang kita nikmati sekarang. Akan tetapi, cokelat batangan baru mulai ditemukan dan diproduksi tahun 1847 oleh J. S. Fry & Sons. Dengan turunan dari teknologi Van Houten, Daniel Peter mengenalkan cokelat susu pada 1875 dan Rodolphe Lindt mengembangkan teknik conching tahun 1879.

Baca juga  Update Harga Menu Ayam Geprek Bensu Ala Ruben Onsu Terbaru

Harga Cokelat Van Houten

Cokelat Van Houten (facebook: Van Houten Indonesia)

Cokelat Van Houten (facebook: Van Houten Indonesia)

Varian Cokelat Van HoutenHarga
Van Houten Chunky Milk Cokelat 30 gramRp8.735
Van Houten Chunky Fruit & Nuts Cokelat 30 grRp8.735
Van Houten Cokelat Roast Almond 30 gramRp8.735
Van Houten Chunky Cashew Nut Cokelat 65 gRp23.000
Van Houten Chunky Fruit & Nuts Cokelat 65 gramRp23.000
Van Houten Cocoa Powder Cokelat Bubuk 45 gramRp13.500
Van Houten Chocolate Full Cream Milk 65 gramRp20.900
Van Houten Chocolate Milk Roasted Almonds 65gRp19.600
Van Houten Cocoa Powder Kakao cokelat 90 gramRp27.900
Van Houten Choco Assortment Cokelat 90 gramRp41.125
Van Houten Choco Cashew Cokelat 90grRp41.125
Van Houten Choco Almond Cokelat 90 gRp41.125
Van Houten Chunky Cashew Cokelat 165 gramRp37.740
Van Houten Cocoa Powder Cokelat Bubuk 180 gramRp34.200
Van Houten Chunky Almond Cokelat 165 grRp37.740
Van Houten Chunky Milk Cokelat 165 gramRp39.890
Van Houten Choco Assortment Cokelat 130 gramRp38.900
Van Houten Choco Almond Cokelat 130 gramRp58.500
Baca juga  Info Harga Menu Bakso Afung (A Fung Baso Sapi Asli)

Informasi harga cokelat Van Houten di atas diperoleh dari berbagai sumber. Jika dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya, harga cokelat Van Houten tahun 2021 mengalami kenaikan. Sebagai contoh, Van Houten Choco Almond Cokelat 130 gram yang semula dibanderol Rp52 ribu, naik menjadi Rp58 ribuan.

Selain itu, harga cokelat Van Houten yang berlaku di setiap tempat juga bisa berbeda-beda, tergantung dari promo diskon atau penawaran pihak penjual. Apabila Anda sedang mencari cokelat Van Houten, Anda dapat membelinya di toko-toko, minimarket terdekat seperti Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi, hingga di pusat-pusat perbelanjaan besar seperti Superindo, Hypermart, hingga Transmart Carrefour.

[Update: Almas]

[1] Hartomo, A. J dkk. 1993. Emulsi dan Pangan Instant Berlesitin. : Andi Offset.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Coklat Van Houten Batangan & Bubuk"