Update Harga AC Bekas (Second) di Indonesia

No comment40672 views

AC atau air conditioner merupakan salah satu perangkat yang saat ini banyak dibutuhkan, baik di rumah maupun di gedung perkantoran, untuk tujuan menyejukkan suhu ruangan. Banyak produsen skala nasional maupun dunia yang telah memproduksi perangkat ini dengan harga yang bervariasi. Namun, karena umumnya ditawarkan dengan harga relatif mahal, sebagian masyarakat pun banyak yang berburu AC bekas yang memiliki harga lebih terjangkau.

AC Pendingin ruangan (sumber: Bukalapak)

AC Pendingin ruangan (sumber: Bukalapak)

Sebelum membeberkan informasi seputar harga AC bekas terbaru di Tanah Air, kita kupas sedikit mengenai perangkat elektronik yang satu ini. AC atau penyejuk udara adalah sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu area (yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu). Umumnya, perangkat ini menggunakan siklus refrigerator, tetapi kadang-kadang juga menggunakan penguapan, biasanya untuk kenyamanan pendingin di gedung-gedung dan kendaraan bermotor.

Meski menggambarkan kondisi yang modern, namun konsep pendingin udara ternyata telah dikenal sejak zaman Romawi Kuno dan Persia abad pertengahan. Pada masa Romawi Kuno, air disalurkan melalui terowongan air dan diedarkan di dinding rumah-rumah tertentu untuk mendinginkan rumah mereka. Sementara, di wilayah Persia abad pertengahan, yang digunakan melibatkan penggunaan tangki air dan menara angin untuk mendinginkan bangunan selama musim panas.

Kemudian, pendingin udara modern muncul dari kemajuan dalam ilmu kimia selama abad ke-19, dan pendingin udara skala besar pertama ditemukan serta digunakan pada tahun 1902 oleh Willis Haviland Carrier. Lalu, seiring dengan perkembangan zaman, -perusahaan elektronik mulai membuat AC dengan teknologi yang dapat membunuh virus dan bakteri juga menghemat biaya listrik, yaitu plasma-cluster untuk membunuh bakteri dan inverter yang dapat menghemat energi lebih dari 10 persen.

Layaknya perangkat elektronik kebanyakan, AC juga memiliki bagian-bagian atau komponen dengan tertentu. Secara umum, bagian-bagian yang terdapat di dalam AC adalah kompresor yang berfungsi memompa gas refrigerant, reservoir yang berguna menyimpan gas dari kondensor sebelum dialirkan ke kompresor, kondensor yang berfungsi sebagai tempat pembuangan temperatur panas, evaporator yang berguna sebagai tempat pembuangan temperatur dingin, filter dryer untuk menyaring sisa-sisa kotoran gas dan oli, serta motor fan & blower untuk memutar kipas dan memungkinkan terjadinya sirkulasi udara.

Ada empat atau jenis AC yang umum dipasarkan , yaitu AC Split, AC Window, AC Floor Standing, dan AC Central. Berikut uraian singkat mengenai jenis-jenis atau pendingin udara.

Jenis-Jenis Pendingin Udara

AC, bekas, merek, harga, jenis, tipe, pendingin, ruangan, indoor, outdoor, online, situs, Sharp, Panasonic, Samsung, elektronik, perangkat

AC terpasang di ruangan (sumber: samsung.com)

  • AC Split: dilihat dari bentuknya, AC ini memiliki dua bagian, yaitu indoor dan outdoor, dengan kompresor terletak di bagian luar serta memiliki kipas sebagai untuk mengurangi panas yang terletak di pipa kondensor. Sementara, di bagian dalam, terdapat pipa evaporator dan motor listrik yang berfungsi memutar blower dan kemudian dikeluarkan di ruangan telah ditentukan sehingga udaranya menjadi dingin.
  • AC Window: perangkat ini memiliki bentuk yang berbeda dibandingkan model lainnya, yaitu antara indoor dan outdoor memiliki tempat yang sama (menyatu) sehingga tidak memerlukan pipa antara kedua ruangan tersebut. Untuk memasang AC Window ini, Anda harus melubangi tembok ruangan, dengan tembok pembatas berfungsi agar udara panas di luar ruangan tidak masuk ke bagian indoor.
  • AC Floor Standing: perangkat ini memiliki bentuk yang besar, baik pada bagian indoor-nya maupun pada bagian outdoor. Untuk pemasangan, bagian indoor diletakkan di dasar lantai ruangan yang dilengkapi dengan dudukan, dengan ruangan yang cukup lapang agar sirkulasi udara pada AC Floor Standing tersebut tidak terganggu. AC Floor Standing ini mampu mencapai temperatur terendah hingga kurang lebih 10 derajat Celcius.
  • AC Central: perangkat ini memiliki yang mirip dengan AC Floor Standing. Perbedaannya adalah sisi indoor AC Central dipasang atau diletakkan pada bagian atas dekat plafon. Selain itu, AC jenis ini juga kebanyakan dipasang dalam keadaan tergantung. AC Central sendiri memiliki dua buah blower yang digunakan untuk mengisap suhu dingin dari evaporator dan mengeluarkan ke ruangan yang telah ditentukan.

Seperti diutarakan sebelumnya, saat ini sudah banyak produsen elektronik yang meluncurkan berbagai model AC, sebut saja Panasonic, Samsung, Sharp, , dan lain-lain. Sayangnya, kebanyakan AC keluaran baru ditawarkan dengan harga cukup tinggi sehingga tidak semua masyarakat mampu membelinya. Untuk itu, bagi mereka dengan bujet terbatas, AC dalam kondisi bekas menjadi alternatif yang menarik karena ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau. Nah, bagi Anda yang sedang berburu AC bekas, berikut kami sajikan informasi terbaru harganya di pasaran.

Daftar Harga AC Bekas

AC bekas (sumber: justdial.com)

AC bekas (sumber: justdial.com)

MerekĀ & ACKisaran Harga Bekas (Rp)
AC AUX 1/2 PK Outdoor850.000
AC Samsung 3/4 PK1.400.000
AC Panasonic 1/2 PK-1 PK1.700.000
AC Sharp 1/2 PK1.750.000
AC Sharp 1 PK1.500.000
AC MIDEA Split 1 PK1.500.000
AC Mitsubishi Split 1 PK1.500.000
AC LG Mini Hercules Split 3/4 PK1.500.000
AC LG 1,5 PK1.800.000
AC Sharp Jet Stream 1 PK2.000.000
AC LG S12LFG 1,5 PK2.000.000
AC Sharp Plasma Cluster 1 PK2.400.000
AC Panasonic 1,5 PK Inverter2.500.000
AC Samsung Virus Doctor 1,5 PK2.500.000
AC GREE Split 2 PK2.500.000
AC Sharp R32 1 PK2.500.000
AC Daikin R32 1,5 PK3.000.000
AC Daikin R410A 2 PK3.500.000

Daftar harga AC bekas di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Daftar harga AC bekas tersebut tidak mengikat, bisa berbeda-beda di masing-masing wilayah, tergantung kondisi AC yang bersangkutan dan juga kesepakatan antara penjual dengan pembeli.

[Update: Dian]

Baca juga  Harga Timbangan Digital 100 kg dan Tips Memilihnya
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga AC Bekas (Second) di Indonesia"