Update Harga Theodolite Topcon (Semua Varian)

Theodolite adalah salah satu alat ukur yang mungkin tampak asing digunakan. Namun, alat ini bermanfaat untuk mengukur tinggi tanah dengan sudut mendatar maupun sudut tegak. Bagi para pekerja profesional yang mengukur tanah, tentu akan familiar dengan Theodolite Topcon. Di pasaran, Theodolite Topcon, juga memiliki sejumlah seri dengan harga yang memang tidak bisa dibilang murah.

Ilustrasi: Penggunaan Theodolite Untuk Konstruksi (credit: marathonconsultants)
Ilustrasi: Penggunaan Theodolite Untuk Konstruksi (credit: marathonconsultants)

Berbeda dengan waterpass sebagai alat ukur ketinggian untuk sudut mendatar saja, Theodolite Topcon memiliki sudut yang mampu dibaca hingga satuan detik. Tak heran jika teropong ini juga digunakan untuk pembangunan kereta api, irigasi, daerah industri dan perumahan, hingga mengamati matahari. Bahkan, perannya dapat berubah layaknya pesawat penyipat datar dengan sudut vertikal yang dibuat mencapai 90 derajat.

Bacaan Lainnya

Untuk penentuan luas yang tidak terlalu lebar, sebagian orang biasanya menggunakan meteran atau patok. Namun, untuk menentukan ukuran yang akurat pada area yang luas, Anda akan sangat membutuhkan Theodolite Topcon. Seiring berkembangnya teknologi, Theodolite Topcon juga dirancang dengan sistem digital, sehingga penggunaannya pun lebih mudah. Theodolite Topcon sendiri terbagi menjadi dua jenis.

Jenis Theodolite Topcon

  • Theodolite reiterasi. Dalam Theodolite ini, lingkaran mendatar menjadi satu dengan kiap, sehingga bacaan skala mendatarnya tidak dapat diatur. Tipe Theodolite ini di antaranya type to Wild dan type DKM-2A.
  • Theodolite yang repetisi konstruksinya kebalikan dengan reiterasi. Pada alat ini, lingkaran mendatarnya dapat diatur dan dapat mengelilingi sumbu tegak. Bacaan skala 0 derajat dapat ditentukan ke arah targetnya.
Baca juga  Update Harga Drum Elektrik Yamaha DTX450K

Sementara itu, menurut skala ketelitian, Theodolite Topcon masih terbagi lagi menjadi theodolite presisi, theodolite satu sekon, theodolite sepuluh sekon, theodolite satu menit, dan theodolite sepuluh menit. Berbeda lagi jika dibagi menurut sistem pembacaannya, yaitu theodolite Topcon dengan indeks garis, nonius, mikrometer, koinsidensi, serta digital. 

Theodolite Topcon memiliki dua bagian utama. Bagian atas Theodolite Topcon meliputi teropong, nivo tabung, sekrup okuler, sekrup gerak vertikal, sekrup gerak horizontal, teropong bacaan sudut untuk sudut vertikal maupun horizontal, nivo kotak, sekrup pengunci teropong, sekrup pengunci sudut vertikal, sekrup pengatur menit dan detik, serta sekrup pengatur sudut vertikal dan horizontal. Sementara pada bagian bawah, terdiri dari statif, tiga sekrup penyetel nivo kotak, unting-unting, sekrup repetisi, dan sekrup pengunci pesawat dengan statif. 

