Harga PABX Panasonic 16 Extension (Baru dan Bekas)

Apakah Anda pernah mendengar alat bernama PABX? Jika belum, ini adalah perangkat penyambungan telepon atau intercom yang biasanya dipasang di gedung-gedung perkantoran, instansi pendidikan, dan instansi besar lainnya. Di pasaran sendiri, sudah ada banyak perusahaan yang merilis PABX untuk pasaran dalam negeri, salah satunya Panasonic. Untuk model 16 extension, harga PABX buatan Panasonic saat ini berada di kisaran jutaan rupiah.

PABX Panasonic (sumber: lazada)
PABX Panasonic (sumber: lazada)

Apa Itu PABX?

Merupakan singkatan dari Private Automatic Branch Exchange, sebuah PABX pada dasarnya adalah sebuah sistem telepon yang biasa disebut juga dengan switchboard yang digunakan sebagai sistem telepon internal di kantor. Secara sederhana, alat ini difungsikan untuk membuat percabangan hingga beberapa ekstensi dalam satu line telepon, dengan tiap ekstensi bisa saling berkomunikasi dan di-setting sesuai dengan kebutuhan.

Bacaan Lainnya

Sebenarnya, perangkat ini merupakan modem yang berfungsi sebagai control station pusat. Setiap kali ada telepon baru yang masuk, maka telepon tersebut akan di-routing (diarahkan) melalui control station ini. Karena di dalam sistem PABX tersebut telah dimasukkan kode tertentu untuk masing-masing nomor telepon di kantor, atau untuk masing-masing extension, maka telepon masuk tersebut akan diarahkan ke tujuan yang tepat dengan menggunakan kode yang dimasukkan.

Alat PABX merupakan teknologi yang canggih karena dapat digunakan sebagai telepon, modem, dan mesin fax, serta bisa digunakan sebagai alat internal karyawan di kantor. Alat ini juga memiliki fitur DISA (Direct Answer System Access) dan OGM atau Operator Otomatis yang bisa Anda atur seolah line telepon Anda memiliki operator atau sistem penjawab otomatis di sejumlah kantor perusahaan besar, seperti ‘Terima kasih telah menghubungi PT, silakan tekan extension tujuan atau tekan 1 untuk meminta bantuan’, dan sebagainya.

Baca juga  Update Biaya STKIP Siliwangi (IKIP Siliwangi) Jenjang S1 dan S2

Seiring waktu, dikembangkan pula IP PABX, yakni PABX yang menggunakan teknologi IP (Internet Protocol). IP PABX (kerap juga disebut IP PBX) merupakan kombinasi dari switch atau router dengan PABX yang menangani VoIP (Voice over Internet Protocol), dapat digunakan untuk melakukan bypass jaringan telepon circuit-switched dengan menggunakan jaringan data, untuk berhubungan dengan jaringan data lainnya.[1]

Jika dibandingkan perangkat PABX konvensional, perangkat IP PBX diklaim lebih mudah diinstal dan juga lebih mudah diatur hanya dengan menggunakan interface web-browser yang menyediakan status panggilan, status sistem, dan history panggilan. Penggunaan IP PBX dipercaya dapat menghemat biaya dan perawatan dibandingkan PABX tradisional karena jaringan data dan suara yang tidak terpisah dan juga tidak memerlukan biaya yang besar jika ingin menambah user atau ekstensi baru.[2]

Review PABX Panasonic 16 Extension

Di pasaran sendiri, sudah banyak perusahaan elektronik yang meluncurkan produk PABX, salah satunya Panasonic. Brand yang berbasis di Jepang itu memiliki sejumlah model PABX, termasuk seri KX-TES824. Ini awalnya dikonfigurasi untuk 3 jalur pertukaran dan 8 ekstensi. Namun, dengan kartu opsional, Anda dapat dengan mudah memperluas kapasitas 6 jalur dan 16 ekstensi, bahkan hingga 8 jalur pertukaran dan 24 ekstensi. Sistem ini dilengkapi dengan DISA/message on busy, extension caller ID, remote modem, dan port USB untuk pemrograman PC.

