Review & Info Terkini Harga Zoom G3X (Baru dan Bekas)

Bagi sebagian orang, bermain gitar bisa menjadi kesenangan tersendiri. Tidak hanya sebagai hiburan, bahkan bermain gitar bisa juga dijadikan sebagai mata pencaharian. Untuk melengkapi permainan mereka, tak ditambahkan agar mendapat sensasi serta suara berbeda saat memainkannya. Di pasaran sendiri, sudah ada banyak merk yang dapat dipilih, salah satunya Zoom G3X yang dijual dengan harga berkisar Rp2 jutaan. 

Harga yang cukup menguras kantong menjadi alasan hanya gitaris-gitaris tertentu yang menggunakan efek pada permainannya. Efek gitar yang digunakan dapat menciptakan identitas dari sebuah lagu, membuat suara terdengar lebih besar, lebih bertenaga, lebih luas, dan sebagainya. Namun sebenarnya, alasan utama seorang gitaris menggunakan berbagai macam efek gitar adalah karena suara gitar biasa dirasa belumlah cukup.

Harga, efek, gitar, effect, guitar, multiefek, Zoom, G3, G3X, Zoom G3X, fitur, pedal, built in, expression, jack, input, pemula, gitaris, musisi, toko, musik, pasar, tingkat, mixer, rekaman, studio, usb port, koneksi, konektor, stompbox, permainan, desain, baterai, adaptor, distorsi, modulasi, reverb, flanger, dinamik, chorus, delay

Ilustrasi: permainan gitaris yang memukau

Jenis dan Kegunaan Efek Gitar 

  • Efek dinamik. Efek dinamik digunakan untuk memengaruhi volume gitar dalam jangka waktu tertentu. Efek ini mencakup efek kompresor, noise gate, envelope shaper, dan tremolo. Efek pada jenis ini umumnya diletakkan pada awal rantai efek. 
  • Efek distorsi. Terdiri dari tiga jenis, yaitu overdrive, distorsi, dan fuzz. Overdrive atau soft clipping menghasilkan suara dari amplifier valve, pedal overdrive, dan berbagai efek tube emulator. Distorsi atau hard clipping menghasilkan suara yang lebih agresif, seperti yang ditemukan pada amplifier transistor dan beberapa tipe stompbox. Fuzz menghasilkan distorsi yang kasar, semula dipopulerkan pada tahun 60-an. 
  • EQ dan efek filter. Semua suara pada gitar mempunyai ‘tone’ khas yang terdiri dari keseimbangan frekuensi tertentu, mulai bass sampai treble. Efek EQ dan filter digunakan untuk mengubah frekuensi ini untuk membentuk ulang tonal suara gitar. Efek jenis EQ ini mencakup pedal graphic equalizer (equalizer grafik), talkbox, dan wah-wah.
  • Efek modulasi. Efek modulasi adalah efek yang mampu mengubah titi nada gitar. Modulasi bisa terdiri dari satu semiton atau lebih (efek pitch shifter, harmonizer). Ada juga yang memiliki cakupan lebih kecil dalam hitungan mikrotonal (efek chorus, flanger, doubling).
  • Efek waktu. Efek waktu adalah efek yang bisa ‘memutar ulang’ sinyal asli setelah berbunyi (secara khusus mengacu pada pedal delay dan reverb).
  • Efek flanger. Suara flanger itu seperti suara mesin jet. Juga dipopulerkan oleh Eddie Van Halen. Salah satu judul lagu band Van Halen, Unchained, itulah contoh suara flanger. Paul Gilbert akhir-akhir ini juga sering menggunakan efek flanger ini. Ia malah punya efek flanger signature bernama Ibanez Airplane Flanger.
  • Efek compressor. compressor adalah sebagai pembatas atau penekan suara yang berlebihan dan juga menaikkan suara yang terlalu rendah, sehingga garis besarnya efek ini berfungsi untuk pembatas suara agar tidak berlebihan dan kekurangan.

Review Zoom G3X Guitar Effect

Di pasar Tanah Air, sudah banyak brand yang memproduksi efek gitar dengan sejumlah fitur menarik. Salah satu merek yang biasa dipilih oleh para gitaris, khususnya pemula, adalah Zoom G3X. Multi-efek gitar buatan Jepang ini powerful namun praktis digunakan. Ukuran fisik yang kompak, fitur yang banyak, harga yang relatif murah, serta sound yang tidak mengecewakan, sangat cocok buat Anda yang suka berlatih di kamar ataupun merekam lagu lewat komputer.

