Daftar Harga Busa Meteran di Pasaran

No comment51 views

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan barang yang disebut busa. Sering juga dinamai spons, ini adalah salah satu yang kerap digunakan sebagai ‘isi’ dari tempat tidur atau kasur. Saat ini, sudah banyak pedagang yang menjual busa meteran, dengan harga mulai belasan ribu rupiah sampai ratusan ribu rupiah, tergantung jenis dan ketebalan busa.

Dilansir dari Wikipedia, busa adalah sebuah unsur yang terbentuk dari gelembung gas yang banyak dalam benda cair atau padat. Busa dapat merujuk ke busa kuantum. Sering juga istilah ini dikaitkan dengan busa poliurentantana, gabus sintetis maupun busa industri lainnya. Busa sendiri dapat dianggap sejenis koloid.

Busa, meteran, kasur, jok, jenis, harga, informasi, situs, online, produsen, tipe, industri, gas, elektronik, otomotif, motor, mobil, lemari es

Jenis busa rebonded meteran (sumber: Bukalapak)

Masih menurut sumber yang sama, berbagai tipe busa padat yang dibuat secara khusus mulai digunakan pada awal abad ke-20. Kerapatan rendah membuat busa padat cocok digunakan sebagai penyekat atau insulasi termal dan pengapungan. Karena bisa dimampatkan dan ringan, mereka juga ideal untuk mengemasi bahan-bahan serta pemuatan. Sementara, sejumlah busa cair, yang disebut busa penghambat api, digunakan untuk memadamkan kebakaran, khususnya kebakaran sumur minyak.

Busa, dalam kasus ini berarti “cairan bergelembung”, juga dihasilkan sebagai produk sampingan yang seringkali tidak diinginkan dalam pembuatan berbagai subtansi. Sebagai contoh, busa merupakan permasalahan serius industri kimia, khususnya untuk proses biokimia. Kebanyakan substansi biologis, seperti protein, dengan mudah menghasilkan busa pada proses agitasi dan/atau aerasi. Busa bermasalah sebab mengubah aliran cairan dan menghalangi perpindahan oksigen dari udara (dengan begitu mencegah respirasi mikrobial dalam proses fermentasi aerobik). Untuk alasan inilah, beberapa senyawa bahan anti-busa, seperti minyak silikon, ditambahkan untuk mengatasi permasalahan ini.

Busa yang padat bisa diklasifikasikan ke dalam dua jenis berdasarkan pada struktur pori-porinya. Jenis busa yang pertama disebut busa berstruktur sel terbuka. Busa ini memiliki pori-pori yang berhubungan satu sama lain dan membentuk sebuah jaringan yang saling berhubungan yang relatif lunak. Sementara, jenis busa kedua tidak memiliki pori-pori yang saling berhubungan dan disebut busa sel tertutup.

Normalnya, busa sel tertutup memiliki kekuatan pemampatan yang lebih tinggi. Karena lebih padat, busa sel tertutup membutuhkan lebih banyak dan sebagai konsekuensi-nya, lebih mahal untuk diproduksi. Sel-sel tertutup bisa diisi dengan sebuah gas khusus yang menyediakan insulasi yang unggul. Hal ini berlawanan dengan busa sel terbuka yang akan diisi dengan apa pun yang berada di sekelilingnya. Busa sel terbuka menjadi penyekat yang relatif bagus saat diisi dengan udara. Tetapi jika terisi , sifat penyekat busa akan berkurang.

Selain itu, banyak produsen yang juga menggolongkan busa menjadi beberapa tipe, antara lain:

  • Busa general, biasa disebut flexible foam, dan banyak digunakan untuk berbagai macam industri, seperti sofa, tas, sepatu, tekstil, elektronik, otomotif, dan lain-lain.
  • Busa balok, merupakan jenis yang memang memiliki bentuk mirip balok. Ukuran standar busa ini adalah lebar 2 meter dan panjang 100 meter. Konsumen cukup memotong panjang sesuai ukuran yang diinginkan.
  • Busa mold, adalah jenis busa yang dicetak di dalam mold dan sering diaplikasikan untuk kursi kantor, busa jok motor, busa jok , dan lain-lain.
  • Busa roll, berbentuk gulungan dengan variasi ketebalan 2 mm, 3 mm, 4 mm, 5 mm, 8 mm, hingga 20 mm.
  • Busa rebounded, terbuat dari sisa potongan kecil yang dihancurkan lagi menjadi lebih kecil dan diproses dengan polimerisasi sehingga hancuran busa menyatu dengan sempurna.