Theodolite Topcon (sumber: pinterest)
Theodolite Topcon (sumber: pinterest)

Cara Menggunakan Theodolite Topcon 

  • Pengaturan Theodolite Topcon. Temukan sepetak tanah tingkat yang memiliki pandangan baik di antara lahan yang akan diukur. Anda dapat mulai mengatur kaki tripod pada Theodolite Topcon dengan memperpanjangnya disesuaikan tingkat kenyamanan penggunaan alat. Anda disarankan memperpanjang tripod sejauh mungkin, lalu tempelkan ujung kaki ke tanah.
  • Atur di Theodolite Topcon. Beberapa komponen harus diatur, mulai dari tiga sekrup pengatur yang terletak di dasar Theodolite Topcon sehingga rata. Hal ini bertujuan untuk mempermudah Anda mendapatkan pandangan yang sejajar. Sejajarkan tingkat panjang dengan dua dari tiga sekrup dan atur ulang kedua sekrup untuk mencapai tingkat yang lebih akurat pada sumbu tersebut.
  • Putar Theodolite Topcon sesuai panduan. Anda dapat memutar Theodolite Topcon dengan sudut 90 derajat pada alasnya, kemudian disesuaikan dengan sekrup ketiga. Lepaskan kedua klem pengatur horizontal, lalu sejajarkan bagian atas Theodolite Topcon dengan tanda pada cincin di antara kedua sisi yang terhubung pada klem tersebut dan kunci klem atas.
  • Pengamatan menggunakan Theodolite Topcon. Buka penutup lensa di sisi theodolite, Anda dapat memulai pengamatan melalui lensa mata kecil. Anda akan melihat tiga skala, yaitu penyesuaian vertikal, horizontal, dan halus. Anda dapat menggunakan tombol penyesuaian di atas Theodolite Topcon untuk menyesuaikan tanda dengan 0’00 (0 menit dan 0 detik dari busur). Gunakan tombol penyesuaian untuk menyelaraskan garis tunggal yang Anda lihat dalam ruang lingkup di bagian bawah skala horizontal, tepat di antara garis ganda yang duduk di bawah angka 0.
  • Menyusun referensi usai pengamatan. Anda dapat membuat garis referensi dengan menyusun Theodolite Topcon secara horizontal. Buka kunci klem bawah untuk membuat rotasi ini, luruskan pandangan dengan kunci klem bawah kembali.
  • Dari perlakuan Theodolite Topcon tersebut pengukuran horizontal akan tetap nol. Selanjutnya, Anda hanya disarankan untuk mengendurkan klem bagian atas untuk membuat penyesuaian horizontal.
Baca juga  Manfaat dan Update Harga Gentle Fever (Down Foam, Hair Spray, Tone Up)

Harga Theodolite Topcon

Theodolite Topcon (sumber: amerisurv.com)
Theodolite Topcon (sumber: amerisurv.com)
Seri Theodolite Topcon Kisaran Harga
Theodolite Topcon TL-20 GF (Manual) Rp9.500.000
Theodolite Topcon TL-6 DE (Manual) Rp18.354.000
Theodolite Topcon DT 112 (Digital) Rp25.000.000
Theodolite Topcon DT 209 (Digital) Rp38.300.000
Theodolite Topcon DT 207 (Digital) Rp39.500.000
Theodolite Topcon DT 205-L (Digital) Rp44.000.000
Theodolite Topcon DT 200 (Digital) Rp45.500.000
Theodolite Topcon DT 214 (Digital) Rp57.500.000

Jika dibandingkan penawaran sebelumnya, harga Theodolite Topcon saat ini di pasaran terpantau fluktuatif. Sebagai contoh, Theodolite Topcon TL-20 GF (manual) yang awalnya ditawarkan mulai harga Rp9.730.000, kini sedikit turun menjadi Rp9.500.000. Sementara itu, harga Theodolite Topcon TL-6 DE (manual) justru naik dari Rp11.000.000, sekarang mencapai Rp18.354.000.

Harga Theodolite Topcon di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk alat yang terbilang baru, harganya memang mahal. Namun, Anda juga dapat membeli produk bekas atau second dengan kualitas yang masih baik dengan kisaran harga mulai Rp2,5 juta, tergantung seri. Sementara, untuk Theodolite Topcon manual, dapat Anda beli dengan harga mulai Rp5,2 juta, tergantung seri. 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.