Harga, efek, gitar, effect, guitar, multiefek, Zoom, G3, G3X, Zoom G3X, fitur, pedal, built in, expression, jack, input, pemula, gitaris, musisi, toko, musik, pasar, tingkat, mixer, rekaman, studio, usb port, koneksi, konektor, stompbox, permainan, desain, baterai, adaptor, distorsi, modulasi, reverb, flanger, dinamik, chorus, delay

Aneka ragam efek gitar (sumber: truefire.com)

Sebagai pemula, efek yang akan kita operasikan haruslah mudah digunakan. Stompbox sangat mudah digunakan dan praktis untuk latihan di kamar, namun efek yang dihasilkan hanya satu macam sesuai fungsinya dan bila membeli beberapa stompbox, akhirnya akan menjadi lebih mahal dan ribet antar-koneksinya.

Banyak pemula yang memilih produk ini karena memiliki sejumlah , di antaranya:

  • Dapat dioperasikan menggunakan baterai. Zoom G3X membutuhkan 4 baterai AA alkaline untuk dapat bekerja lebih dari 6 jam. Jika dibandingkan dengan merek Boss ME-70, membutuhkan baterai yang lebih banyak, yakni 6 baterai AA alkaline. Kebanyakan multi-efek lainnya malah membutuhkan adaptor listrik agar bisa berfungsi. 
  • Memiliki USB port. Alat ini juga dilengkapi dengan USB port sebagai audio interface ke komputer. Merek Line G POD HD 500 memang memiliki port input output yang super lengkap, namun harganya hampir tiga kali lipat dari Zoom G3X dan sayangnya tidak dapat dioperasikan dengan baterai. 
  • Harga terjangkau. Satu-satunya multi-efek yang memiliki sejumlah fitur menarik namun dilepas dengan harga murah adalah Zoom G3X. Namun, kekurangan dari Zoom G3X adalah tidak adanya expression pedal built in. Selisih harga Zoom G3X dengan Zoom G3 yang hanya berkisar Rp500 ribuan membuat pilihan jelas jatuh pada Zoom G3X yang sudah dilengkapi dengan unit expression pedal.
  • Mudah untuk dipelajari atau dioperasikan. Zoom G3X dapat dioperasikan layaknya Anda memiliki 6 buah stompbox yang dijajar di lantai. Tiap stompbox dapat dijejer sesuai urutan yang Anda kehendaki dan parameter tiap stompboxnya dapat diatur langsung menggunakan tombol putar fisik yang ada pada G3X. Kebanyakan multi-efek yang mahal memiliki fitur yang sangat banyak dan kompleks hingga dibutuhkan waktu yang lama untuk dipelajari hingga dapat menguasai semuanya. Fitur-fitur itu juga belum tentu akan digunakan, apalagi oleh gitaris pemula atau amatir.
  • Desain yang kompak. Dengan ukuran 175 x 323 x 66 mm dan berat hanya 1,6 kg, unit ini bisa digunakan di atas meja.

Tentu, semua fasilitas yang dibutuhkan oleh gitaris profesional juga ada pada Zoom G3X ini, sehingga Anda tidak perlu khawatir bila permainan gitar Anda telah mencapai tingkat lanjut. Multi-efek ini akan tetap dapat menjadi teman Anda, baik untuk dihubungkan dengan mixer rekaman dalam melalui konektor XLR-nya atau untuk dihubungkan bersanding dengan stompbox atau efek-efek lainnya melalui jack input.

Harga, efek, gitar, effect, guitar, multiefek, Zoom, G3, G3X, Zoom G3X, fitur, pedal, built in, expression, jack, input, pemula, gitaris, musisi, toko, musik, pasar, tingkat, mixer, rekaman, studio, usb port, koneksi, konektor, stompbox, permainan, desain, baterai, adaptor, distorsi, modulasi, reverb, flanger, dinamik, chorus, delay

Efek gitar Zoom G3X (youtube: Charlie Chiu)

Harga Zoom G3X

Tidak sulit mendapatkan efek gitar ini, Anda bisa membelinya di berbagai toko dan situs jual beli online. Pada tahun 2018 lalu, harga Zoom G3X mulai Rp2 jutaan. Sekarang, Anda bisa membelinya dengan banderol sekitar Rp2,8 jutaan. Sementara, jika ingin lebih murah, bisa membeli produk bekasnya dengan harga mulai Rp1,5 jutaan, tergantung kondisi barang.

(Panca)

Baca juga  Info Terkini Harga Monyet Capuchin Jantan dan Betina
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Review & Info Terkini Harga Zoom G3X (Baru dan Bekas)"