Manfaat Busa

Busa, terutama, sering dikaitkan dengan kasur. Kasur busa sendiri merupakan materi yang paling awal digunakan untuk tempat tidur. Menggunakan busa yang sudah mengalami proses kimiawi, yang dinamakan poliuretan. Banyak orang yang menggemari kasur jenis ini karena memiliki tekstur yang dinilai lembut sehingga nyaman untuk tidur.

Busa, meteran, kasur, jok, jenis, harga, informasi, situs, online, produsen, tipe, industri, gas, elektronik, otomotif, motor, mobil, lemari es

Duduk di atas kasur busa

Kasur busa memiliki banyak variasi tingkat kelembutan, mulai dari yang sangat lembut sampai yang kaku. Tingkat kelembutan dari kasur busa ini juga yang menentukan lamanya garansi. Semakin lama garansi kasur busa yang Anda beli, maka semakin bagus pula busa yang digunakan, dan harganya pun cenderung lebih mahal.

Untuk soft, kasur busa ini memiliki tingkat keempukan dan tetap mampu memberikan penopang yang baik untuk tubuh, sedangkan medium soft memiliki tingkat keempukan lumayan dan kasur tidak akan terbenam ketika Anda berbaring di atasnya. Tipe lainnya adalah medium firm, firm yang keras, dan extra firm yang sangat keras.

Selain kasur, busa juga identik dengan mencuci piring. Busa berongga yang kebanyakan berwarna kuning merupakan benda yang tidak bisa terpisahkan dari urusan rumah tangga, terutama membersihkan perlengkapan dapur. Struktur yang lembut dan memiliki daya serap baik, busa menjadi pilihan pertama untuk membersihkan piring, gelas, dan peralatan memasak lainnya.

Di samping kedua manfaat di atas, busa ternyata juga dapat Anda manfaatkan untuk membersihkan jendela yang terbuat dari kaca nako. Bahan ini pun cocok dipakai untuk tempat menyimpan atau menaruh jarum pentul, penyimpanan air di pot tanaman, membersihkan kipas angin, membersihkan selang air yang kotor, membersihkan lemari es, menghilangkan kuteks kuku, bantalan kaki kursi, wadah penumbuh benih tanaman dalam metode hidroponik, hingga membersihkan bekas bulu hewan peliharaan yang menempel di karpet.

Tidak sulit mendapatkan busa, karena Anda bisa membelinya di berbagai toko maupun situs jual beli online. Harga busa sendiri bervariasi, tergantung jenis busa dan juga ukuran busa (terutama ketebalan). Nah, berikut kami sajikan terbaru mengenai kisaran harga busa meteran di pasar dalam negeri.

Harga Busa Meteran

Busa, meteran, kasur, jok, jenis, harga, informasi, situs, online, produsen, tipe, industri, gas, elektronik, otomotif, motor, mobil, lemari es

Tumpukan busa meteran tipis (sumber: anekabusa.com)

Jenis & Ketebalan BusaHarga Meteran (Rp)
Busa lapis kain 3 mmMulai 12.500
Busa poly-foam 4 mmMulai 15.000
Busa lapis kain 5 mmMulai 17.500
Busa lapis kain 8 mmMulai 22.500
Busa jaring double meshMulai 58.000
Busa density 14 2 cmMulai 35.000
Busa HS density 18Mulai 45.000
Busa density 32Mulai 90.000
Busa 3 cm (panjang 200 cm x 150 cm)Mulai 140.000

Daftar harga busa meteran di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs jual beli online. Daftar harga busa tersebut tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Baca juga  Biaya Ketok Magic, ‘Sihir’ Bodi Mobil Penyok
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Daftar Harga Busa Meteran di Pasaran"