Baca juga  Update Biaya Pasang Telepon Rumah Telkom

Produk ini menampilkan DISA (Direct Inward System Access) yang memungkinkan penelepon luar mengakses ekstensi apa pun tanpa melalui operator. Pesan salam otomatis dapat direkam oleh manajer operator, mengalihkan panggilan ke departemen atau tujuan yang sesuai. Sistem ini juga dikatakan cukup pintar, bahkan untuk mendeteksi transmisi faksimile yang masuk, mengarahkan panggilan secara otomatis ke ekstensi faksimile yang ditentukan.

PABX Panasonic (sumber: jiji.ng)
PABX Panasonic (sumber: jiji.ng)

Fitur PABX Panasonic 16 Extension

  • Hingga 8 jalur CO dan 24 ekstensi.
  • Direct Inward System Access (DISA) dengan pesan.
  • Uniform Call Distribution (UCD) dengan pesan.
  • Mode Siang/Malam/Makan Siang.
  • Jenis yang disetujui oleh IDA untuk digunakan di Singapura.
  • Tampilan ID Penelepon di SLT.
  • Pesan suara bawaan (opsional).
  • Penerimaan otomatis 3 tingkat dengan panduan suara.
  • Routing SMS fleksibel.

Nah, apabila Anda tertarik dengan produk PABX Panasonic KX-TES824, tidak sulit mendapatkan alat tersebut. Pasalnya, Anda sudah bisa membelinya di berbagai toko perlengkapan elektronik atau memesan lewat platform jual beli online. Saat ini, PABX Panasonic KX-TES824 dengan kapasitas 16 extension ditawarkan dengan harga berkisar Rp6.300.000 hingga Rp7.750.000 untuk produk baru. Sementara itu, harga produk bekasnya sekitar Rp3,15 juta hingga Rp3,4 jutaan, tergantung kondisi barang.

Selain model Panasonic KX-TES824, sebenarnya ada juga PABX Panasonic KX-TEM824 yang juga dikatakan punya kapasitas 6 line dan 16 extension. Sayangnya, produk baru peralatan ini sudah tidak beredar. Namun, jika Anda berminat dengan model ini, masih bisa membeli produk bekasnya yang sekarang dijual dengan harga Rp2,2 juta hingga Rp3,1 jutaan.

Baca juga  Info Terbaru Tarif Pasang dan Biaya Langganan IndiHome

Alternatif yang lebih murah, ada Panasonic KX-TA616. Produk ini juga dikatakan punya kapasitas 6 jalur dan mampu menjangkau hingga 16 ekstensi. Namun, seperti model KX-TEM824, produk barunya sudah tidak beredar. Meski demikian, Anda masih bisa mendapatkan Panasonic KX-TA616 second dengan harga sekitar Rp1,7 jutaan saja.

Harga PABX Panasonic 16 Extension

Varian PABX Panasonic Harga Baru Harga Bekas
Panasonic KX-TES824 16 Extension Rp6.300.000 – Rp7.750.000 Rp3.150.000 – Rp3.400.000
Panasonic KX-TEM824 Rp2.200.000 – Rp3.150.000
Panasonic KX-TA616 Rp1.700.000

Harga PABX Panasonic 16 extension di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko peralatan elektronik dan sejumlah situs jual beli online. Perlu Anda catat bahwa harga PABX Panasonic 16 extension tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga di masing-masing toko bisa saja berbeda.

[1] Risnandar, Muhammad, dkk. 2016. Implementasi Voice over Internet Protocol (VoIP) Berbasis Session Initiation Protocol (SIP) Berbantuan Briker Versi 1.4 untuk Pengukuran Quality of Services pada Jaringan Komputer di Fakultas Teknik UIKA Bogor. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta 2016.

[2] Najihi, Aidin, dkk. 2016. Analisis Kinerja IP PBX Server pada Single Board Circuit Raspberry PI. Jurnal Positif, Vol. 1(2): 16-24.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.