Info Terbaru Harga dan Manfaat Minyak Biawak

No comment3136 views

Biawak (Varanus komodoensis) adalah salah satu reptil yang golongan ke dalam keluarga kadal besar, suku biawak-biawakan (Varanidae). ini dikenal sebagai yang menjijikkan dan berbahaya jika diperlakukan dengan tidak baik karena memiliki gigi dan kuku yang tajam. Namun dibalik semua itu, ternyata tidak sedikit orang yang memanfaatkan biawak dalam hal pengobatan, salah satunya penggunaan biawak yang baik untuk kesehatan.

Minyak biawak dalam botol kecil (sumber: Bukalapak)

Minyak biawak didapat dari ekstraksi dan jeroan biawak yang disebut-sebut mengandung banyak lemak. Minyak biawak berwarna kuning keemasan hingga kuning kemerah-merahan. Biawak sering dijumpai di rawa-rawa, tepi sungai ataupun daerah yang memiliki iklim yang lembap.

Biawak juga dikenal dengan banyak sebutan, di antaranya bayawak, menyawak, dan berekai. Secara umum biawak hidup liar di sekitar lingkungan manusia. Hewan yang beberapa kali juga menjadi salah satu hama bagi ternak rumahan ini berkulit tebal bersisik dengan lidah panjang menjulur dan bercabang.

Meski sebagian besar orang merasa jijik dengan penampilan fisik biawak, ternyata hewan yang panjang tubuhnya bisa mencapai 2,5 meter ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Salah satu dari biawak adalah minyaknya yang  diklaim bisa dijadikan obat yang ampuh untuk berbagai jenis penyakit kulit, mengobati luka, alergi akut, luka bakar, gigi berlubang, gatal-gatal, bisul, biang keringat.

Caranya cukup mudah, dengan mengoleskan minyak biawak pada bagian yang sakit secara rutin, maka penyakit tersebut diyakini dapat sembuh dan tanpa menimbulkan efek samping yang kronis bila tidak dalam pemakaian yang berlebihan.

Manfaat lainnya dari minyak biawak adalah disebut-sebut bisa meningkatkan vitalitas pada pria. Karena manfaatnya yang demikian, maka dapat ditebak penggemar minyak biawak. Beberapa pemasok atau penjual minyak biawak mengatakan rata-rata dan hampir 90 persen pembeli berasal dari kalangan pria. Hal tersebut dikarenakan problem keperkasaan selama ini dialami oleh laki-laki. Tidak mengherankan, kalau minyak biawak pria dewasa yang tidak cukup percaya diri dalam urusan ranjang.

Di apotek maupun di sejumlah online dan offline, banyak penjual minyak biawak yang menjual produk mereka dengan penawaran harga yang berbeda-beda, berkisar antara Rp15 ribu hingga mencapai Rp130 ribuan, untuk kemasan mulai dari 10ml, 15ml, hingga 50ml. Dari sejumlah produk minyak biawak tersebut kerap diklaim sebagai produk asli atau original. Meskipun hal tersebut belum terbukti keasliannya.

Untuk itu, Anda juga bisa untuk membuat minyak biawak sendiri. Caranya dengan menyiapkan daging biawak bersama jeroannya, lalu tanpa minyak (disangrai). Aduk terus daging di dalam wajan atau panci kurang lebih selama 7 hingga 10 menit supaya tidak gosong. Minyak yang sudah ada bisa langsung digunakan dan juga bisa dimasukkan ke dalam botol untuk disimpan.

[Update: Galih]

Baca juga  Cara Penggunaan & Harga Sewa Sepeda Listrik MIGO Ebike
loading...

Leave a reply "Info Terbaru Harga dan Manfaat Minyak Biawak"